Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T12:33:50ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2017-04-21T06:00:30Z2017-04-21T06:00:30Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26330This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/263302017-04-21T06:00:30ZHUBUNGAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI DENGAN PRESTASI
BELAJAR PENJAS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 13 BANDAR
LAMPUNG TAHUN AJARAN 206/2017ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui seberapa besar hubungan antara
kebugaran jasmani dengan prestasi belajar pendidikan jasmani. Metode yang
digunakan adalah metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa
kelas XI SMA Negeri 13 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan
instrument penelitian, yaitu prestasi belajar penjas siswa yang diperoleh dari nilai
akademik penjaskes semester 1 tahun ajaran 2016/2017, Kemudian kebugaran
jasmani diukur dengan Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) yang terdiri dari
beberapa rangkaian tes seperti: a) lari 60 meter, b) gantung angkat tubuh, c)
baring duduk 60 detik, d) loncat tegak, dan e) lari 1200 meter. Teknik
pengambilan data dilakukan dengan pemberian tes dan pengukuran melalui
metode survey. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan
antara kebugaran jasmani dengan prestasi belajar penjas didapat koefisien korelasi
= 0,52 artinya terdapat hubungan yang positif/cukup kuat, maka tolak Ho artinya
ada hubungan yang signifikan antara kebugaran jasmani dengan prestasi belajar
penjas dan kontribusi 27,04%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa
ada hubungan yang signifikan antara kebugaran jasmani terhadap hasil belajar
penjas pada siswa kelas XI SMA Negeri 13 Bandar Lampung.
Kata kunci: kebugaran jasmani, pendidikan jasmani, prestasi belajar
ABSTRACT
The objective of this research was to find out the correlation of physical fitness level to
physical exercise subject learning achievements. This was a descriptive research. Subjects
in this research were Grade XI students in Public Senor high School 13 in Bandar
Lampung. The instrument in this research was the academic grade for physical education
subject in semester 1 of academic year 2016/2017. The physical fitness was measured
with Indonesia Physical Fitness Test (TKJI) which contained of some tests including: a)
60 meter running, b) pulling body up, c) 60 seconds sitting up, d) vertical jumping, and
1200 meter running. Data were collected with test and measurement by survey method.
The research result showed that there was a significant correlation between physical
fitness and physical education subject learning achievement, with correlation coefficient
of 0.52. It indicated that there was a positive/strong correlation, so that Ho was rejected
indicating the significant correlation between physical fitness and physical education
subject learning achievement with 27.04% contribution. The conclusion of this research is
that there was a significant correlation between physical fitness and physical education
subject learning achievements of Grade XI students in Public Senior high School 13 in
Bandar Lampung.
Keywords: learning achievement, physical education, physical fitness,.
1313051005 ALFATINA MIA AGUSTINalfatinamia49@gmail.com