Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T18:10:25ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-10-13T01:43:06Z2016-10-13T01:43:06Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23995This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/239952016-10-13T01:43:06ZANALISIS SIMBOL BUDAYA KONTEMPORER PADA IKLAN
( Studi Semiotika pada Iklan Ice Cream Magnum)
ANALYSIS OF CONTEMPORARY CULTURE SYMBOLS ON ADVERTISING
(Study of Semiotics at the Magnum Ice Cream Ad)Penelitian dilatar belakangi dengan berbagai tema iklan yang ada saat ini. Tema-tema yang
muncul diadaptasi dari budaya populer yang ada sampai dengan realitas sosial yang berkembang
ditengah masyarakat. Namun, tidak semua hal yang digambarkan iklan merupakan hal yang
nyata. Di dalam iklan menggambarkan kemewahan sebagai sesuatu yang terkesan mahal.
Penelitian ini bertujuan untuk dapat memahami bagaimana iklan menampilkan kesan mewah
pada sebuah produk makanan. Penelitian ini menggunakan metode semiotika Roland Barthes.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menganalisis dan memfokuskan pada
iklan ice cream Magnum. Hasil penelitian menunjukan kemewahan yang ingin diperlihatkan
dalam iklan ice cream Magnum berasal dari barang-barang pendukung yang digunakan model
dalam iklan. Magnum merupakan ice cream biasa yang dijual dengan harga diatas rata-rata
produk ice cream Unilever.
Kata kunci: iklan, semiotika Roland Barthes, simbol kemewahan
Abstract
The background research on various themes advertising available today. The themes that
emerged was adapted from a popular culture that is up to the social reality that developed in the
community. However, not all of the described ad a real thing. In the ad describes luxury as
something that seemed expensive. This study aims to understand how the ad displays the
impression of luxury in a food product. This study uses semiotic Roland Barthes. This study used
a qualitative approach to analyzing and focusing on Magnum ice cream ad. The results showed
luxuries want shown in the ad Magnum ice cream came from goods support used the model in
the ad. Magnum is an ordinary ice cream sold at a price above the average Unilever ice cream
products.
Keywords: advertising, semiotics of Roland Barthes, a symbol of luxury1116031012 AMY AMELIA MAYANGSARI ameliamayangsari@gmail.com