Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T08:12:38ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-05-04T04:10:59Z2016-05-04T04:10:59Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22214This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/222142016-05-04T04:10:59ZPOLA KONSUMSI DAN TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN
RUMAH TANGGA TERHADAP MI INSTAN
DI KOTA BANDAR LAMPUNGPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pola konsumsi rumah tangga
dalam mengkonsumsi mi instan di Kota Bandar Lampung (2) tingkat kepuasan
konsumen rumah tangga terhadap mi instan di Kota Bandar Lampung. Penelitian
ini dilaksanakan di Kelurahan Beringin Raya dan Kelurahan Sukarame Baru yang
dipilih secara sengaja (purposive). Penelitian ini menggunakan metode survey
pada 75 rumah tangga di Kota Bandar Lampung yang dipilih secara acak
sederhana (simple random sampling). Penelitian ini menggunakan metode
analisis deskriptif dengan tabulasi untuk mengetahui pola konsumsi rumah tangga
terhadap mi instan, dan Customer Satisfaction Index (CSI) untuk mengetahui
tingkat kepuasan konsumen rumah tangga terhadap mi instan.Hasil penelitian
menunjukkan bahwa: (1) Jumlah konsumsi mi instan per rumah tangga adalah
sebesar 1300,5 gram atau 17-18 bungkus per bulan untuk mi instan rebus dan
1364,9 gram atau 15-16 bungkus per bulan untuk mi instan goreng, frekuensi
konsumsi dan frekuensi pembelian mi instan oleh rumah tangga sebagian besar
adalah lebih dari enam belas kali dalam sebulan, rata-rata rumah tangga
mengkonsumsi kedua jenis mi instan dan mengkonsumsinya sebagai makanan
pengganti nasi (2) tingkat kepuasan konsumen adalah sebesar 82,18 persen
dengan kriteria “sangat puas”.
Kata kunci: CSI, kepuasan konsumen, mi instan, pola konsumsi.
ABSTRACT
This research aims to analyze: (1) household consumption patterns in consuming
instant noodles in Bandar Lampung City (2) the level of satisfaction of household
consumers against instant noodles in Bandar Lampung City. This research was
conducted on two village namely Beringin Raya Village and Sukarame Baru
Village selected by purposive. This research used a survey method against 75
households in Bandar Lampung City choosen using Simple Random Sampling.
Descriptive analysis using tabulations used to analyze patterns of household
consumption toward instant noodles and Customer Satisfaction Index (CSI) used
to analyze the level of consumer satisfaction in Bandar Lampung City. The results
showed that (1) the number of instant noodle household consumption was 1300,5
grams or 17- 18 packs for one month for instant noodle stew and 1364,9 grams or
15-16 packs for one month for fried instant noodles, the frequency of
consumption and the frequency of purchase of instant noodles by the majority of
households was more than sixteen times a month and the average of household
consumes both types of instant noodles and consuming instant noodles as food
substitutes (2) the level of consumer satisfaction was 82,18 percent with the
criteria “very satisfied”.
Key words: consumer satisfaction, consumption pattern, CSI, instant noodle.(0854023003) ANDAN NOVALITA andantta@gmail.com