Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-19T03:06:50ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-10-26T06:23:33Z2016-10-26T06:23:33Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24259This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/242592016-10-26T06:23:33ZPENGARUH PENGGUNAAN LKS INKUIRI TERBIMBING TERHADAP
HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS
DI SMAN 1 SEPUTIH MATARAMTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh
penggunaan LKS inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi
Fluida Statis serta untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar siswa
dengan menggunakan LKS inkuiri terbimbing pada materi Fluida Statis. Sampel
penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 di SMA N 1 Seputih Mataram. Metode
penelitian yang digunakan adalah eksperimen non-equivalent control grup design.
Data diuji dengan analisis N-gain, uji normalitas, uji homogenitas, dan
Independent Sample T Test. Hasil penelitian menunjukkan Independent Sample T
Test sebesar Sig. 0,00 dengan nilai N-Gain sebesar 0,84 dari rata-rata nilai pretest
sebesar 38,10 dan rata-rata nilai posttest sebesar 90,00, sehingga dapat
dinyatakan terdapat pengaruh penggunaan LKS inkuiri terbimbing yang signifikan
terhadap hasil belajar.
Kata kunci: hasil belajar, inkuiri terbimbing, LKS 1213022010 DESI NINA HARDIYANTIhardiyanti.desinina@gmail.com