Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-19T06:54:49ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-12-29T01:45:18Z2016-12-29T01:45:18Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24956This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/249562016-12-29T01:45:18ZPEMBELAJARAN GERAK DAN LAGU ANAK-ANAK
PADA TK LUKEL SCHOOL BANDAR LAMPUNG
2016Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran seni tari melalui lagu
anak-anak pada TK Lukel School Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan kreativitas siswa pada pembelajaran seni tari dalam merespon
lagu anak-anak di taman kanak-kanak Lukel School Bandar Lampung. Teori yang
digunakan dalam penelitian ini adalah teori pembelajaran behaviorisme.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam
penelitian ini adalah 32 siswa TK Lukel School Bandar 18 siswa perempuan dan
dan 14 siswa laki-laki. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data pada
penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, wawancara dan nontes, adapun
instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa pengamaan kreativitas
siswa, penilaian siswa merespon lagu, dan pengamatan aktivitas guru. Tahap
analisis data dilakukan dengan mereduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Hasil penelitian dari kreativitas siswa merespon lagu anak-anak di TK Lukel
School Bandar Lampung menunjukan bahwa dari ketiga lagu yang digunakan
yaitu lagu dunia anak, potong bebek angsa dan tek kotek anak ayam siswa mampu
merespon gerakan-gerakan lokomasi, nonlokomasi dan manipulasi. Adapun
gerak yang di gunakan siswa pada gerak lokomasi adalah gerak berjalan,
melompat, pada gerakan nonlokomasi terdapat beberapa gerakan yaitu gerak
mengayun, meliuk dan bergoyang, dan pada gerak manipulasi terdapat gerakan
mengubah arah.
Kata Kunci : kreativitas siswa, lagu anak-anak, pembelajaran tari
abstract
This study aimed to describe the creativity of students learning the art of dance in
response to children's songs in kindergarten Lukel School Bandar Lampung,
amounting to 18 students and 14 female and male students
The problem in this research is learning the art of dance through the songs of
children in kindergarten Lukel School Bandar Lampung. This study aimed to
describe the creativity of students learning the art of dance in response to
children's songs in kindergarten Lukel School Bandar Lampung. Learning theory
used in this study is a learning theory behaviorism. This research is a qualitative
descriptive study. Sources of data in this study were 32 students kindergarten
Lukel School and Bandar 18 female students and 14 male students. The technique
used to collect data in this study is the observation, documentation, interviews and
non-test, while the instrument used in this study a pengamaan creativity of
students, assessment of students responding to the song, and the observations of
the teacher's activities. Phase data analysis conducted with data reduction, data
presentation and verification of data.
The use of media track these children to encourage learning fun. These results
indicate that the students' creativity in creating a movement to respond to the
children's song in learning the art of dance is pretty good, because the students
were able to move the body when responding to a children's song that is currently
playing.
Key Word : children songs, dance leraning, student creativity 1213043012 DEWI EVITTRIdewievittri1994@gmail.com