Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T19:27:28ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-05-27T06:50:41Z2016-05-27T06:50:41Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22297This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/222972016-05-27T06:50:41ZPersepsi Guru dalam Mengelola Ruang Kelas PAUD
di Kecamatan Ambarawa Pringsewu
Tahun Ajaran 2015/2016Permasalahan dalam penelitian ini adalah banyaknya guru PAUD di Ambarawa
yang belum melakukan pengelolaan ruang kelas dalam pembelajaran. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru dalam mengelola ruang kelas
pendidikan anak usia dini. Jenis penelitian ini merupakan penelian deskriptif.
Populasi dalam penelitian ini sebanyak 83 guru dan sampel penelitian sebanyak
42 guru. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
kuesioner/angket dan dokemen yang dianalisis menggunkan analisis deskriptif
kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa belum semua guru memiliki
persepsi yang baik dalam mengelola ruang kelas PAUD. pada umumnya guru
PAUD memiliki persepsi yang cukup baik dalam mengelola ruang kelas.
Kata kunci : mengelola ruang kelas, PAUD, persepsi guru.
abstract
The problem of this research is there were many early childhood education’s
teacher in Ambarawa had not aplicated classroom management in learning
process. The purpose of the research is to know the teacher’s perception in
managing early childhood education’s classroom. This research is to know of
descriptive research. The population of this research is consist of 83 teachers
and simple had token consist of 42 teachers. The data collection technique used
quantitative descriptive analysis. The result show that not all the early
childhood education’s teaher have a good perception in managing early
childhood education’s classroom. Generally, early childhood education’s
teacher have suitable perception in management of classroom.
Keyword: early childhood education, managing of classroom, the teacher’s
perception1213054017 DEWI ISTI QOMA dewiistiqomah80@gmail.com