Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T14:59:02ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2014-02-12T04:22:36Z2014-02-12T04:22:36Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1062This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10622014-02-12T04:22:36ZPENGGUNAAN TIPE TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN
AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LINGKUNGAN HIDUP KELAS XI IPS
SMA NEGERI 1 WAY TENONG LAMPUNG BARAT
2
TAHUN PELAJARAN 2012-2013 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe take and give untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa siswa kelas XI IPS
SMA Negeri 1 Way Tenong. Metode penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Penelitian ini meliputi empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Cara pengumpulan data yang diambil adalah tes, observasi, dan kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe take and give, aktivitas belajar siswa setiap siklusnya mengalami peningkatan yaitu 52,92% menjadi 73,53%. Sedangkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan yaitu 55,88% menjadi 82,35%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunaan model pembelajaran kooperatif tipe take and give dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, model pembelajaran kooperatif tipe take and
give.
2Septiana Endung