Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T13:06:59ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2017-07-06T03:34:34Z2017-07-06T03:34:34Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27165This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/271652017-07-06T03:34:34ZPENGARUH AKTIVITAS PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE
SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS
SISWA KELAS IV SD NEGERI 03 KARTARAHARJA
KECAMATAN TULANG BAWANG UDIK
TAHUN AJARAN 2016/2017ABSTRAK
Masalah dalam penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar IPS siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk megetahui perbedaan dan pengaruh aktivitas
pembelajaran Cooperative Tipe Snowball Throwing terhadap hasil belajar IPS
siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan
desain nonequivalent control grub desain. Populasi dan sampel penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 03 Kartaraharja sebanyak 53 siswa.
Instrumen utama yang digunakan adalah tes dan lembar observasi. Data di analisis
dengan mengunakan rumus uji t-test dan regresi sederhana. Dari pengujian
hipotesis dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar IPS megunakan
pembelajaran Cooperative Tipe Snowball Throwing dan pembelajaran
Konvensional serta ada pengaruh yang signifikan pembelajaran Cooperative Tipe
Snowball Throwing terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 03
Kartaraharja tahun ajaran 2016/2017.
Kata Kunci : Aktivitas Pembelajaran, Hasil Belajar IPS, Showball Throwing,
ABSTRACT
Problems in this research is still low student learning result of social
Sciences.This study aims to find out the differences and the influence of
Cooperative Type Snowball Throwing learning activities on the students' social
Sciences outcomes. This research is an experimental research using design
nonequivalent control grub design. The population and samples of this study is all
students of class IV primary school state 03 Kartaraharja as many as 53 students.
The main instruments used are tests and observation sheets. Data were analyzed
by using simple t-test and regression test formula. Based on hypothesis testing can
be concluded there are differences in social Sciences learning outcomes using
Cooperative Type Showball Throwing and Conventional learning and there is a
significant influence of Cooperative Type Snowball Throwing learning on social
Sciences learning outcomes of fourth grade students of primary school state 03
Kartaraharja academic year 2016/2017
Keywords : Learning Activities, Cooperative Type Showball Throwing,
Social Sciences Outcome1343053014 FAJAR MUALI fajar.mauli@gmail.com