Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T12:55:05ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-12-08T08:36:34Z2016-12-08T08:36:34Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24612This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/246122016-12-08T08:36:34ZPENINGKATAN KETERAMPILAN SOSIAL MELALUI MODEL
PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT)
PADA SISWA KELAS IX SMPN 1 REBANG TANGKAS KABUPATEN
WAY KANAN
TAHUN PELAJARAN 2015/2016Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan sosial siswa.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatkan keterampilan sosial
melalui model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT).
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) . Tempat
penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Rebang Tangkas Kabupaten Way Kanan,
kelas IXa untuk mata pelajaran IPS semester genap tahun pelajaran 2015/2016.
Pengumpulan data menggunakan instrumen lembar observasi. Setelah dilakukan
observasi maka dilihat perkembangan keterampilan sosial siswa. hal ini dilakukan
untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament
dalam meningkatkan keterampilann sosial siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif Teams
Games Tournament dapat meningkatkan proses pembelajaran dan keterampilan
sosial siswa. Selain itu, model pembelajaran kooperatif Teams Games
Tournament dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa, yaitu dari rerata
pada siklus I sebesar 47,12% meningkat menjadi 62,81% pada siklus II dan
siklus III meningkat menjadi 81,53%. Mengacu pada indikator keberhasilan
penelitian yang diharapkan, yaitu adanya peningkatan keterampilan sosial siswa
yang dilaksanakan dari setiap siklus ke siklus berikutnya.
Kata kunci: model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament ,
keterampilan sosial.
abstract
The problem in this research is the lack of social skills of students. The purpose of
this study is to describe the improvement of social skills through cooperative
learning model Teams Games Tournament (TGT).
This type of research is classroom action research (PTK). Where the research was
conducted at SMPN 1 Rebang Agile Way Kanan Regency, class IXa for social
studies, second semester of academic year 2015/2016. Collecting data using
observation sheet instruments. After observation, the seen the development of
social skills of students. this is done to determine the application of learning
models Teams Games Tournament in improving students' social keterampilann.
The results showed that the cooperative learning model Teams Games
Tournament (TGT) may improve learning and social skills of students. In
addition, the cooperative learning model Teams Games Tournament can improve
students' social skills, that of the average in the first cycle of 47.12% increase to
62.81% in the second cycle and the third cycle increased to 81.53%. Referring to
research the expected success indicators, namely the improvement of social skills
of students who performed in every cycle to the next cycle.
Keywords: cooperative learning model Teams Games Tournament , social skills1423031025 FUAD MUSTOFA vivaalkais@gmail.com