Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T17:05:18ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-10-31T08:52:06Z2016-10-31T08:52:06Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24434This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/244342016-10-31T08:52:06ZPENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAME
TOURNAMENT TERHADAP PERKEMBANGAN KEMAMPUAN
MENGENAL LAMBANG BILANGAN ANAK USIA 5-6 TAHUN
DI PAUD AL HAADII PRINGSEWU TAHUN
PELAJARAN 2015/2016Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya perkembangan kemampuan mengenal
lambang bilangan anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh model pembelajaran teams game tournament terhadap perkembangan
kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Al
Haadii Pringsewu. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental
Design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi.
Analisis data menggunakan Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian
menunjukkan indeks koefisien regresi bertanda positif, sehingga disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh yang positif antara model pembelajaran teams game
tournament terhadap perkembangan kemampuan mengenal lambang bilangan
anak usia 5-6 tahun di PAUD Al Haadii Pringsewu.
kata kunci: anak usia dini, lambang bilangan, dan model pembelajaran TGT.
abstarct
The problem in this research was the low development of the ability to know the
epitome number of 5-6 year olds. This study was aimed to determine the effect of
learning model teams game tournament toward the development of the ability to
know the epitome of numbers with children on 5-6 years old in kindergarten Al
Haadii Pringsewu. The method used is Pre-Experimental Design. Data collection
technique used observation and documentation. Analysis of data using Simple
Linear Regression. The results showed the index regression coefficient was
positive, so it was conclude that there are positive influence between the learning
model teams game tournament to the development of the ability toward children
in the epitome number 5-6 years old children in kindergarten Al Haadii
Pringsewu.
Keyword: early childhood, symbol numbers, and learning model TGT. 1213054042 INDAH DWI LESTARI indahdwilestari605@yahoo.com