Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T11:05:07ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-04-26T07:06:15Z2016-04-26T07:06:15Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21904This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/219042016-04-26T07:06:15ZSTUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI
MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN ICT (INFORMATION AND
COMMUNICATIONS TECHNOLOGY) DAN MEDIA PEMBELAJARAN
GRAFIS DENGAN MEMPERHATIKAN MINAT BELAJAR SISWA
KELAS X IPS MAN 1 PESAWARAN
TAHUN PELAJARAN 2015/2016_____Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui studi perbandingan hasil belajar
ekonomi menggunakan media ICT dan media Grafis dengan memperhatikan
minat belajar siswa kelas X IPS MAN 1 Pesawaran. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan pendekatan eksperimen.
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 120 siswa. Sampel yang diperoleh adalah
80 siswa dengan teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah
teknik cluster random sampling. Data yang terkumpul melalui angket,
dokumentasi, dan soal post test. Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis
varians dua jalan dan t-test dua sampel independen. Berdasarkan analisis data
diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar Ekonomi
antara siswa yang pembelajarannya menggunakan media ICT dibandingkan
dengan yang pembelajarannya menggunakan media grafis siswa kelas X IPS
MAN 1 Pesawaran. (2) Hasil belajar ekonomi yang pembelajarannya
menggunakan media ICT lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang
pembelajarannya menggunakan media Grafis pada siswa yang memiliki minat
belajar tinggi . (3) Hasil belajar ekonomi yang pembelajarannya menggunakan
media ICT lebih rendah dibandingkan dengan kelas yang pembelajarannya
menggunakan media Grafis pada siswa yang memiliki minat belajar rendah. (4)
Terdapat interaksi antara penggunaan media pembelajaran dengan minat belajar
siswa terhadap hasil belajar Ekonomi pada mata pelajaran Ekonomi kelas X IPS
MAN 1 Pesawaran.
Kata kunci: Hasil Belajar, Mata Pelajaran Ekonomi, Media ICT, Media
Grafis Dan Minat Belajar.
ABSTRACT
The background of this study is the low of students’ learning outcomes. This study
aims to determine the comparative study of learning outcomes in economic by
using ICT media and graphic media by seeing students’ learning interest in X IPS
class of MAN 1 Pesawaran. This study used comparative research method with an
experimental approach. The population in this study was 120 students. The sample
was 80 students by using sample technique in this study were taken from cluster
random sampling technique. Data were collected through questionnaire,
documentation, and post test. Hypothesis testing used two way anova and t-test for
two independent samples (Independent Samples T-Test). Based on data analysis
the results as follows: (1) There is difference in learning outcomes of economic
between students who learn by using ICT media and learn by using graphic media
on students in X IPS class of MAN 1 Pesawaran. (2) Learning outcomes of
economic that learn by using ICT media is higher than the class that learn by
using graphic media on students who have high learning interest. (3) Learning
outcomes of economic that learn by using ICT media is lower than the class that
learn by using graphic media on students who have low learning interest. (4)
There is interaction between the uses of media in learning with students’ learning
interest toward learning outcomes of economic in economic subject in X IPS class
of MAN 1 Pesawaran.
Keywords: learning outcomes, economic subject, ICT media, Graphic media
and students interest. 1213031055 MAULIDA PURNAMA SARImaulidaps@ymail.com