Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T15:00:05ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-06-01T06:56:31Z2016-06-01T06:56:31Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22333This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/223332016-06-01T06:56:31ZPENGARUH PENGGUNAAN MODEL INKUIRI TERHADAP PRESTASI
BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 TAMBAHREJO
KECAMATAN GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWU
TAHUN AJARAN 2015/2016Masalah penelitian ini adalah masih rendahnya prestasi belajar IPA siswa.
Pembelajaran IPA masih berpusat pada guru. Aktivitas belajar siswa masih terpaku
pada kegiatan mencatat, menghafal informasi dan mengerjakan tugas. Tujuan
penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan model inkuiri terhadap
prestasi belajar IPA siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi
experimental dengan desain penelitian yaitu nonequivalent control group design.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 2 Tambahrejo yang
berjumlah 69 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Analisis data
menggunakan uji independent sample t test. Hasil analisis data diperoleh simpulan
bahwa ada pengaruh penggunaan model inkuiri terhadap prestasi belajar IPA siswa
kelas V SD Negeri 2 Tambahrejo. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung (5,786)
lebih besar dari ttabel yaitu (1,996). Nilai rata-rata prestasi belajar siswa yang
mengikuti pembelajaran IPA menggunakan model inkuiri pada kelas eksperimen
(VA) yaitu 78,03 lebih tinggi dari nilai rata-rata prestasi belajar siswa yang
mengikuti metode pembelajaran ceramah pada kelas kontrol (VB) yang hanya
mendapat nilai 60,69. Nilai N-Gain yang diperoleh kelas eksperimen adalah 0,597,
lebih tinggi dibanding nilai N-Gain kelas kontrol yaitu 0,290.
Kata Kunci: prestasi belajar, model inkuiri, IPA.
ABSTRACT
The problem in this research was about student learning achievement of IPA that
still low. Learning of IPA still centered on teacher. Student learning activites still
fixated on the noted, memorized about information and did tasks. The purpose of
this research was to determine the effect of inquiry model to the student learning
achievement of IPA. The method that used in this research was quasiexperimental
with nonequivalent control group design. Population of this research
were 69 students in V grade of SD Negeri 2 Tambahrejo. Collecting data used
test. Data analysis used independent sample t test. The results of data analysis
concluded that there was an effect of the use of inquiry model to the V grade
student learning achievement of SD Negeri 2 Tambahrejo. It was indicated by the
score of tcount (5,786) greater than score of ttable (1,996). Average score of the
student learning achievement who took inquiry learning in the experimental class
(VA) that was 78.03 higher than the average score of student achievement that
followed the lecture teaching methods in the control class (VB) which only got
60.69. N-Gain score of experimental class was 0,597 greater than N-Gain score of
control class that was 0.290.
Keywords: learning achievement, inquiry model, IPA. 1213053071 MEVA DARMAWANmevadarmawan@gmail.com