Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T14:47:12ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2022-07-28T02:37:47Z2022-07-28T02:37:47Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/64281This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/642812022-07-28T02:37:47ZKERJASAMA ANTAR AKTOR DALAM PROGRAM LAMPUNG MENGAJARABSTRACT
COOPERATION BETWEEN ACTORS IN THE PROGRAM
LAMPUNG MENGAJAR
By
Riki Ependi
The education process does not run optimally in remote areas or places that are
difficult to access. Various problems that occur in the education sector, one of
which is the lack of teaching staff to educate in schools. Lampung Province is one
area that is still facing these problems. For this reason, the Dinas Pendidikan dan
Kebudayaan Provinsi Lampung issued a breakthrough by launching a program
called the Program Lampung Mengajar. In carrying out the Program Lampung
Mengajar, because of the incompetence and public perception Dinas Pendidikan
dan Kebudayaan Provinsi Lampung. The department cooperates with UPT
Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Universitas Lampung, and Lembaga
Penjamin Mutu Pendidikan Provinsi Lampung. This study aims to analyze the
cooperation between actors in the Program Lampung Mengajar, as well as the
supporting and inhibiting factors for the sustainability of the collaboration. The
research method used is a descriptive research type with a qualitative approach.
Data was collected through observation, interviews and documentation. Based on
the results of the research that has been done, it can be concluded that the
cooperation between actors in the Program Lampung Mengajar has been going
quite well according to the predetermined plan, but there are still some principles
of cooperation that have not been implemented optimally. Factors that support
cooperation between actors in the Program Lampung Mengajar are communication,
trust, and commitment. Meanwhile, the factor that hinders cooperation is that the
authority is not fully owned.
Keywords: Cooperation, Local Government, Lampung Mengajar
ABSTRAK
KERJASAMA ANTAR AKTOR DALAM PROGRAM
LAMPUNG MENGAJAR
Oleh
Riki Ependi
Proses pendidikan tidak berjalan secara maksimal di daerah terpencil atau tempattempat
yang
sulit
diakses.
Berbagai
masalah
yang
terjadi
disektor
pendidikan,
salah
satunya
adalah kurangnya tenaga pengajar untuk mendidik di sekolah. Provinsi
Lampung adalah salah satu daerah yang masih menghadapi permasalahan tersebut.
Untuk itu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung mengeluarkan
terobosan dengan meluncurkan program bernama Program Lampung Mengajar.
Dalam menjalankan Program Lampung Mengajar, karena ketidaksanggupan dan
asumsi publik terhadap Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung.
Pihak dinas melakukan kerjasama dengan UPT Pengembangan Karir dan
Kewirausahaan Universitas Lampung, dan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan
Provinsi Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kerjasama antar
aktor dalam Program Lampung Mengajar, serta faktor pendukung dan penghambat
keberlangsungan kerjasama. Metode penelitian yang digunakan adalah tipe
penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan
melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang
telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa kerjasama antar aktor dalam Program
Lampung Mengajar Lampung telah berjalan cukup baik sesuai dengan rencana
yang telah ditetapkan, akan tetapi masih ada beberapa prinsip kerjasama yang
belum terlaksana secara maksimal. Faktor yang menjadi pendukung pada kerjasama
antar aktor dalam program lampung mengajar yaitu komunikasi, kepercayaan, dan
komitmen. Sedangkan faktor yang menjadi penghambat kerjasama tersebut yaitu
kewenangan yang dimiliki tidak secara penuh.
Kata kunci: Kerjasama, Pemerintah Daerah, Lampung Mengajar1816041040 RIKI EPENDI