Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T20:49:10ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2017-07-21T06:34:43Z2017-07-21T06:34:43Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27348This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/273482017-07-21T06:34:43Z
DESKRIPSI DISPOSISI BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN SOCRATES SAINTIFIK
(Penelitian Kualitatif Pada Siswa Kelas VII-L Semester
Ganjil SMP Negeri 20 Bandar Lampung
Tahun Pelajaran 2016/2017)
ABSTRAK
Penelitian kualitatif deskriptif ini bertujuan mendeskripsikan disposisi berpikir kritis matematis siswa dalam pembelajaran Socrates Saintifik. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-L SMP Negeri 20 Bandar Lampung semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Data penelitian ini adalah data kualitatif mengenai disposisi berpikir kritis matematis siswa yang dikumpulkan melalui catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan terhadap data. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa disposisi berpikir kritis matematis dapat muncul pada semua siswa dari berbagai kemampuan matematis dalam pembelajaran matematika menggunakan metode Socrates Saintifik dan indikator yang muncul dari setiap siswa di setiap pertemuan berbeda-beda.
Kata kunci: berpikir kritis matematis, disposisi, kualitatif, metode socrates, pendekatan saintifik
1313021092 RIZKI ASRI DIANITAr.asridianita@gmail.com