Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T17:37:47ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-03-02T02:41:44Z2016-03-02T02:41:44Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21349This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/213492016-03-02T02:41:44ZKUALITAS PELAYANAN PUSKESMAS RAWAT INAP KATIBUNG
KABUPATEN LAMPUNG SELATAN KEPADA PESERTA PROGRAM
JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DALAM PELAYANAN
KESEHATAN TINGKAT I/DASARPelayanan kesehatan yang dilakukan oleh puskesmas Rawat Inap Kecamatan
Katibung Kabupaten Lampung Selatan memiliki potensi untuk memperbaiki
tingkat kesejahteraan masyarakat dalam hal kesehatan dibandingkan dengan
Puskesmas Kecamatan Katibung pertama yang tidak memiliki fasilitas kesehatan
memadai. namun pada pelayanan kesehatannya belum optimal, ini terlihat pada
kurangnya sosialisasi dan masih banyaknya masyarakat di Desa binaan
Puskesmas Rawat Inap Katibung yang belum mengetahui keberadaan puskesmas
ini.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan Puskesmas
Rawat Inap Katibung Kabupaten Lampung Selatan kepada peserta Program
Jaminan Kesehatan Nasional dalam pelayanan kesehatan tingkat I/dasar dengan
menggunakan Metode Penelitian Kombinasi model urutan penemuan analisis
kuantitatif dan kualitatif (Sequantial Explanatory Design).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan kesepuluh indikator
pengukuran kualitas pelayanan kesehatan, enam indikator yang meliputi
Efektifitas, Efisiensi, Keamanan, Kenyamanan, Informasi, dan Ketepatan Waktu
masuk dalam interval kelas kategori Tidak Berkualitas dengan rerata skor 31,2.
Diikuti dengan data Kualitatif Seperti pada fakta mengenai kinerja pegawai
Puskesmas, dan perbedaan layanan kesehatan yang dilakukan oleh perawat yang
satu dengan yang lainnya. Responden yang mengeluhkan sistem pendataan pasien
yang kurang cepat, adanya bangunan yang langit-langitnya rusak dan responden
mengeluhkan kurangnya tempat duduk yang ada di Puskesmas ini.
Pada fakta berikutnya responden mengatakan bahwa penjelasan mengenai
informasi layanan yang diberikan masih kurang dipahami dan masih mengenai
pendapat responden yang sebelumnya mengeluhkan lamanya pendataan pada
proses mendapatkan layanan. Maka dapat dinyatakan bahwa hasil dari
pengukuran kualitas pelayanan kesehatan kepada pasien peserta Jaminan
Kesehatan Nasional oleh Puskesmas Rawat Inap Katibung Kabupaten Lampung
Selatan Tidak Berkualitas.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan Kesehatan, Peserta Jaminan Kesehatan Nasional
QUALITY OF COMMUNITY HEALTH SERVICES INPATIENT
KATIBUNG SOUTH LAMPUNG TO PARTICIPANTS OF NATIONAL
HEALTH INSURANCE PROGRAM IN THE HEALTH SERVICE LEVEL
I / BASIC
Health services performed by Sub-District Community Health Center Inpatient
Katibung South Lampung Regency has the potential to improve the welfare of the
community in terms of health compared to the first Katibung District health
centers that do not have adequate health facilities. but in health care is not
optimal, is seen in the lack of socialization and still many people in the village
built Katibung Inpatient Health Centers who do not know the existence of this
clinic.
The purpose of this study was to determine the quality of inpatient Health Center
services Katibung South Lampung Regency to the participants of the National
Health Insurance program in Health Care level I/basic using Method Combination
of the model order of discovery Quantitative and Qualitative analysis (Sequantial
Explanatory Design).
The results of this study showed that based on ten indicators measuring the quality
of health care, six indicators covering Effectiveness, Efficiency, Safety, Comfort,
Information, and Timeliness entered the class interval Not Qualified category with
mean score of 31,2. Followed by the Qualitative Data As in fact the health center
employee performance, and differences in health services performed by nurses
with each other. Respondents who complained about patient data system is fast
enough, the ceiling of the building was broken and respondents complained about
the lack of seating in this health center.
In the next fact of respondents said that an explanation of the information
services provided are still poorly understood and is still on the opinions of
respondents who previously complained about the length of the data collection
process to obtain services. It can be stated that the results of measurements of
quality of healthcare to patients by the participants of the National Health
Insurance Health Center inpatient Katibung South Lampung Regency Not
Qualified.
Keywords: Quality of Health Services, National Health Insurance Participants1116021086 Randy Mase Bustamirandymasebustami@gmail.com