Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T07:04:24ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2018-10-01T02:52:17Z2018-10-01T02:52:17Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/33259This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/332592018-10-01T02:52:17ZPENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI
MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)
SISWA KELAS V SDN 1 MARGAMULYA JATIAGUNG
LAMPUNG SELATANMasalah penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar PKn siswa
kelas V SDN 1 Margamulya Kecamatan Jatiagung Kabupaten Lampung Selatan.
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar PKn
menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together di kelas V.
Penelitian dilaksanakan dua siklus, dimana setiap siklus melalui tahap
perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi dan tes. Alat pengumpulan data menggunakan instrumen
berupa lembar observasi aktivitas siswa dan tes formatif untuk hasil belajar. Hasil
penelitian menunjukkan terdapat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I dengan katagori “Aktif” dan pada
siklus II juga dengan katagori “Aktif”. Hasil belajar siswa secara klasikal pada
siklus I dengan katagori “Baik” dan pada siklus II juga dengan katagori “Baik”.
Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, Numbered Head Together 1513069032 SULASTRIsulastrikembar@gmail.com