Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T11:04:39ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2017-05-29T06:43:47Z2017-05-29T06:43:48Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26701This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/267012017-05-29T06:43:47ZIMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU TERPADU
DI SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH AL MULTAZAM
LAMPUNG BARATABSTRAK
Fokus penelitian ini adalah Manajemen Mutu Terpadu di STIT Multazam Lampung
dengan sub fokus (1) Kepuasan Pelanggan, (2) Kepemimpinan, (3) Manajemen
Sumber Daya Manusia, dan (4) Perbaikan berkesinambungan. Penelitian ini
menggunakan penelitian kualitatif deskriptif studi kasus. Tekhnik pengumpulan data
penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Tekhnik
analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data
dan penarikan kesimpulan: gambaran atau verifikasi. Hasil dari penelitian didapat: (1)
Kepuasan pelanggan dilaksanakan melalui memberikan metode pembelajaran yang
baik dan komunikasi yang baik terhadap mahasiswa (2) Kepemimpinan yang
melibatkan semua karyawan dari kalangan bawah dan atas dalam setiap kegiatan (3)
Manajemen sumber daya manusia dilakukan melalui merekrut staff dan dosen
berdasarkan kemampuan dan latar belakang pendidikan yang sesuai. (4) Perbaikan
berkesinambungan dilakukan dengan cara pengembangan profesional yakni melalui
pelatihan dan seminar untuk staff dan dosen.
Kata kunci: Manajemen, Mutu, Terpadu
ABSTRACT
Research focus is Total Quality Management of STIT Multazam Lampung with the
following sub focus (1) Customer satisfaction, (2) The Leadership, (3) Management
of human resource, (4) Continual improvement. This research used descriptive
qualitative case study, Data collection techniques: observation, interview and
documentation. Techniques of data analysis used were data collection, data reduction,
data presentation and conclusion: a description or verification. The result of study: (1)
Customer Satisfaction was done through the appropriate learning method and good
communication with the students. (2) The leadership involved all emloyess on every
activity, (3) Human resourch management was done through recruiting staff and
lecturer based on approriate ability and educational background, (4) Continual
improvement was done proffesional improvement through trainings and seminars for
staff and lecturers.
Key word: Total, Quality, Management
(1323012031) YUDHI AGUSTIAWAN agustiawanyudhi66@gmail.com