Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T22:39:29ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2022-04-19T06:45:19Z2022-04-19T06:45:19Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58737This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/587372022-04-19T06:45:19ZE-MODUL MEMBACA TEKS EKSPOSISI MELALUI PENDEKATAN SQ3R
MENGGUNAKAN APLIKASI ANDROID UNTUK SISWA KELAS X SMAPermasalahan dalam penelitian ini berkaitan dengan keterbatasan bahan ajar yang
digunakan guru menyebabkan kebutuhan siswa terhadap bahan ajar yang lebih
menarik sebab selama ini guru selalu menggunakan buku teks dalam proses
pembelajaran. Bedasar pada hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk
menghasilkan produk bahan ajar multimedia interaktif berupa modul elektronik
(e-Modul), mendeskripsikan kelayakan e-Modul, dan menguji efektivitas e-Modul
membaca teks eksposisi melalui pendekatan SQ3R menggunakan aplikasi
android.
Sejalan dengan tujuan penelitian, maka metode penelitian mengacu pada model
penelitian dan pengembangan yang mengadaptasi enam dari sepuluh langkah
dalam prosedur penelitian dan pengembangan menurut Borg dan Gall. Teknik
pengumpulan data melalui dokumentasi, observasi, wawancara, dan penyebaran
angket di tiga sekolah, yakni SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung, SMA Negeri 15
Bandar Lampung, dan SMA Taman Siswa Bandar Lampung.
ii
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) produk bahan ajar multimedia interaktif
yang berhasil dikembangkan berupa “e-Modul membaca teks eksposisi melalui
pendekatan SQ3R menggunakan aplikasi android untuk siswa kelas X SMA”, 2)
kelayakan e-Modul secara keseluruhan dinyatakan “sangat layak” dengan
presentasi penilaian 93 oleh ahli materi, presentasi penilaian 95 oleh ahli media,
dan presentasi penilaian 95,75 oleh praktisi, 3) e-Modul cukup efektif
meningkatkan keterampilan membaca teks eksposisi dengan N-Gain sebesar
(0,68), (0,67), dan (0,67) termasuk dalam kategori “cukup efektif”.
Kata kunci: e-modul, teks eksposisi, pendekatan SQ3R, aplikasi android
The problem in this study is related to the limitations of teaching materials used
by teachers, causing students' needs for more interesting teaching materials
because so far the teacher always uses textbooks every learning process. Based on
this, this research aims to produce interactive multimedia teaching materials in the
form of electronic module (e-Module), describe the feasibility of e-Module, and
test the effectiveness of e-Module reading exposition text through SQ3R using an
android application.
In line with the research objectives, the research method refers to a research and
development model that adapts six of the ten steps in research and development
procedures according to Borg and Gall. Data collection techniques through
documentation, observations, interviews, and questionnaires in three schools,
namely SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung, SMA Negeri 15 Bandar Lampung,
and SMA Taman Siswa Bandar Lampung.
v
The results showed 1) interactive multimedia teaching material product
successfully developed in the form of “e-Module reading exposition text through
SQ3R approach using an android application for Tenth Grade students of Senior
High School”, 2) the overall eligibilityof the e-Module was declared “very
feasible” with 93 assessment presentation by material experts, 95 assessment
presentation by media experts, and 95,75 assessment presentation by practitioner,
3) e-Module is quite effective in improving the reading skills of exposition text
with N-Gain from (0,68), (0,67), and (0,67) are included in the “effective enough”
category.
Keywords: e-module, exposition text, SQ3R approach, android application1723041003 Dwi Pulsha Apriliandedwipulshawin1@gmail.com2022-04-19T04:07:58Z2022-04-19T04:07:58Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59898This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/598982022-04-19T04:07:58ZE-MODUL MEMBACA TEKS EKSPOSISI MELALUI PENDEKATAN SQ3R
MENGGUNAKAN APLIKASI ANDROID UNTUK SISWA KELAS X SMAPermasalahan dalam penelitian ini berkaitan dengan keterbatasan bahan ajar yang
digunakan guru menyebabkan kebutuhan siswa terhadap bahan ajar yang lebih
menarik sebab selama ini guru selalu menggunakan buku teks dalam proses
pembelajaran. Bedasar pada hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk
menghasilkan produk bahan ajar multimedia interaktif berupa modul elektronik
(e-Modul), mendeskripsikan kelayakan e-Modul, dan menguji efektivitas e-Modul
membaca teks eksposisi melalui pendekatan SQ3R menggunakan aplikasi
android.
Sejalan dengan tujuan penelitian, maka metode penelitian mengacu pada model
penelitian dan pengembangan yang mengadaptasi enam dari sepuluh langkah
dalam prosedur penelitian dan pengembangan menurut Borg dan Gall. Teknik
pengumpulan data melalui dokumentasi, observasi, wawancara, dan penyebaran
angket di tiga sekolah, yakni SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung, SMA Negeri 15
Bandar Lampung, dan SMA Taman Siswa Bandar Lampung.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) produk bahan ajar multimedia interaktif
yang berhasil dikembangkan berupa “e-Modul membaca teks eksposisi melalui
pendekatan SQ3R menggunakan aplikasi android untuk siswa kelas X SMA”, 2)
kelayakan e-Modul secara keseluruhan dinyatakan “sangat layak” dengan
presentasi penilaian 93 oleh ahli materi, presentasi penilaian 95 oleh ahli media,
dan presentasi penilaian 95,75 oleh praktisi, 3) e-Modul cukup efektif
meningkatkan keterampilan membaca teks eksposisi dengan N-Gain sebesar
(0,68), (0,67), dan (0,67) termasuk dalam kategori “cukup efektif”.
Kata kunci: e-modul, teks eksposisi, pendekatan SQ3R, aplikasi android
The problem in this study is related to the limitations of teaching materials used
by teachers, causing students' needs for more interesting teaching materials
because so far the teacher always uses textbooks every learning process. Based on
this, this research aims to produce interactive multimedia teaching materials in the
form of electronic module (e-Module), describe the feasibility of e-Module, and
test the effectiveness of e-Module reading exposition text through SQ3R using an
android application.
In line with the research objectives, the research method refers to a research and
development model that adapts six of the ten steps in research and development
procedures according to Borg and Gall. Data collection techniques through
documentation, observations, interviews, and questionnaires in three schools,
namely SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung, SMA Negeri 15 Bandar Lampung,
and SMA Taman Siswa Bandar Lampung. The results showed 1) interactive multimedia teaching material product
successfully developed in the form of “e-Module reading exposition text through
SQ3R approach using an android application for Tenth Grade students of Senior
High School”, 2) the overall eligibilityof the e-Module was declared “very
feasible” with 93 assessment presentation by material experts, 95 assessment
presentation by media experts, and 95,75 assessment presentation by practitioner,
3) e-Module is quite effective in improving the reading skills of exposition text
with N-Gain from (0,68), (0,67), and (0,67) are included in the “effective enough”
category.
Keywords: e-module, exposition text, SQ3R approach, android application1723041003 Dwi Pulsha Apriliandedwipulshawin1@gmail.com2022-04-19T04:03:47Z2022-04-19T04:03:47Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59667This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/596672022-04-19T04:03:47ZE-MODUL MEMBACA TEKS EKSPOSISI MELALUI PENDEKATAN
SQ3R MENGGUNAKAN APLIKASI ANDROID UNTUK SISWA KELAS
X SMAPermasalahan dalam penelitian ini berkaitan dengan keterbatasan bahan ajar yang
digunakan guru menyebabkan kebutuhan siswa terhadap bahan ajar yang lebih
menarik sebab selama ini guru selalu menggunakan buku teks dalam proses
pembelajaran. Bedasar pada hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk
menghasilkan produk bahan ajar multimedia interaktif berupa modul elektronik
(e-Modul), mendeskripsikan kelayakan e-Modul, dan menguji efektivitas e-Modul
membaca teks eksposisi melalui pendekatan SQ3R menggunakan aplikasi
android.
Sejalan dengan tujuan penelitian, maka metode penelitian mengacu pada model
penelitian dan pengembangan yang mengadaptasi enam dari sepuluh langkah
dalam prosedur penelitian dan pengembangan menurut Borg dan Gall. Teknik
pengumpulan data melalui dokumentasi, observasi, wawancara, dan penyebaran
angket di tiga sekolah, yakni SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung, SMA Negeri 15
Bandar Lampung, dan SMA Taman Siswa Bandar Lampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) produk bahan ajar multimedia interaktif
yang berhasil dikembangkan berupa “e-Modul membaca teks eksposisi melalui
pendekatan SQ3R menggunakan aplikasi android untuk siswa kelas X SMA”, 2)
kelayakan e-Modul secara keseluruhan dinyatakan “sangat layak” dengan
presentasi penilaian 93 oleh ahli materi, presentasi penilaian 95 oleh ahli media,
dan presentasi penilaian 95,75 oleh praktisi, 3) e-Modul cukup efektif
meningkatkan keterampilan membaca teks eksposisi dengan N-Gain sebesar
(0,68), (0,67), dan (0,67) termasuk dalam kategori “cukup efektif”.
Kata kunci: e-modul, teks eksposisi, pendekatan SQ3R, aplikasi android
The problem in this study is related to the limitations of teaching materials used
by teachers, causing students' needs for more interesting teaching materials
because so far the teacher always uses textbooks every learning process. Based on
this, this research aims to produce interactive multimedia teaching materials in the
form of electronic module (e-Module), describe the feasibility of e-Module, and
test the effectiveness of e-Module reading exposition text through SQ3R using an
android application.
In line with the research objectives, the research method refers to a research and
development model that adapts six of the ten steps in research and development
procedures according to Borg and Gall. Data collection techniques through
documentation, observations, interviews, and questionnaires in three schools,
namely SMA Al Azhar 3 Bandar Lampung, SMA Negeri 15 Bandar Lampung,
and SMA Taman Siswa Bandar Lampung. The results showed 1) interactive multimedia teaching material product
successfully developed in the form of “e-Module reading exposition text through
SQ3R approach using an android application for Tenth Grade students of Senior
High School”, 2) the overall eligibilityof the e-Module was declared “very
feasible” with 93 assessment presentation by material experts, 95 assessment
presentation by media experts, and 95,75 assessment presentation by practitioner,
3) e-Module is quite effective in improving the reading skills of exposition text
with N-Gain from (0,68), (0,67), and (0,67) are included in the “effective enough”
category.
Keywords: e-module, exposition text, SQ3R approach, android application1723041003 Dwi Pulsha Apriliandedwipulshawin1@gmail.com