Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T15:43:50ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2024-02-21T03:35:07Z2024-02-21T03:35:07Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/79192This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/791922024-02-21T03:35:07ZPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY
TEKS DESKRIPSI DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMANDIRIAN
BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP DI LAMPUNG TENGAH
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengembangan media
pembelajaran Augmented Reality teks deskripsi dan apakah penggunaan media
pembelajaran tersebut berpengaruh terhadap kemandirian belajar peserta didik
kelas VII SMP di Lampung Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan
pengembangan media pembelajaran Augmented Reality materi teks deskripsi pada
elemen membaca dan memirsa untuk kelas VII SMP/MTs dan menguji ada atau
tidaknya pengaruh penggunaan media pembelajaran tersebut terhadap kemandirian
belajar peserta didik.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penggabungan antara
metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan metode
kuantitatif berbentuk asosiatif. Dalam mengembangkan media pembelajaran
Augmented Reality, penelitian ini mengadopsi metode penelitian dan
pengembangan dari Borg dan Gall. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta
didik kelas VII SMP Negeri 3 Terbanggi Besar tahun pelajaran 2023/2024 yang
berjumlah 291 peserta didik dengan sampel penelitian sebanyak 75 peserta didik.
Penelitian ini menggunakan empat teknik pengumpulan data, yaitu wawancara,
observasi, kuesioner, dan tes.
Hasil penelitian pengembangan menunjukkan dua hal. Pertama, media
pembelajaran Augmented Reality teks deskripsi yang diberi nama Arteksi
dikembangkan dengan konsep Borg and Gall dinyatakan layak oleh validator
dengan nilai rata-rata persentase 82,11%. Kedua, berdasar pada uji kelayakan media
pembelajaran Augmented Reality yang dikembangkan, diperoleh nilai rata-rata 90,8
yang termasuk dalam kategori sangat layak; uji efektivitas dengan menggunakan
N-Gain didapatkan nilai sebesar 0,74 yang termasuk dalam kategori tinggi. Artinya,
media pembelajaran Augmented Reality ini layak dipergunakan dalam
pembelajaran materi teks deskripsi dan telah terbukti efektif meningkatkan
kemampuan pemahaman bacaan teks deskripsi peserta didik. Hasil penelitian
kuantitatif asosiatif yang diuji secara statistik menggunakan aplikasi SmartPLS 4
menunjukkan tiga hal. Pertama, kegunaan yang dirasakan ketika menggunakan
media pembelajaran Augmented Reality teks deskripsi berpengaruh terhadap
keputusan mengadopsi media pembelajaran yang terlihat dari perolehan nilai t
statistik 3,920 > 1,96 dan p value 0,000 < 0,05 dengan nilai koefisien jalur
kegunaan yang dirasakan terhadap adopsi bertanda positif (0,359). Kedua,
kesenangan yang dirasakan ketika menggunakan media pembelajaran Augmented
Reality teks deskripsi berpengaruh terhadap keputusan mengadopsi media
pembelajaran yang terlihat dari perolehan nilai t statistik 5,181 > 1,96 dan p value
0,000 < 0,05 dengan nilai koefisien jalur variabel kesenangan terhadap adopsi
bertanda positif (0,478). Ketiga, adopsi media pembelajaran Augmented Reality
teks deskripsi berpengaruh terhadap kemandirian belajar peserta didik yang terlihat
dari perolehan nilai t statistik 13,998 > 1,96 dan p value 0,000 < 0,05 dengan nilai
koefisien jalur adopsi Augmented Reality terhadap kemandirian belajar bertanda
positif (0,754). Artinya, semakin tinggi tingkat adopsi Augmented Reality,
kemandirian belajar peserta didik pada materi teks deskripsi juga semakin
meningkat.
Kata kunci: media pembelajaran, augmented reality, teks deskripsi, kemandirian
belajar
The problem in this study is how the development of learning media Augmented
Reality text description and whether the use of learning media affects the self-direct
learning of students in grade VII junior high school in Central Lampung. This study
aims to build augmented reality learning media development of description text
material on reading and viewing elements for grade VII SMP / MTs and test whether
or not the use of learning media affects students' self-direct learning.
The method used in this study combines research and development methods
(research and development) with quantitative methods in the form of associative.
This study adopted Borg and Gall's research and development method to develop
augmented reality learning media. The population in this study were seventh-grade
students of SMP Negeri 3 Terbanggi Besar in the 2023/2024 academic year, totaling
291 students with a research sample of 75 students. This study used four data
collection techniques: interviews, observations, questionnaires, and tests.
The results of the development research showed two things. First, the Augmented
Reality learning media of description text named Arteksi, developed with the
concept of Borg and Gall, is declared feasible by validators with an average
percentage value of 82.11%. Second, based on the feasibility test of Augmented
Reality learning media developed obtained an average value of 90.8, which is
included in the very feasible category; the effectiveness test using N-Gain obtained
a value of 0.74, which is included in the high category. It means that Augmented
Reality learning media is feasible to use in learning description text material and
has proven effective in improving students' reading comprehension skills. The
results of associative quantitative research tested statistically using the SmartPLS 4
application show three things. First, the perceived usefulness when using learning
media Augmented Reality text description affects the decision to adopt learning
media as seen from the acquisition of a statistical t-value of 3.920> 1.96 and p-value
of 0.000 <0.05 with the path coefficient value of perceived usefulness to adoption
is positive (0.359). Second, the pleasure felt when using the Augmented Reality
learning media text description affects the decision to adopt learning media, as seen
from the acquisition of a statistical t-value of 5.181> 1.96 and a p-value of 0.000
<0.05 with a positive path coefficient value of the pleasure variable on adoption
(0.478). Third, the adoption of learning media Augmented Reality text description
affects the self-direct learning of students seen from the acquisition of a statistical t
value of 13.998> 1.96 and p value 0.000 <0.05 with the path coefficient value of
Augmented Reality adoption on self-direct learning is positive (0.754). That is the
higher the level of adoption of Augmented Reality, the more students' self-directed
learning of description text material increases.
Keywords: learning media, augmented reality, description text, learning self-direct
learning FAUZIAH SM. WARDATUL21230410012023-08-22T07:29:28Z2023-08-22T07:32:44Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/75125This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/751252023-08-22T07:29:28ZKESULITAN BELAJAR MENULIS PUISI
SISWA KELAS X SMAN 2 NATAR
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kesulitan belajar menulis puisi siswa
Kelas X SMAN 2 Natar dan faktor yang mempengaruhinya. Tujuan dari penelitian ini
ialah untuk mengetahui kesulitan belajar menulis puisi siswa Kelas X SMAN 2 Natar
dan faktor yang mempengaruhinya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data
dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X IPS 3 SMAN 2 Natar yang berjumlah 22
orang. Data diperoleh dengan menggunakan observasi, angket, wawancara guru, siswa,
serta tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa Kelas X IPS 3 SMAN 2 Natar mengalami
kesulitan dalam memahami materi menulis puisi, kesulitan dalam menuangkan idenya,
dan kesulitan dalam menggunakan majas. Faktor yang mempengaruhi siswa kesulitan
dalam menulis puisi yaitu kurangnya wawasan siswa terkait puisi, minimnya referensi
terkait puisi yang disediakan oleh sekolah, dan kebiasaan belajar siswa yang buruk.
Dalam mengatasi faktor kesulitan tersebut, harus dilakukan upaya bersama antara guru
dan siswa.
Kata kunci: kesulitan belajar dan menulis puisi Irma Putri Maiditra Ade19130410122023-08-09T06:51:23Z2023-08-09T06:51:23Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74387This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/743872023-08-09T06:51:23ZKONFLIK SOSIAL DALAM NOVEL PEREMPUAN YANG MENANGIS KEPADA BULAN HITAM KARYA DIAN PURNOMO DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATASMasalah dalam penelitian ini ialah konflik sosial dalam novel Perempuan yang Menangis Kepada Bulan Hitam karya Dian Purnomo. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk konflik sosial yang ada di dalam novel Perempuan yang Menangis kepada Bulan Hitam karya Dian Purnomo dan implikasinya terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah menengah atas (SMA).
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, yang mendeskripsikan data berupa kutipan kalimat dalam novel Perempuan yang Menangis Kepada Bulan Hitam karya Dian Purnomo. Sumber data penelitian diperoleh dari novel Perempuan yang Menangis Kepada Bulan Hitam karya Dian Purnomo. Teknik pengumpulan dan analisis data yang digunakan menggunakan metode baca-catat. Metode ini diterapkan dengan membaca novel, mengidentifikasi, mengklasifikasikan hingga mengambil kesimpulan hasil penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga bentuk konflik sosial yang ada di dalam novel tersebut, yaitu konflik pribadi, konflik budaya, dan konflik politik. Konflik-konflik tersebut dipicu oleh faktor internal dan eksternal. Pada faktor internal perasaan merasa hina, tidak puas, amarah, kekecewaan, kecemburuan, dan rasa bersalah pada akhirnya mempengaruhi lahirnya sebuah konflik. Tak hanya itu, faktor eksternal seperti perbedaan pandangan, kepentingan, kebudayaan dan perubahan sosial juga menjadi akar terbentuknya konflik. Keberadaan konflik-konflik dalam novel ini membuat cerita menjadi lebih kaya akan pesan-pesan moral. Hasil penelitian ini diimplikasikan ke dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas XI yang menggunakan kurikulum merdeka, dalam bentuk modul ajar. Modul ini dikaitkan pada materi Mengembangkan Apresiasi Prosa Bertema Lingkungan yang dikhususkan untuk sub materi menulis prosa.
Kata kunci: analisis konflik sosial, pembelajaran menulis prosa 1953041005 QISTYNqiss.ty347@gmail.com2023-08-08T01:16:13Z2023-08-08T01:16:13Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74245This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/742452023-08-08T01:16:13ZNILAI-NILAI MORAL DALAM NOVEL SEMUSIM, DAN SEMUSIM
LAGI KARYA ANDINA DWIFATMA KAITANNYA DENGAN RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMATujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan nilai moral dalam novel Semusim,
dan Semusim Lagi karya Andina Dwifatma serta mendeskripsikan rencana
pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Peneliti membuat bahan ajar
berupa RPP yang berlandaskan pada kurikulum 2013 edisi revisi. Pada materi teks
novel yang terdapat pada jenjang SMA kelas XII. RRP tersebut dikaitkan dengan
hasil penelitian ini sebagai contoh dalam kegiatan pembelajaran.
Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif kualitatif.
Sumber data yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah novel
Semusim, dan Semusim Lagi karya Andina Dwifatma. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan teknik, membaca dan mencatat. Teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.
Berdasarkan analisis data, ditemukan nilai-nilai moral dalam novel Semusim, dan
Semusim Lagi. Pertama, hubungan manusia dengan diri sendiri meliputi aspek
rasa ingin tahu, kebahagiaan, kesepian, sadar diri, percaya diri, menerima
kenyataan, mengakui kesalahan, pantang menyerah, peduli terhadap diri sendiri,
kesedihan, dan kebingungan. Kedua, hubungan manusia dengan manusia lain
meliputi aspek kasih sayang, peduli, menghargai, berbagi atau memberi, nasiha,
dan berterima kasih. Ketiga, nilai moral hubungan manusia dengan Tuhan
meliputi aspek berdoa, kepercayaan, dan bersyukur.
Kata kunci: novel, nilai-nilai moral, rencana pelaksanaan pembelajaranHusnayain Usisa 1913041014 2023-08-04T08:59:37Z2023-08-04T08:59:37Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74155This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/741552023-08-04T08:59:37ZPENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI
MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING
PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPIT DAARUL ‘ILMI
BANDARLAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2022/2023Masalah dalam penelitian ini ialah rendahnya kemampuan menulis teks eksplanasi
peserta didik kelas VIII SMPIT Daarul ‘Ilmi Bandarlampung. Oleh karena itu,
penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan meningkatkan 1) perencanaan
pembelajaran, 2) pelaksanaan pembelajaran, 3) penilaian pembelajaran, dan 4)
peningkatan pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan model Problem
Based Learning.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus.
Tiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan,
dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes hasil
belajar. Data penelitian berupa rencana pelaksanaan pembelajaran yang dinilai
dengan APKG 1, kegiatan pembelajaran yang dinilai dengan APKG 2, dan hasil
belajar peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan. Peningkatan yang terjadi
terdapat pada 1) perencanaan pembelajaran pada prasiklus mendapat nilai 66,25
dalam kategori kurang, mengalami peningkatan pada siklus I mendapat nilai 73,75
dalam kategori cukup, dan meningkat pada siklus II memperoleh hasil penilaian
sebesar 88,75 dalam kategori baik, 2) pelaksanaan pembelajaran pada siklus I
memperoleh nilai 75,2 dalam kategori cukup, sedangkan pelaksanaan
pembelajaran siklus II memperoleh nilai 89,95 dalam kategori baik, 3) penilaian
pembelajaran pada prasiklus memperoleh rata-rata 69, meningkat pada siklus I
dengan memperoleh rata-rata 75,1 dalam kategori tuntas, dan meningkat pada
siklus II diperoleh nilai rata-rata 83,7 dalam kategori tuntas, (4) kegiatan
pembelajaran secara keseluruhan apabila dilihat dari hasil penilaian penyusunan
perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian
pembelajaran siklus II lebih baik daripada siklus I dan prasiklus.
Kata kunci: kemampuan menulis, teks eksplanasi, Problem Based Learning
The problem in this study is the low ability to write explanatory texts for class
VIII students of SMPIT Daarul 'Ilmi Bandarlampung. Therefore, this study aims
to describe and improve 1) lesson planning, 2) learning implementation, 3)
learning assessment, and 4) increasing learning to write explanatory texts using
the Problem Based Learning model.
This study used a class action design consisting of two cycles. Each cycle consists
of four stages, namely planning, implementing, observing, and reflecting. Data
collection techniques are carried out through observation and learning
achievement tests.
The results of the study showed an increase. The increase that occurred was in 1)
pre-cycle learning planning scored 66.25 in the less category, experienced an
increase in cycle I scored 73.75 in the sufficient category, and increased in cycle
II obtained an assessment result of 88.75 in the good category, 2) the
implementation of learning in cycle I obtained a value of 75.2 in the sufficient
category, while the implementation of learning in cycle II obtained a value of
89.95 in the good category, 3) the learning assessment in pre-cycle obtained an
average of 69, increased in cycle I by obtaining an average an average of 75.1 in
the complete category, and an increase in cycle II obtained an average value of
83.7 in the complete category, (4) learning activities as a whole when viewed
from the results of the assessment of the preparation of learning plans,
implementation of learning, and learning assessment of cycle II are more better
than cycle I and precycle.
Keywords: writing ability, explanatory text, Problem Based LearningMARHABAN BIDZIKRILLAH MSK AJI 20230430012023-08-04T08:24:51Z2023-08-04T08:24:51Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/74136This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/741362023-08-04T08:24:51ZPENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK SURAT DINAS
BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK BAGI PESERTA DIDIK
SMP/MTs KELAS VIIKeterbatasan bahan ajar yang digunakan pendidik menimbulkan kebutuhan
peserta didik terhadap bahan ajar yang beragam. Berdasar pada hal itu, tujuan
dari penelitian ini ialah menghasilkan lembar kerja peserta didik,
mendeskripsikan kelayakan lembar kerja peserta didik, serta menguji efektivitas
lembar kerja peserta didik di kelas VII pada materi pembelajaran surat dinas
berbasis pendekatan saintifik.
Metode penelitian menggunakan model DDD-E, yaitu decide (menentukan
tujuan), design (mendesain prosuk), develop (pengembangan), dan evaluate
(evaluasi). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Anak Tuha kelas VII A dan
VII B. Sumber data dalam penelitian ini adalah lembar kerja peserta didik surat
dinas berbasis pendekatan saintifik. Data dalam penelitian ini adalah hasil
penilaian oleh ahli bahan ajar, ahli materi, praktisi, serta hasil uji coba produk dan
efektivitas kepada peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan wawancara
dan penyebaran angket di dua kelas yang menjadi objek penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) lembar kerja peserta didik surat dinas
untuk peserta didik kelas VII SMP/MTs berhasil dikembangkan dengan basis
pendekatan saintifik dan sudah divalidasi. (2) Lembar kerja peserta didik yang
dihasilkan memiliki karakteristik, yaitu (a) berisi beberapa komponen (teks,
gambar, simbol/tanda, ilustrasi, contoh); (b) bersifat mandiri, artinya peserta didik
bisa menggunakan lembar kerja peserta didik ini tanpa bimbingan pendidik atau
orang lain karena sudah memuat KI dan KD, indikator, tujuan, dan materi yang
lengkap, sintak pembelajaran yang urut, serta petunjuk penggunaannya; (c) bisa
secara kelompok atau individu; dan (d) teks yang terdapat dalam lembar kerja
peserta didik ini sudah kontekstual dan sesuai untuk peserta didik kelas VII. (3)
Lembar kerja peserta didik yang dikembangkan dinyatakan sangat layak dengan
persentase penilaian oleh ahli bahan ajar sebesar 87,5 %, ahli materi sebesar 90,63
%, dan praktisi sebesar 98,6 %. (3) Berdasar pada perbandingan pretest, posttest,
dan N-gain dari penggunaan lembar kerja peserta didik untuk pembelajaran surat
dinas yang dikembangkan mendapatkan nilai sebesar 0,56 pada kelas VII A dan
0,58 pada kelas VII B. Nilai tersebut termasuk dalam kategori sedang sehingga
efektif digunakan dalam pembelajaran.
Kata kunci : lembar kerja peserta didik, pendekatan saintifik, surat dinas
The problem in this research is how to develop, feasibility, and effectiveness of
student worksheets based on a scientific approach for learning official letters for
class VII students of SMP/Madrasah Tsanawiyah. The purpose of this study was
to produce, describe feasibility, and test the effectiveness of class VII students'
worksheets in learning official letters based on a scientific approach.
The research method uses the DDD-E model, namely decide (determine goals),
design (design products), develop (development), and evaluate (evaluation). This
research was conducted at Anak Tuha 1 Public Middle School, grades VII A and
VII B. The source of the data in this study were worksheets for official letter
students based on a scientific approach. The data in this study are the results of
assessments by teaching materials experts, material experts, practitioners, as
well as the results of product trials and effectiveness on students. Data collection
techniques by interviewing and distributing questionnaires in the two classes that
are the object of research.
The results showed that (1) official letter student worksheets for class VII
students of SMP/MTs were successfully developed on the basis of a scientific
approach and have been validated. (2) The student worksheets produced have
characteristics, namely (a) contain several components (text, images,
symbols/signs, illustrations, examples); (b) is independent, meaning that students
can use these student worksheets without the guidance of the educator or other
people because they already contain KI and KD, complete indicators, objectives,
and materials, sequential learning syntax, and instructions for use; (c) either in
groups or individually; and (d) the text contained in the student worksheet is
contextual and appropriate for class VII students. (3) The student worksheets
that were developed were stated to be very feasible with a percentage of
assessment by teaching material experts of 87.5%, material experts of 90.63%,
and practitioners of 98.6%. (3) Based on a comparison of the pretest, posttest,
and N-gain from the use of student worksheets for learning official letters that
were developed, a score of 0.56 was obtained in class VII A and 0.58 in class
VII B. This value is included in the category moderate so that it is effectively
used in learning.
Keyword: student worksheets, scientific approach, official letters.SETIANA ANGGUN 20230410032023-06-27T02:55:30Z2023-06-27T02:55:30Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/73205This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/732052023-06-27T02:55:30ZKELAYAKAN BAHAN AJAR LKPD KIAT MUDAH MEMAHAMI NOVEL
“PULANG” MELALUI MODEL KOOPERATIF UNTUK SISWA KELAS XII
SMA KARYA FRANSISKA PRATIWI, DKKPermasalahan dalam penelitian adalah bagaimana kelayakan lembar kerja peserta
didik berjudul Kiat Mudah Memahami Novel “Pulang” melalui Model Kooperatif
untuk siswa kelas XII SMA Karya Fransiska Pratiwi, dkk.menurut Badan Standar
Nasional Pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
kelayakan terhadap lembar kerja peserta didik berjudul Kiat Mudah Memahami
Novel “Pulang” melalui Model Kooperatif untuk siswa kelas XII SMA Karya
Fransiska Pratiwi, dkk.. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.
Sumber data dalam penelitian ini ialah lembar kerja peserta didik berjudul Kiat
Mudah Memahami Novel “Pulang” melalui Model Kooperatif untuk siswa kelas
XII SMA Karya Fransiska Pratiwi, dkk.. Data dalam penilitian ini berupa data
kelayakan isi, kelayakan penyajian, kelayakan Bahasa, dan kelayakan kegrafikan.
Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dokumentasi LKPD. Teknik
analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis konten.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik berjudul Kiat
Mudah Memahami Novel “Pulang” melalui Model Kooperatif untuk siswa kelas
XII SMA Karya Fransiska Pratiwi, dkk. telah memenuhi instrumen penilaian buku
teks yang telah ditetapkan oleh BSNP. Hal ini terlihat dari hasil analisis
berdasarkan segi kelayakan isi yang diperoleh skor 77,6% dengan kategori layak.
Hasil analisis berdasarkan segi kelayakan penyajian dengan perolehan skor 80%
kategori layak. Hasil analisis kelayakan bahasa dengan perolehan skor 76%
kategori layak. Hasil analisis kelayakan kegrafikan memperoleh skor 82% dengan
kategori layak. Berdasarkan hasil penelitian yang berupa analisis kelayakan
terhadap bahan ajar LKPD berjudul Kiat Mudah Memahami Novel “Pulang”
melalui Model Kooperatif untuk siswa kelas XII SMA Karya Fransiska Pratiwi,
dkk. Dapat disimpulkan bahwa LKPD berjudul Kiat Mudah Memahami Novel
“Pulang” melalui Model Kooperatif untuk siswa kelas XII SMA Karya Fransiskaiii
Pratiwi, dkk. dapat digunakan oleh pendidik sebagai bahan ajar penunjang dalam
proses belajar mengajar sehingga dapat mempermudah pendidik menyampaikan
materi yang lebih focus serta terarah terhadap kurikulum yang berlaku pada saat
ini.
Kata kunci : penilaian kelayakan, bahan ajar, lembar kerja peserta didik KASIH ARTI RIKA 16530410102023-06-16T01:21:13Z2023-06-16T01:21:13Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/72265This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/722652023-06-16T01:21:13ZPENGEMBANGAN LKPD PEMBELAJARAN NOVEL
BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL
UNTUK SISWA KELAS XII SMAPenelitian ini dilakukan berdasarkan masalah, yaitu bagaimana pengembangan
LKPD pembelajaran novel berbasis pendekatan kontekstual untuk SMA dan
kelayakannya. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk Lembar
Kegiatan Peserta Didik (LKPD) pembelajaran novel berbasis pendekatan
kontekstual dan mendeskripsikan kelayakannya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan atau
Research and Development (R & D). Prosedur penelitian dilaksanakan dengan
mengadopsi delapan dari sepuluh langkah dalam prosedur penelitian dan
pengembangan menurut Borg and Gall sehingga didapat produk berupa LKPD.
Penelitian ini dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan penyebaran angket
pada dua sekolah di Provinsi Lampung yang meliputi SMAN 17 Bandar Lampung
dan SMA Tamansiswa Teluk Betung pada tahun pelajaran 2022/2023. Validasi
rancangan produk dilakukan oleh ahli materi, ahli media yang relevan dan
penilaian teman sejawat.
Pengembangan LKPD yang dilakukan menghasilkan sebuah produk LKPD
berbasis kontekstual untuk siswa SMA kelas XII. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa “LKPD apresiasi novel berbasis pendekatan kontekstual dinyatakan layak
digunakan oleh siswa kelas XII SMA. Kelayakan hasil produk, yang dilakukan
oleh ahli, yakni pada ahli materi sebesar 88,2 (sangat layak), ahli media sebesar
90,85 (sangat layak), dan praktisi sebesar 86,4 (sangat layak). Berdasarkan
perhitungan hasil pretesi, posttest, dan N-gain, LKPD pembelajaran novel
berbasis kontekstual dinyatakan memperoleh nilai maksimal di SMA Negeri 17
Bandar Lampung, dan n-gain sebesar 0,7 termasuk dalam kategori tinggi,
sedangkan untuk SMA Taman Siswa memperoleh skor postest (90) dengan nilai
skor rata-rata n-gain 0,6 termasuk dalam kategori sedang.
Kata kunci:, , kontekstual, LKPD, novel, pengembangan
This research was conducted based on the formulation of the problem, namely
how to develop contextual approach-based novel learning worksheets for SMA
and its feasibility. The purpose of this study was to produce Student Activity
Sheets (LKPD) for appreciation of novels based on a contextual approach and
describe their feasibility.
The method used in this research is development or Research and Development
(R & D). The research procedure was carried out by adopting eight of the ten
steps in the research and development procedure according to Borg and Gall so
that operational products in the form of LKPD are obtained. This research was
carried out through observation, interviews, and questionnaire distribution in two
schools in Lampung Province, including SMAN 17 Bandar Lampung and SMA
Tamansiswa Teluk Betung in the 2022/2023 academic year. Product design
validation is carried out by relevant experts and peer assessment.
The results of of research and discussion can be concluded that of research and
discussion can be concluded that "Contextual approach-based novel appreciation
worksheets were declared appropriate is stated tobe used by grade XII high school
students. The feasibility of the trial results, which were carried out by experts,
namely material practitioner 88.2 (very feasible), media practitioner 90.85 (very
feasible), and practitioner 86.4 (very feasible).
Keywords: contextual, LKPD, novel, developmentROHMAH AL FARUQ AFIFATUR 19230410082023-06-16T01:11:25Z2023-06-16T01:11:25Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/72261This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/722612023-06-16T01:11:25ZPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKS DESKRIPSI
DENGAN APLIKASI CANVA UNTUK PESERTA DIDIK SMP KELAS VIITujuan penelitian ini menghasilkan produk pengembangan media pembelajaran
teks deskripsi dengan aplikasi Canva untuk peserta didik kelas VII. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) model
DDD-E dengan 4 tahapan yaitu Decide (menentukan tujuan). Design (mendesain
produk), Develop (pengembangan), Evaluate (evaluasi). Instrumen penilaian yang
digunakan adalah lembar penilaian kelayakan menggunakan skala Likert yang
dibuat dalam bentuk checklist untuk mengetahui kualitas media pembelajaran dan
respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu
kuantitatif dan kualitatif dari hasil validasi ahli materi, ahli media, ahli praktisi,
dan uji coba respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media
pembelajaran dengan aplikasi Canva ini mendapatkan kategori sangat layak.
Kriteria kelayakan meliputi media pembelajaran pada materi, kemenarikan, dan
kegrafikan. Penilaian tersebut berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media,
praktisi guru Bahasa Indonesia, dan 30 siswa kelas dari SMP Quran Darul Fattah
Bandarlampung. Presentase kelayakan produk media pembelajaran oleh siswa
sebesar 82,33%, sedangkan presentase dari uji coba kemenarikan oleh siswa
sebesar 93,16%.
Kata kunci : media pembelajaran, canva, deskripsi
The purpose of this research is to produce a product for the development of
descriptive text learning media with Canva application for grade VII students. The
method used in this research is Research and Development (R&D) DDD-E model
with 4 stages, namely Decide (determine the purpose). Design (designing
products), Develop (development), Evaluate (evaluation). The assessment
instrument used is a feasibility assessment sheet using a Likert scale made in the
form of a checklist to determine the quality of learning media and student
responses. The data analysis techniques used in this study are quantitative and
qualitative from the validation results of material experts, media experts,
practitioner experts, and student response trials. The results showed that the
learning media with the Canva application received a very feasible category. The
eligibility criteria include learning media on material, attractiveness, and graphics.
The assessment is based on the assessment of material experts, media experts,
Indonesian language teacher practitioners, and 30 class students from Quran Darul
Fattah Bandarlampung Junior High School. The percentage of feasibility of
learning media products by students is 82.33%, while the percentage of
attractiveness trials by students is 93.16%.
Keywords: learning media, canva, descriptionWULANDARI ATIKAH 19230410132023-06-15T09:07:01Z2023-06-15T09:07:01Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/72254This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/722542023-06-15T09:07:01ZPENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATERI DRAMA
DENGAN PERANGKAT LUNAK FILMORA UNTUK
PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk video pembelajaran drama
dengan perangkat lunak Filmora, mendeskripsikan kelayakannya, dan
mendeskripsikan efektivitas video pembelajaran drama dengan perangkat lunak
Filmora. Penelitian ini mengadaptasi tujuh dari sepuluh langkah penelitian
pengembangan Borg dan Gall. Instrumen penelitian menggunakan skala likert dan
kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) berhasil dikembangkan video
pembelajaran drama dengan perangkat lunak Filmora di Kelas VIII SMP yang telah
divalidasi. (2) Kelayakan video pembelajaran pada uji coba skala luas meliputi tiga
aspek yaitu aspek kemenarikan, kemudahan penggunaan, dan kemanfaatan
diperoleh nilai kelayakan sebesar 81.40 dengan kriteria “sangat layak”. (3)
Berdasarkan uji coba video pembelajaran drama dengan perangkat lunak Filmora
yang telah dilaksanakan pada Kelas VIII 2 SMPN 1 Ambarawa, VIII 1 MTs
Yasmida Ambarawa, dan VIII 1 SMPN 26 Pesawaran, didapatkan hasil N-Gain
sebesar 0,517. Hasil tersebut menunjukkan bahwa efektivitas produk video
pembelajaran drama dengan perangkat lunak Filmora untuk Kelas VIII SMP dalam
uji ini termasuk ke dalam kategori sedang.
Kata kunci: video pembelajaran, drama, Filmora, efektivitas.
This study aims to produce a drama learning video product with Filmora software,
describe its feasibility, and describe the effectiveness of drama learning video using
Filmora software. This study adapts seven of the ten steps of Borg and Gall's
development research. The research instrument used a Likert scale and a
questionnaire. The results showed that (1) a drama learning video was successfully
developed using the Filmora software in Class VIII of SMP which had been
validated. (2) The feasibility of learning videos on a wide-scale trial includes three
aspects, namely aspects of attractiveness, ease of use, and usefulness, a feasibility
value of 81.40 is obtained with the "very feasible" criteria. (3) Based on the trial of
drama learning videos using Filmora software that was carried out in Class VIII 2
SMPN 1 Ambarawa, VIII 1 MTs Yasmida Ambarawa, and VIII 1 SMPN 26
Pesawaran, the N-Gain result was 0.517. These results indicate that the
effectiveness of the drama learning video product with Filmora software for Class
VIII SMP in this test is in the medium category.
Keywords: learning video, drama, Filmora, effectivenessLestari Ari19230410112023-06-15T07:31:34Z2023-06-15T07:31:34Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/72250This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/722502023-06-15T07:31:34ZPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKS RESENSI
BERBASIS MOODLE PADA SISWA KELAS XI SMA/SMK
Permasalahan penelitian ini berkaitan dengan pengembangan media pembelajaran
teks resensi berbasis Moodle pada kelas XI SMA/SMK tahun ajaran 2022/2023.
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan permasalahan dan mengembangkan
media pembelajaran serta menguji kelayakan produk media pembelajaran di kelas XI
pada pembelajaran teks resensi.
Metode penelitian ini menggunakan metode pengembangan atau Research and
Development (R&D). Metode penelitian ini digunakan untuk menghasilkan produk
tertentu, dan menguji kelayakan produk tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di dua
sekolah yakni SMA Negeri 1 Sendang Agung dan SMK 1 Ma’arif Sendang Agung.
Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan penyebaran angket di
dua sekolah yang menjadi objek penelitian.
Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran teks resensi berbasis Moodle
untuk kelas XI SMA/SMK berhasil dikembangkan dan sudah divalidasi oleh ahli
materi, ahli media, dan praktisi dengan masing-masing presentase 82, 69%, 81,66%,
dan 91,66% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi peserta didik SMK Ma’arif
1 Sendang Agung dan SMAN 1 Sendang Agung menunjukan hasil rerataa presentase
sebesar 85%. Berdasarkan jumlah rerata presentase ke dua sekolah tersebut
menyatakan bahwa media pembelajaran teks resensi berbasis Moodle sangat layak
digunakan saat kegiatan belajar mengajar berlangsung.
Kata Kunci: resensi, media pembelajaran, dan Moodle
The problem of this research is related to the development of Moodle-based review
text learning media for class XI SMA/SMK in the 2022/2023 academic year. This
study aims to reveal problems and develop learning media as well as test the
feasibility of learning media products in class XI on review text learning.
This research method uses the development method or Research and Development
(R&D). This research method is used to produce certain products, and test the
feasibility of these products. This research was conducted in two schools, namely
SMA Negeri 1 Sendang Agung and SMK 1 Ma'arif Sendang Agung. Data collection
techniques were carried out through interviews and distributing questionnaires in the
two schools that were the object of research.
The results showed that Moodle-based review text learning media for class XI
SMA/SMK was successfully developed and validated by material experts, media
experts, and practitioners with respective percentages of 82.69%, 81.66%, and
91.66% with very decent category. The validation results for students at SMK Ma'arif
1 Sendang Agung and SMAN 1 Sendang Agung show an average percentage of 85%.
Based on the average percentage of the two schools, it was stated that the Moodlebased
review text learning media was very suitable for use when teaching and
learning activities took place.
Keywords: reviews, learning media, and Moodle
AFIFAH ANISATUL 19230410072023-06-14T03:27:22Z2023-06-14T03:27:22Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/72104This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/721042023-06-14T03:27:22ZPENGEMBANGAN LKPD MENULIS TEKS ULASAN BERBASIS
PROBLEM BASED LEARNING UNTUK SISWA SMP KELAS VIII
Permasalahan dalam penelitian ini berkaitan dengan pengembangan bahan ajar
(LKPD) menulis teks ulasan dengan model Problem Based Learning. Tujuan
penelitian adalah menghasilkan produk LKPD, mendeskripsikan kelayakan bahan
ajar, dan menguji efektivitas bahan ajar berupa “LKPD Menulis Teks Ulasan
dengan Model Problem Based Learning”.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan yang
mengadaptasi tujuh dari sepuluh langkah dalam prosedur penelitian
pengembangan menurut Borg dan Gall. Teknik pengumpulan data dengan
observasi, wawancara, dan penyebaran angket di dua sekolah, yaitu UPT SMP
Negeri 2 Pagelaran dan MTS Yasmida Ambarawa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) berhasil dikembangkan bahan ajar berupa
“Bahan Ajar (LKPD) Menulis Teks Ulasan Berbasis Problem Based Learning”.
2) kelayakan lembar kerja peserta didik secara keseluruhan dinyatakan “sangat
layak” oleh ahli materi, ahli media, praktisi dengan persentase penilaian 85,16,
89,4, dan 92,4, 3) LKPD ini memperoleh nilai efektivitas (N-gain) sebesar (0,7)
termasuk dalam kategori tinggi dan nilai efektivitas (N-gain) (0,6) termasuk
kategori sedang.
Kata kunci: LKPD, menulis teks ulasan, problem based learning
The problem in this study is related to the development of teaching materials
(LKPD) writing review texts with the Problem Based Learning model. The purpose
of the study is to produce teaching material products, describe the feasibility of
teaching materials, and test the effectiveness of teaching materials in the form of
"LKPD Writing Review Text with a Problem Based Learning Model".
The research uses a research and development design that adapts seven out of ten
steps in the development research procedure according to Borg and Gall. Data
collection techniques by observation, interviews, and questionnaire dissemination
in two schools, namely UPT SMP Negeri 2 Pagelaran and MTS Yasmida
Ambarawa.
The results showed that 1) teaching materials were successfully developed in the
form of "Teaching Materials (LKPD) Writing Problem-Based Learning Based
Review Texts". 2) the feasibility of the students' worksheets as a whole was declared
"very feasible" by material experts, media experts, practitioners with an assessment
percentage of 85.16, 89.4, and 92.4, 3) this LKPD obtained an effectiveness value
(N-gain) of (0.7) included in the high category, the effectiveness value (N-gain)
(0.6) included in the medium category.
Keywords: LKPD, writing review text, problem based learning
Mayasari Ayu19230410142023-06-13T05:14:27Z2023-06-13T05:14:27Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71999This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/719992023-06-13T05:14:27ZPENGEMBANGAN LKPD MENULIS TEKS EKSPOSISI BERBASIS MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK SISWA KELAS X SMAPenelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan produk
pengembangkan LKPD menulis teks eksposisi berbasis model discovery learning,
mendeskripsikan kelayakan LKPD tersebut, dan menguji efektifitas LKPD
tersebut terhadap siswa SMA kelas X. Metode dalam penelitian ini menggunakan
metode research and development (R&D) milik Borg dan Gall. Subjek pada
penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 5 Bandarlampung. Penelitian
ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara melakukan dokumentasi,
observasi, wawancara, dan angket di SMA Negeri 5 Bandarlampung. Data yang
diperoleh dalam penilitian ini selanjutnya dianalisis menggunakan teknik
deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini terlihat bahwa LKPD Menulis Teks Eksposisi Berbasis Model
Discovery Learning telah berhasil dikembangkan menjadi produk yang
dibutuhkan oleh siswa. Ahli materi, ahli media, dan praktisi menyatakan bahwa
lembar kerja peserta didik tersebut dinyatakan layak untuk digunakan oleh siswa
dengan presentasi penilaian 93, 80, dan 93. Lembar kegiatan peserta didik dinilai
efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi pada masingmasing siswa di SMA Negeri 5 Bandarlampung dengan nilai N-gain sebesar
(0,48), (0,44), dan (0,54) termasuk dalam kategori efektif untuk digunakan.
Kata kunci: lembar kerja peserta didik, teks eksposisi, discovery learning.
This research was conducted with the aim of producing product development
worksheets, writing exposition texts based on the discovery learning model,
describing the feasibility of the worksheets, and testing the effectiveness of these
worksheets on high school students in class X. The method in this study used
Borg and Gall's research and development (R&D) method. . The subjects in this
study were class X students at SMA Negeri 5 Bandarlampung. This study used
data collection techniques by means of documentation, observation, interviews,
and questionnaires at SMA Negeri 5 Bandarlampung. The data obtained in this
research was then analyzed using a qualitative descriptive technique.
The results of this study show that the LKPD Writing Exposition Text Based on
the Discovery Learning Model has been successfully developed into products
needed by students. Material experts, media experts, and practitioners stated that
the student worksheets were stated to be suitable for use by students with 93, 80,
and 93 assessment presentations. Student activity sheets are considered effective
for improving the ability to write exposition texts for each student at SMA Negeri
5 Bandarlampung with N-gain values of (0.48), (0.44), and (0.54) included in the
effective category to use.
Keywords: student worksheets, exposition text, discovery learningTRI ASTUTI WIDYA 19230410042023-06-13T03:45:01Z2023-06-13T03:45:01Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/72032This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/720322023-06-13T03:45:01ZPEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII MTS SELAMA MASA PANDEMI DAN PASCAPANDEMI SERTA REKOMENDASI PADA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN LAMPUNG SELATANTujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII MTs selama masa pandemi covid-19 dan pascapandemi covid-19 serta rekomendasikan kepada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Prosedur yang dilakukan dalam penelitian ini adalah (1) wawancara (2) penyebaran angket, dan (3) observasi. Sumber data pada uji coba lapangan dilakukan di sepuluh sekolah, yakni MTs Mathlaul Anwar Sidomulyo, MTs Al-Khairiyah Natar, MTs El Nur El Kasysyaf Sukatani Kalianda, MTs Ma'arif Bumirestu Palas, MTs Kusuma Sragi, MTs As Salam Tanjungsari, MTs Wathoniyah Islamiyah Candipuro, MTs Darul Kamal Ruguk Ketapang, MTs Negeri Way Panji, dan MTs Negeri 2 Palas. Teknik analisis data dilakukan dengan cara menggabungkan data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif dikonversi ke data kualitatif untuk mendapatkan deskripsi data dan simpulan. Hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran Bahasa lndonesia kelas VII MTs di Kabupaten Lampung Selatan pada masa pandemi berjalan dengan baik sedangkan pembelajaran pascapandemi berjalan dengan sangat baik. Pada pandemi covid-19 diperoleh persentase tahap persiapan pembelajaran di masa pandemi covid-19 sebesar 76% (baik), sedangkan pada pascapandemi covid-19 sebesar 81% (sangat baik). Tahap pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi covid-19 sebesar 71% (baik), sedangkan pada pascapandemi covid-19 sebesar 89% (sangat baik). Tahap akhir pembelajaran di masa pandemi covid-19 sebesar 73% (baik), sedangkan pada pascapandemi covid-19 sebesar 77% (baik). Tahap hasil penilaian pembelajaran di masa pandemi covid-19 sebesar 73% (baik), sedangkan pada pascapandemi covid-19 sebesar 76% ( baik), serta rekomendasi kepada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lampung Selatan.HERIYANTO YUDI 19230410062023-06-07T08:36:53Z2023-06-07T08:36:53Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71741This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/717412023-06-07T08:36:53ZJEJAK KOLONIALISME DALAM NOVEL HELEN DAN SUKANTA
KARYA PIDI BAIQ SERTA KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR
SASTRA DI SMA KELAS XIPenelitian ini membahas tentang jejak kolonialisme yang terdapat dalam novel
Helen dan Sukanta Karya Pidi Baiq serta kelayakan hasil penelitian tersebut
sebagai bahan ajar sastra di SMA kelas XI. Jejak kolonialisme yang menjadi focus
penelitian ini meliputi mimikri, hibriditas, dan ambivalensi.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kulitatif dengan pemanfaatan
pendekatan poskolonial. Data penelitian ini berupa kata, frasa, dan kalimat dalam
novel Helen dan Sukanta karya Pidi Baiq yang mengandung anasir hibriditas,
mimikri, dan ambivalensi. Data tersebut diperoleh dari sumber data yaitu novel
Helen dan Sukanta karya Pidi Baiq. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan
teknik pengumpulan data berupa studi dokumen atau pustaka. Data yang telah
diproleh kemudian di analisis dengan teknik analisis data interaktif yang meliputi
kegiatan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat aspek mimikri, hibriditas, dan
ambivalensi. Mimikri ditemukan antara lain pada tokoh Sukanta atau Ukan dan
beberapa tokoh anak-anak pribumi. Tokoh-tokoh tersebut melakukan mimikri
bahasa dengan menggunakan bahasa Belanda dalam komunikasi sehari-hari.
Aspek hibriditas ditemukan terjadi pada tokoh-tokoh pribumi. Hibriditas dialami
tokoh-tokoh tersebut terjadi pada hal warna kulit, pekerjaan, dan pergaulan.
Aspek ambivalensi dalam novel dialami oleh tokoh Ukan. Meskipun Ukan
terbiasa bergaul dan berkomunikasi dengan bahasa Belanda, Ukan tetap ditolak
oleh orang-orang Belanda dan tidak bisa setara dengan mereka. Penolakan
semacam itu antara lain dilakukan oleh tokoh Jozef dan Bijkman. Hasil penelitian
terhadap mimikri, hibriditas, dan ambivalensi dalam novel Helen dan Sukanta
layak untuk dijadikan sebagai bahan ajar sastra di SMA. Bahan ajar yang
merupakan hasil penelitian ini bisa mendorong siswa untuk berpikir kritis, kreatif,
dan inovatif. Selain itu, bahan ajar ini bisa sebagai medium penanaman karakter.
Kata kunci: ambivalensi, bahan ajar, hibriditas, mimikri, poskolonialTRIE UTAMI PUSPITA 19230410122023-04-11T08:00:07Z2023-04-11T08:00:07Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70539This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/705392023-04-11T08:00:07ZPENGEMBANGAN LKPD TEKS ARTIKEL BIDANG AGRONOMI
BERBASIS GENRE PROSES UNTUK PESERTA DIDIK KELAS XII SMK ABSTRAK
Keterbatasan LKPD yang digunakan guru menyebabkan kebutuhan peserta didik
terhadap LKPD yang menarik dan sesuai program keahlian, karena selama ini guru
menggunakan LKPD dengan tema sederhana dan tidak sesuai dengan program
keahlian. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk
menghasilkan produk, menguji kelayakan, dan menguji efektivitas produk Teks
Artikel Bidang Agronomi Berbasis Genre Proses untuk Peserta Didik Kelas XII
SMK.
Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan mengadopsi
tujuh dari sepuluh langkah penelitian pengembangan Borg dan Gall. Hasil penelitian
bahwa (1) produk LKPD teks artikel bidang agronomi yang dihasilkan dengan desain
struktur fisik sebagai berikut: a) halaman sampul, b) identitas LKPD, c) kata
pengantar, d) daftar isi, e) petunjuk penggunaan LKPD, f) sistematika LKPD (KI, KD, IPK, dan tujuan pembelajaran),g) peta konsep, h) kegiatan I mengenal teks
artikel (pengertian, struktur, dan unsur kebahasaan), i) kegiatan II menulis artikel
menggunakan pendekatan genre proses, j) evaluasi, dan k) daftar Pustaka, (2) LKPD
teks artikel bidang agronomi berbasis genre proses yang dikembangkan dinyatakan
sangat layak oleh ahli materi, ahli pembelajaran, ahli media, dan praktisi dengan
persentase penilaian 91,4%, 94,4%, 91,7%, dan 94,4% dan (3) produk LKPD efektif
digunakan di dalam proses pembelajaran teks artikel untuk peserta didik kelas XII
SMK dengan nilai N-gain sebesar (0,44) dan (0,45) termasuk dalam kategori sedang.
Kata kunci: lembar kerja peserta didik, teks artikel, genre proses. ABSTRACT
DEVELOPMENT OF ARTICLE TEXT LKPD IN AGRONOMICS BASED ON
PROCESS GENRE FOR CLASS XII
STUDENTS OF VOCATIONAL SCHOOL
Student worksheet (LKPD) that related to specific competence goal and has
attractive features is rarely used by the educator. Existed student worksheet that used
by the teacher is too simple and unrelated into required topic which needed to
achieve learning objectives. Based on these problems, this study aims to produce
products, describe the feasibility and test the effectiveness of the product Text
Articles in the Field of Process Genre-Based Agronomy for Class XII Students of
Vocational Schools.
This study uses the Research and Development method by adopting seven of the ten
steps of Borg and Gall's development research. The results of the study showed that
(1) the text of the agronomy article LKPD product was produced with the following
physical structure design: a) cover page, b) LKPD identity, c) preface, d) table of
contents, e) instructions for using LKPD, f) systematics LKPD (KI, KD, GPA, and
learning objectives), g) concept map, h) activity I get to know the text of the article (definition, structure, and linguistic elements), i) activity II write an article using the
process genre approach, j) evaluation, and k) bibliography, (2) LKPD of agronomy
text articles based on the process genre that was developed was declared very
feasible by material experts, learning experts, media experts, and practitioners with
a percentage of 91,4%, 94,4%, 91,7% and 95%, and (3) LKPD products are effective
to be used in the learning process of article texts with N-gain values of (0.44) and
(0.45) included in the medium category.
Keywords: student worksheets, article text, process genre. SERLY SERLY 21230410052023-04-06T06:59:45Z2023-04-06T06:59:45Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/70435This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/704352023-04-06T06:59:45ZPOLA ALIH TUTUR DALAM INTERAKSI KELAS
BAHASA INDONESIA DAN PENGEMBANGAN SEBAGAI
BAHAN AJAR ELEKTRONIK BERBASIS BOOK CREATOR DI SMPPermasalahan dalam penelitian ini adalah pola alih tutur dalam interaksi kelas
Bahasa Indonesia SMP Negeri 3 Kalianda. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan pola alih tutur dalam interaksi kelas Bahasa Indonesia SMP
Negeri 3 Kalianda. Hasil penelitian ini ditindaklanjuti dengan cara
mengembangkan pola alih tutur dalam interaksi kelas Bahasa Indonesia sebagai
bahan ajar penunjang (suplemen) berbasis book creator kelas IX SMP.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan
pola alih tutur dalam interaksi kelas Bahasa Indonesia SMP Negeri 3 Kalianda.
Metode yang digunakan dalam mengembangkan bahan ajar penunjang (suplemen)
berbasis book creator ialah Research and Development (R&D) Borg & Gall. Data
penelitian ini berupa percakapan dalam interaksi kelas Bahasa Indonesia SMP
Negeri 3 Kalianda yang berkaitan dengan cara peralihan tutur saat berkomunikasi,
yaitu memperoleh, mencuri, merebut, mengganti, menciptakan, dan melanjutkan.
Sumber data penelitian ini adalah tuturan pendidik dan peserta didik dalam
interaksi kelas Bahasa Indonesia SMP Negeri 3 Kalianda. Penelitian ini
menggunakan empat teknik pengumpulan data antara lain (1) simak libat cakap;
(2) simak bebas libat cakap; (3) teknik rekam; dan (4) teknik catat. Teknik analisis
data penelitian ini menggunakan teknik analisis data cara-tujuan (means-ends).
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peralihan tutur antara pendidik dan
peserta didik dalam interaksi kelas Bahasa Indonesia dengan cara memperoleh,
mencuri, merebut, mengganti, menciptakan, dan melanjutkan. Cara mengambil
alih giliran bertutur yang paling banyak ditemukan ialah cara memperoleh karena
paling umum digunakan saat peristiwa tutur terjadi antara penutur dan mitra tutur. Cara mengambil alih giliran bertutur yang paling sedikit
ditemukan ialah cara mengganti dan menciptakan. Jumlah kedua cara mengambil
alih giliran bertutur tersebut sama. Kedua cara tersebut paling sedikit ditemukan
karena pendidik dan peserta didik kurang berinisiatif untuk mengambil alih giliran
bertutur saat interaksi kelas berlangsung. Hasil penelitian yang telah dilakukan
peneliti kembangkan dalam bentuk bahan ajar penunjang (suplemen) berbasis
book creator pada materi diskusi kelas IX SMP.
Kata kunci: pola alih tutur, interaksi kelas, diskusi, bahan ajar, book creatorMAHYU MOULIA 21230410072023-02-08T07:48:14Z2023-02-08T07:48:14Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68969This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/689692023-02-08T07:48:14ZPENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI
DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING
PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP AL KAUTSAR
BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2021/2022 Rendahnya pembelajaran menulis teks eksplanasi pada peserta didik Kelas VIII H
SMP Al Kautsar Bandar Lampung Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran peserta didik kelas VIII H
SMP Al Kautsar Bandar Lampung Tahun Ajaran 2021/2022 dalam menulis teks
eksplanasi melalui penerapan model pembelajaran discovery learning.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang
dilakukan dalam dua siklus. Tempat penelitian di SMP Al Kautsar Bandar
Lampung. Siklus I, dan siklus II melalui penerapan model pembelajaran discovery
learning. Siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) rencana pembelajaran melalui
penerapan model pembelajaran discovery learning pada peserta didik kelas VIII H
SMP Al Kautsar Bandar Lampung. Perencanaan pembelajaran pada kondisi awal
adalah 61,57 dalam kategori cukup, siklus I 81,48 dalam kategori baik, siklus II
94,91 dalam kategori sangat baik; (2) pelaksanaan pembelajaran pada kondisi awal
74,64 dalam kategori baik, siklus I 90,79 dalam kategori baik, siklus II 96,38 dalam
kategori sangat baik; (3) rata-rata peningkatan kualitas pembelajaran menulis teks
eksplanasi peserta didik kelas VIII. H SMP Al Kautsar Bandar Lampung pada
kondisi awal adalah 73,59 dalam kategori baik, siklus I 81,56 dalam kategori baik
siklus II 90,47 dalam kategori baik. (4) kegiatan pembelajaran secara keseluruhan,
baik dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian
pembelajaran dari mulai kondisi awal, siklus I, dan siklus II mengalami
peningkatan.
Kata Kunci: Teks Eksplanasi, Discovery Learning, Siklus.
The low level of learning to write explanatory texts for Class VIII H students at
SMP Al Kautsar Bandar Lampung for the Academic Year 2021/2022. This study
aims to improve the quality of learning for class VIII H students of SMP Al Kautsar
Bandar Lampung for the 2021/2022 Academic Year in writing explanatory texts
through the application of the discovery learning model.
The type of research used is classroom action research (PTK) conducted in two
cycles. Place of research at SMP Al Kautsar Bandar Lampung. Cycle I, and cycle
II through the application of discovery learning learning models. cycle consists of
planning, implementation, observation and reflection.
The results of this study indicate that (1) the learning plan through the application
of the discovery learning learning model to students in class VIII H SMP Al Kautsar
Bandar Lampung. Learning planning in the initial conditions was 61.57 in the
adequate category, the first cycle was 81.48 in the good category, the second cycle
was 94.91 in the very good category; (2) implementation of learning in the initial
conditions 74.64 in the good category, the first cycle 90.79 in the good category,
the second cycle 96.38 in the very good category; (3) the average increase in the
quality of learning to write explanatory texts for class VIII students. H SMP Al
Kautsar Bandar Lampung in the initial conditions was 73.59 in the good category,
the first cycle was 81.56 in the good category the second cycle was 90.47 in the
good category. (4) learning activities as a whole, both from lesson planning,
learning implementation, and learning assessment starting from the initial
conditions, cycle I, and cycle II have increased.
Keywords: Explanatory Text, Discovery Learning, Cycle. Suri Lela 19230410102023-02-08T01:35:05Z2023-02-08T01:35:05Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68906This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/689062023-02-08T01:35:05ZPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKS BIOGRAFI
MENGGUNAKAN APLIKASI PREZI UNTUK SISWA SMA KELAS X
The problem of this research is related to the development of biographical learning media
using the Prezi application for class X high school students. This study aims to reveal
problems and develop learning media, describe the attractiveness of learning media, and
test the effectiveness of media products in class X in learning biographical texts.
The research method uses the DDD-E model, namely Decide (setting goals), Design
(designing products), Delevop (development), Evaluate (evaluating). The research was
conducted at SMAN 5 Bandalampung, SMAN 17 Bandarlampung, and SMA Taman
Siswa Telukbetung. The technique of collecting data is by interviewing and distributing
questionnaires in three schools.
The results showed that (1) the biographical learning media was successfully developed
using the Prezi application for class X SMA students; (2) the overall attractiveness of
learning media products was stated to be very attractive by students in three schools with
each rating percentage of 82.16%, 80%, 85.5%; (3) the learning media is effective enough
to be used in the biographical learning process in each school with an N-gain value of
(0.42), (0.31), (0.46) included in the medium category.
Keywords: learning media, prezi, biography
Permasalahan penelitian ini berkaitan dengan pengembangan media pembelajaran teks
biografi menggunakan aplikasi prezi untuk siswa kelas X SMA. Penelitian ini bertujuan
untuk mengungkapkan permasalahan dan mengembangkan media pembelajaran,
mendeskripsikan kemenarikan media pembelajaran, dan menguji efektivitas produk
media di kelas X pada pembelajaran teks biografi.
Metode penelitian mengunakan model DDD-E, yaitu Decide (menentukan tujuan),
Design (mendesain produk), Delevop (pengembangan), Evaluate (evaluasi). Penelitian
dilakukan di SMAN 5 Bandarlampung, SMAN 17 Bandarlampung, dan SMA Taman
Siswa Telukbetung. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan penyebaran angket
di tiga sekolah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) berhasil dikembangkan media pembelajaran teks
biografi menggunakan aplikasi prezi untuk siswa kelas X SMA; (2) kemenarikan produk
media pembelajaran keseluruhan dinyatakan sangat menarik oleh siswa pada tiga sekolah
dengan masing-masing persentase penilaian 82,16%, 80%, 85,5%; (3) media
pembelajaran cukup efektif untuk digunakan di dalam proses pembelajaran teks biografi
pada masing-masing sekolah dengan nilai N-gain sebesar (0,42), (0,31), (0,46) termasuk
dalam kategori sedang.
Kata kunci: media pembelajaran, prezi, teks biografi ADILLA .AR RIDHA 19230410052023-02-07T07:09:37Z2023-02-07T07:09:37Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68883This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/688832023-02-07T07:09:37ZPENGEMBANGAN MODUL MENULIS TEKS ANEKDOT
UNTUK SMA KELAS X DENGAN MENGGUNAKAN
MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNINGMasalah dalam penelitian ini adalah pengembangan modul menulis teks anekdot
untuk SMA kelas X dengan menggunakan model pembelajaran discovery
learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan modul
menulis teks anekdot untuk SMA kelas X dengan menggunakan model
pembelajaran discovery learning.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development
(RND). Metode ini diadopsi dari teori Borg and Gall yang memiliki sepuluh
langkah. Akan tetapi, penelitian ini memodifikasi metode tersebut menjadi lima
langkah, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi
desain, revisi desain dan produk, sedangkan untuk mengetahui kelayakan produk
dalam penelitian ini dilakukan, yaitu kelayakan uji ahli dan praktisi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul menulis teks ankedot ini sangat
baik untuk dapat digunakan. Kelayakan produk dalam penilaian kategori sangat
layak. Hal ini dapat dilihat dari penilaian dosen ahli terhadap modul didapatkan
skor rata-rata 3,71 kategori sangat layak untuk digunakan sebagai materi ajar
berbasis discovery learning dengan persentase 92,85%. Hasil validasi praktisi
terhadap modul ini didapatkan skor rata-rata 3,5 kategori sangat layak untuk
digunakan sebagai materi ajar berbasis discovery learning dengan persentase
87,5%.
Kata kunci : pengembangan, modul, anekdot, discovery learningARLIDA SYAVIA 17530410042023-01-27T01:39:03Z2023-01-27T01:39:03Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68519This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/685192023-01-27T01:39:03ZALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM NOVEL DILAN 1991
KARYA PIDI BAIQ DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN
BAHASA INDONESIA DI SMAPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan faktor penyebab alih
kode dan campur kode yang terdapat dalam dialog novel Dilan 1991 karya Pidi
Baiq serta mengimplikasikan hasil penelitian pada pembelajaran bahasa Indonesia
di SMA.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber
data penelitian ini adalah novel Dilan 1991 karya Pidi Baiq. Teknik pengumpulan
data yang digunakan adalah teknik dokumentasi berupa baca, catat, dan
mengklasifikasikan data. Kemudian teknik analisis data yang digunakan adalah
teknik analisis dokumen. Kajian alih kode dan campur kode dalam penelitian ini
meliputi bentuk dan faktor penyebab.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam novel Dilan 1991 terdapat bentuk alih
kode dan campur kode serta faktor penyebabnya. Bentuk alih kode terdiri atas
intern dan alih kode ekstern. Bentuk alih kode yang ditemukan pada peristiwa
tutur dalam novel Dilan 1991 sebanyak 5 data yang meliputi alih kode intern 4
data berupa peralihan bahasa dari bahasa Indonesia ke dalam bahasa sunda dan
juga alih kode ekstern 1 data berupa peralihan bahasa dari bahasa Indonesia ke
dalam bahasa Inggris. Faktor penyebabnya adalah penutur. Selanjutnya, bentuk
campur kode yang ditemukan dalam penelitian ini sebanyak 39 data berupa
campur kode berbentuk kata, frasa, baster, dan ungkapan atau Idiom. Data
tersebut meliputi campur kode berbentuk kata berjumlah 32 data, berbentuk frasa
berjumlah 1 data, berbentuk baster berjumlah 5 data, dan yang berbentuk
ungkapan atau idiom berjumlah 1 data. Faktor penyebabnya adalah latar belakang
sikap penutur dan kebahasaan. Hasil penelitian ini dapat diimplikasikan pada
materi pembelajaran materi novel kelas XII SMA semester genap.
Kata kunci: Alih kode, campur kode, novel Dilan 1991 RIZKI ILLAHI DAVITO18130410572023-01-26T03:59:16Z2023-01-26T03:59:16Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68489This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/684892023-01-26T03:59:16ZPENGEMBANGAN E-MODUL MATERI TEKS PROSEDUR BERBASIS
MOODLE PADA SISWA SMP/MTS KELAS VII TAHUN AJARAN
2021/2022Peserta didik membutuhkan bahan ajar pelengkap untuk menambah sumber
belajar, meningkatkan keaktifan dan kemandirian dalam belajar, dan
meningkatkan penguasaan terhadap materi pembelajaran teks prosedur. Berdasar
pada hal itu, Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk bahan ajar, dan
menguji keefektivan produk bahan ajar di kelas VII materi teks prosedur.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development
(R&D). Prosedur penelitian mengacu pada prosedur pengembangan Sugiyono
yang dilakukan dari tahap 1 hingga tahap akhir. Penelitian ini dilakukan di SMP
Negeri 2 Belitang Jaya, dan di MTs Istiqlal Sidomulyo. Teknik pengumpulan data
dengan wawancara dan penyebaran angket di dua sekolah kelas VII yang menjadi
objek penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) bahan ajar e-modul materi teks prosedur
berbasis moodle pada siswa SMP/MTS kelas VII berhasil dikembangkan dan
sudah divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi; (2) bahan ajar e-modul
materi teks prosedur berbasis moodle pada siswa SMP/MTS kelas VII yang
dikembangkan dinyatakan sangat layak oleh ahli materi, ahli media, dan praktisi.
Hasil validasi ahli materi diperoleh rerata persentase 75% dengan kategori layak
digunakan. Hasil validasi ahli media diperoleh rerata persentase 91,97% dengan
kategori sangat layak digunakan. Hasil uji coba skala terbatas diperoleh rerata
persentase 86,51% dengan kategori sangat menarik digunakan. Hasil uji coba
guru/teman sejawat diperoleh rerata persentase 88,39% dengan kategori sangat
layak digunakan. Hasil uji coba skala luas diperoleh rerata persentase 88,39%
dengan kategori sangat menarik digunakan; (3) berdasar pada perbandingan
pretest, posttest, dan N-gain dari penggunaan bahan ajar e-modul materi teks
prosedur berbasis moodle yang dikembangkan mendapatkan nilai sebesar (0,57)
dan (0,60) termasuk dalam kategori sedang sehingga cukup efektiv digunakan
dalam pembelajaran.
Kata kunci: e-modul, teks prosedur, dan moodle.NURJANA KIKI 2023041010