Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T07:43:03ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2018-10-17T08:11:26Z2018-10-17T08:11:26Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/33781This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/337812018-10-17T08:11:26ZANALISIS PENGARUH PENERAPAN
PSAK 50 (REVISI 2010) DAN PSAK 55 (REVISI 2011) TERHADAP MANAJEMEN
LABA PADA
BANK PEMBANGUNAN DAERAH DI SELURUH INDONESIA
ANALYSIS OF IMPLEMENTATION INFLUENCE
PSAK 50 (REVISED 2010) AND PSAK 55 (REVISED 2011) ON EARNINGS
MANAGEMENT IN
REGIONAL DEVELOPMENT BANKS AROUND INDONESIATujuan penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris, apakah terdapat pengaruh
penerapan PSAK 50 (Revisi 2010) dan PSAK 55 (Revisi 2011) terhadap manajemen laba
pada Bank Pembangunan Daerah yang ada di Indonesia 2009-2015. PSAK (Pernyataan
Standar Akuntansi Keuangan) merupakan standar akuntansi keuangan yang digunakan di
Indonesia untuk menyusun laporan keuangan perusahaan. PSAK merupakan konvergensi
dengan International Financial Reporting Standart atau IFRS, yang berlaku efektif per 1
januari 2012. PSAK 55 secara mendasar mengubah metode pengukuran dan pengakuan,
salah satu perubahan adalah pengakuan aset keuangan, PSAK 55 membagi aset keuangan
menjadi empat klasifikasi yaitu; aset keuangan yang ditetapkan untuk di ukur pada nilai
wajar melalui laporan laba rugi, investasi dimiliki hingga jatuh tempo, pinjaman yang di
berikan atau piutang, serta aset tersedia untuk di jual, salah satu klasifikasi aset keuangan
adalah pinjaman yang di berikan atau piutang.
BPD atau Bank Pembangunan Daerah merupakan Bank Umum yang juga diwajibkan
berpedoman pada PSAK 50 (revisi 2010) dan 55 (revisi 2011), yang ketentuannya secara
terperinci diatur pada PAPI (Pedoman Akuntansi Perbankan Indonesia) yang terbit pada
tahun 2008, dimana terdapat beberapa perubahan yang signifikan dengan pemberlakuan
PSAK dimaksud, yang meliputi : Pemberlakuan bunga pinjaman dengan sistem bunga
efektif, pengakuan pendapatan bunga secara akrual basic dan penerapan perhitungan
cadangan kerugian penurunan nilai (CKPN).
Penelitian ini terdiri dari variabel manajemen laba sebagai variabel dependent, IFRS sebagai
variabel independent dan variabel control yang terdiri dari ukuran perusahaan dan leverage.
Manajemen laba dihitung menggunakan model estimasi Fixed Effect yang telah diuji
menggunakan uji Chow dan uji Hausman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, penerapan PSAK 50 dan 55 tidak memiliki
pengaruh yang signifikan terhadap manajemen laba, dan kedua, leverage perusahaan
memiliki pengaruh yang positif signifikan terhadap manajemen laba sedangkan ukuran
perusahaan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap manajemen laba.
Kata Kunci : PSAK 50 (revisi 2010), PSAK 55 (revisi 2011), Manajemen Laba, CKPN,
Akrual, BPD
The purpose of this study was to test empirically whether there were Analysis of
implementation influence PSAK 50 (Revised 2010) and PSAK 55 (Revised 2011) on Earning
Management in the Regional Development Banks in Indonesia 2009-2015. PSAK (Statement
of Financial Accounting Standards) is a financial accounting standard used in Indonesia to
compile a company's financial statements. PSAK is a convergence with International
Financial Reporting Standard or IFRS, which is effective as of January 1, 2012. PSAK 55
basically changes the measurement and recognition method, one of the changes is the
recognition of financial assets, PSAK 55 divides financial assets into four classifications
namely; Financial assets that are set to be measured at fair value through profit and loss,
investments held to maturity, loans provided or receivables, and assets available for sale, one
of the classifications of financial assets is loans provided or receivables.
BPD or Regional Development Bank is a Commercial Bank that is also required to be guided
by PSAK 50 (revised 2010) and 55 (revised 2011), whose provisions are detailed in PAPI
(Indonesian Banking Accounting Guidelines) published in 2008, where there are several
changes Significant with the application of the intended PSAK, which includes: Enforcement
of interest rates with effective interest system, accrual basis recognition of interest income
and application of allowance for impairment losses (CKPN).
This study consisted of earnings management variables as dependent variables, IFRS as
independent variables and control variables consisting of firm size and leverage. Earnings
management is calculated using the Fixed Effect estimation model that has been tested using
the Chow test and Hausman test.
The results showed that, first, the application of PSAK 50 and 55 did not have a significant
effect on earnings management, and second, the leverage of the company had a significant
positive effect on earnings management while the size of the company did not have a
significant influence on earnings management.
Keywords: PSAK 50 (revised 2010), PSAK 55 (revised 2011), earnings management,
CKPN, Accrual, BPD1521031020 INDRA MERVIANAindramerviana2018-07-30T02:46:11Z2018-07-30T02:52:28Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32348This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/323482018-07-30T02:46:11ZSTRATEGI PEMBANGUNAN DAERAH TERTINGGAL
DI KABUPATEN LAMPUNG BARATTesis ini berfokus pada pemilihan strategi terbaik bagi Kabupaten Lampung Barat
dalam melakukan pengembangan daerahnya, dengan menggunakan pendekatan
analisis SWOT dan AHP. Penelitian ini menggunakan 2 instrumen kuisioner, yaitu
kuisioner SWOT dan kuisioner AHP. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan
bahwa strategi pembangunan yang harus diprioritaskan adalah pembangunan
infrastruktur untuk mendukung pengembangan kawasan sentra komoditas
unggulan.
Kata kunci: Strategi kebijakan, Pembangunan Daerah Tertinggal, SWOT, AHP.
ABSTRACT
This thesis focuses on selecting the best strategy for West Lampung district in
developing its area, by using SWOT and AHP analysis approach. This study uses
two questionnaire instruments, namely SWOT questionnaire and AHP
questionnaire. The result of this research concludes that the development target
that must be prioritized is to build the supporting infrastructure of agriculture to
develop the leading commodity center area.
Keywords: Policy strategy, disadvantaged regions development, SWOT, AHP. 1621021008 ANNISA ALIFA RAMADHANannisaalifaramadhani@gmail.com2018-07-10T04:00:24Z2018-07-10T04:00:24Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32070This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/320702018-07-10T04:00:24ZANALISIS KETIMPANGAN PEMBANGUNAN EKONOMI DI ROVINSI LAMPUNG TAHUN 2008-2013Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi ketimpangan Ekonomi Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung. Variabel yang digunakan meliputi pertumbuhan PDRB perkapita, tingkat pengangguran terbuka dan pertumbuhan penduduk miskin. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi pola pertumbuhan ekonomi menurut tipologi Klassen dan mengetahui tingkat ketimpangan pembangunan ekonomi antara kabupaten / kota di Provinsi Lampung. Metode analisis yang digunakan meliputi Analisis Tipologi Klassen, Indeks Williamson dan Analisis Komponen Utama,. Hasil penelitian menunjukkan nilai koefisien determinasi (R2) 0,590, hasil ini juga menunjukkan bahwa pertumbuhan PDRB perkapita (X1), tingkat pengangguran terbuka (X2), dan pertumbuhan penduduk miskin (X3) berpengaruh positif terhadap ketimpangan Daerah di Provinsi Lampung.
Kata kunci: Ketimpangan Pembangunan, Pendapatan perkapita, Tingkat Pengangguran Terbuka, Pertumbuhan Penduduk Miskin.
ABSTRACT
It studied aims to determine the factors that affect the Economic Inequality District / City in Lampung Province. The Variables include growth of GDP per capita, poverty rate and poor population growth. This study also aims to identify patterns of economic growth based on Klassen typology and how to measure the imbalance of economic development between regencies / cities in Lampung Province. The analysis process used is Klassen Typology Analysis, Williamson Index and Main Analysis. The results show the determination coefficient value (R2) 0,590, this result also shows that growth of PDRB per capita (X1), open poverty level (X2), and poor population growth (X3), positive to imbalance of Region in Lampung Province
Keywords: Developmental Inequality, Per Capita Income, Open Unemployment Rate, Poor Growth
1421021008 YOGA ARAD ATMAJAyoga.aradatmaja@gmail.com2018-07-03T07:52:31Z2018-07-03T07:52:31Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32040This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/320402018-07-03T07:52:31ZANALISIS PENGARUH KREDIT USAHA RAKYAT TERHADAP NILAI PRODUKSI USAHA MIKRO KECIL DI KOTA METROSalah satu sektor yang memberikan kontribusi terhadap perekonomian di Kota Metro adalah industri pengolahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh KUR, lokasi usaha, dan lama usaha terhadap nilai produksi usaha mikro kecil. Sehingga dapat dijadikan bahan pertimbangan PT. BRI (persero) maupun pemerintah daerah dalam mengambil suatu kebijakan dalam meningkatkan perkembangan usaha mikro kecil.
Objek penelitian ini adalah seluruh nasabah yang menerima KUR di PT. BRI (Persero) Tbk. Kantor Cabang Metro. Lokasi penelitian adalah di Kota Metro. Alat analisis yang digunakan adalah metode analisis regresi linier berganda dengan variabel dummy untuk mengetahui pengaruh antara variabel KUR, lokasi usaha, lama usaha.
Berdasarkan hasil perhitungan secara statistik KUR, lokasi usaha dan lama usaha berpengaruh secara signifikan terhadap nilai produksi usaha mikro kecil Industri Pengolahan. Besarnya pengaruh variabel KUR, lokasi usaha dan lama usaha berdasarkan hasil perhitungan didapat nilai R2 sebesar 0,979. Hal ini menunjukkan variabel KUR, Lokasi usaha dan Lama usaha dalam menjelaskan variasi nilai produksi sebesar 97,9%, sisanya 2,1% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti di luar model penelitian.
Kata Kunci : KUR (Kredit Usaha Rakyat), Lokasi Usaha, Lama Usaha, Nilai Produksi, UMK (Usaha Mikro Kecil), Industri Pengolahan
ABSTRACT
One sector that contributes to the economy in Metro City is the processing industry. This study aims to determine the effect of KUR, business location, and length of effort to the value of small micro business production. So that can be taken into consideration PT. BRI (Persero) and local government in taking a policy in improving the development of small micro business.
The object of this research is all customers receive KUR at PT. BRI (Persero) Tbk. Branch Office Metro. The research location is in Metro City. Analyzer used is multiple linier regression analysis method with dummy variable to know influence between KUR variable, business location, business length.
Based on the calculation statistically KUR, business location and business duration significantly influence the value of production of small micro business Processing Industry. The amount of KUR variable influence, business location and business duration based on the calculation results obtained R2 value of 0.979. This shows the KUR variable, business location and business length in explaining the variation of production value of 97.9%, the remaining 2.1% is influenced by other variables that are not examined outside the research model.
Keywords: KUR (People's Business Credit), Business Location, duration Business, Production Value, Micro Small Business (MSE), Processing Industry1621021009 Tiara Juliana Jayatiara.bd20@gmail.com2018-06-07T04:12:52Z2018-06-07T04:12:52Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31619This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/316192018-06-07T04:12:52ZPENGARUH DESENTRALISASI FISKAL DAN TENAGA KERJA
TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI PROVINSI DI PULAU
SUMATERADesentralisasi fiskal dan pertumbuhan ekonomi merupakan dua bahasan
utama yang terus menjadi pembahasan. Kedua topik ini seperti tidak habis diteliti
mengingat hubungan penting antara keduanya. Hubungan tersebut lebih spesifik
diteliti dalam ranah ekonomi yaitu apakah desentralisasi fiskal berpengaruh positif
ataukah berpengaruh negatif terhadap pertumbuhan ekonomi. Memang dari
berbagai penelitian mengenai desentralisasi fiskal dan pertumbuhan ekonomi yang
telah dilakukan sebelumnya terdapat hasil yang berbeda. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis pengaruh desentralisasi fiskal dan tenaga kerja terhadap
pertumbuhan ekonomi Provinsi di Pulau Sumatera secara parsial dan
keseluruhan.
Data yang digunakan dalam penelitian adalah data sekunder periode 2011-
2015. Pengujian hipotesis dilakukan dengan metode Analisis Regresi Data Panel
dengan menggunakan program Eviews 9.0 untuk menganalisis pengaruh
Desentralisasi Fiskal dan Tenaga Kerja terhadap Pertumbuhan Ekonomi Provinsi
di Pulau Sumatera. Uji yang digunakan adalah uji chow, uji hausman, uji t dan uji
F.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa Desentralisasi Fiskal sisi
Pengeluaran, Desentralisasi Fiskal sisi Pendapatan dan Tenaga Kerja secara
bersama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi
Provinsi di Pulau Sumatera. Secara parsial, Desentralisasi Fiskal sisi Pengeluaran,
dan Tenaga Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Pertumbuhan
Ekonomi Provinsi di Pulau Sumatera. Sedangkan Desentralisasi sisi Pendapatan
berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi
Provinsi di Pulau Sumatera
Kata Kunci : Desentralisasi Fiskal, Tenaga Kerja, Pertumbuhan Ekonomi,
dan Data Panel.
abstract
Fiscal decentralization and economic growth are the two main issues that continue
to be discussed. Both of these topics are not resolved in view of the important
relationship between the two. The relationship is more specifically examined in
the economic sphere of whether fiscal decentralization has a positive or negative
effect on economic growth. Indeed, from various studies on fiscal decentralization
and economic growth that have been done before there are different results. This
study aims to analyze the effect of fiscal decentralization and labor on the
economic growth of the province on the island of Sumatra partially and wholly.
The data used in the study is secondary data for the period 2011-2015. Hypothesis
testing is done by Data Panel Regression Analysis method by using Eviews 9.0
program to analyze the influence of Fiscal Decentralization and Labor on
Economic Growth Province in Sumatera Island. The test used is chow test,
hausman test, t test and F test.
The result of data analysis shows that Fiscal Decentralization of Expenditure side,
Fiscal Decentralization of Revenue and Labor side have positive and significant
influence to Economic Growth Province in Sumatera Island. Partially, Fiscal
Decentralization of Expenditure and Labor Affects Positive and Significant Effect
on Economic Growth of Province in Sumatera Island. While Decentralization of
Revenue side have positive but not significant influence to Economic Growth
Province in Sumatera Island.
Keywords: Fiscal Decentralization, Labor, Economic Growth, and Panel
Data. 1421021007 TAUFIQUR RAHMANexperiac25791@gmail.com2018-05-03T04:52:01Z2018-05-03T04:52:01Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31393This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/313932018-05-03T04:52:01ZPENGARUH TATA KELOLA PEMERINTAHAN DAN RASIO PAJAK
TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI (STUDI KASUS DI NEGARANEGARA
ASEAN)ABSTRACT
THE EFFECT OF GOVERNMENT GOVERNANCE AND TAX RATIO TO
ECONOMIC GROWTH (CASE STUDY IN ASEAN COUNTRIES)
By
Finidya Demarani
Good government governance and tax ratio can affect economic growth in a
country. The good performance of the country's economy, indicated by the high
rate of economic growth. The purpose of this study is to convince and prove if tax
ratio, government effectiveness, regulatory quality, rule of law and corruption
control as a set of good governance affect in economic growth, using data from 6
countries in ASEAN.
Keywords: Economic growth, Government governance, Tax ratio
ABSTRAK
PENGARUH TATA KELOLA PEMERINTAHAN DAN RASIO PAJAK
TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI (STUDI KASUS DI NEGARANEGARA
ASEAN)
Oleh
Finidya Demarani
Tata kelola pemerintahan yang baik dan rasio pajak dapat mempengaruhi
pertumbuhan ekonomi di suatu negara. Kinerja perekonomian negara yang baik,
ditunjukkan oleh laju pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Tujuan penelitian ini
adalah untuk meyakinkan dan membuktikan apakah rasio pajak, efektifitas
pemerintah, kualitas peraturan, rule of law dan pengendalian korupsi sebagai
seperangkat tata kelola pemerintahan yang baik mempengaruhi pertumbuhan
ekonomi, dengan menggunakan data dari 6 negara di ASEAN.
Keywords: Pertumbuhan ekonomi, Rasio pajak, Tata kelola pemerintahan1521021007 Finidya Demaranifinidyad@gmail.com2018-04-17T06:57:51Z2018-04-17T06:57:51Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31010This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/310102018-04-17T06:57:51ZEFEKTIVITAS KEBIJAKAN PENANGGULANGAN KEMISKINAN
BERBASIS BANTUAN DAN PERLINDUNGAN SOSIAL BAGI
MASYARAKAT
(Studi Kasus Di Kabupaten Pringsewu Provinsi Lampung)Poverty has become a crucial issue in Indonesia. The government has put
efforts to alleviate poverty, one of which is through cash transfer and social
protection-based policy in form of poor individuals as well as households’ basic
needs and rights compliance consisting of education, health service, food,
sanitation, and clean water. Program Keluarga Harapan (PKH) is one of the
policies emphasizing on health care and children’s need of schooling for the
beneficiaries (KPM) with an expectation that it will be able to break
intergenerational poverty in the long run by the effort of investment to the two
sectors.
In its application, PKH is no exception to face difficulties and hindrances.
One of which is the input aspect – the issue of beneficiaries’ eligibility. It was
presumed that the process involved in the determining the candidates of
beneficiaries was not objective and appropriate based on the general guidance of
PKH. Another is the output aspect of several indicators on health service and
children school attendance that have not yet been achieved. Therefore, this
research is aimed at investigating the effectiveness of PKH viewed from the
aspects of input, process, and output of the program. This research utilized
quantitative descriptive design occupying questionnaire as the instrument guided
by the writer. Meanwhile, data analysis technique was in form of questionnaire
scoring that was then, compared to the ideal criteria that have been established in
PKH general guidance.
Research result indicates that PKH is effectively run in the input aspect (in
the matter of beneficiaries’ eligibility), process aspect (undergoing appropriately
based on the general guidance of PKH), and output aspect in education (children
were sent to school – primary school, junior high school, and senior high school).
On the other side, however, PKH does not go well in the health care side. It is
seen in some of its indicators comprising low gain of supplement fe, insufficient
posnatal care check as well as minimum 0-1 month infant health check (only three
time respectively), slightly a bit coverage of 0-11 month infant complete
immunisation and scheduled Vitamin A distribution.
Key words: PKH, Beneficiaries (KPM), Effevtiveness, Input, Process, and Output
Aspects
Masalah kemiskinan masih menjadi isu penting di Indonesia. Pemerintah
Indonesia telah melakukan berbagai upaya untuk menanggulangi masalah
kemiskinan, salah satunya melalui kebijakan berbasis bantuan dan perlindungan
sosial yang berupa pemenuhan kebutuhan dasar individu maupun rumah tangga
miskin yang meliputi pendidikan, pelayanan kesehatan, pangan, sanitasi, dan air
bersih. Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan salah satu bentuk kebijakan
tersebut yang menitikberatkan pada bidang kesehatan dan pendidikan anak-anak
dari Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan harapan kelak akan memutus
mata rantai kemiskinan melalui investasi pada kedua bidang tersebut.
Dalam pelaksanaannya, PKH tidak luput dari berbagai permasalahan.
Mulai dari aspek input yaitu adanya dugaan ketidaktepatan sasaran program,
proses yang belum sesuai dengan pedoman umum PKH, serta aspek output yaitu
belum tercapainya beberapa indikator pada bidang kesehatan dan pendidikan.
Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas PKH dilihat
dari aspek input, proses, dan output program. Penelitian ini merupakan jenis
penelitian deskriptif kuantitatif dengan instrumen kuesioner yang dipandu oleh
peneliti. Teknik analisis data menggunakan skoring kuesioner yang kemudian
dibandingkan dengan kriteria ideal yang telah ditetapkan dalam PKH.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa PKH sudah efektif dari aspek input
(sudah tepat sasaran), aspek proses (sudah berjalan sesuai pedoman umum PKH)
dan aspek output bidang pendidikan (anak didaftarkan di satuan pendidikan SDSMA).
Akan tetapi, PKH belum efektif dari aspek kesehatan pada beberapa
indikator yaitu, perolehan suplemen fe, pemeriksaan posnatal care sebanyak 3
kali, pemeriksaan bayi 0-1 bulan sebanyak 3 kali, cakupan imunisasi lengkap
balita 0-11 bulan, dan cakupan balita 0-11 bulan mendapat Vitamin A sesuai
jadwal.
Kata kunci: PKH, Keluarga Penerima Manfaat (KPM), efektivitas, aspek input,
proses dan output1621021004 MISFI LAILI ROHMIundadanish@gmail.com