Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T06:14:52ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2022-04-18T07:44:40Z2022-04-18T07:44:40Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58217This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/582172022-04-18T07:44:40ZPENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN
PREDICT OBSERVE EXPLAIN (POE) TERHADAP
KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMAPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model
pembelajaran POE terhadap keterampilan proses sains siswa SMA pada materi
Hukum Newton tentang gerak. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa
kelas X IPA SMA Negeri 5 Bandarlampung, dengan sampel kelas X IPA 1
sebagai kelas eksperimen dan X IPA 2 sebagai kelas kontrol. Desain penelitian
yang digunakan adalah Pretest Posttest Control Group Design. Hasil penelitian
diketahui bahwa kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran
konvensional memiliki rata-rata N-gain sebesar 0,42, sedangkan kelas eksperimen
yang menggunakan model pembelajaran POE memiliki rata-rata N-gain 0,72.
Berdasarkan uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan
model pembelajaran POE terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi
Hukum Newton. Besarnya pengaruh model pembelajarn POE termasuk kedalam
kategori tinggi dengan nilai cohen’s d sebesar 3,40 dan dan effect size r sebesar
0,71.
Kata kunci: predict observe explain, keterampilan proses sains.1513022065 AYU NOVITASARI PANE-2022-04-16T02:07:00Z2022-04-16T02:07:00Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58200This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/582002022-04-16T02:07:00ZPENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE
PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN
KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM
MEMECAHKAN MASALAH FISIKA
PADA SISWA SMAKemampuan berpikir kreatif menjadi salah satu keterampilan yang harus
dilatihkan dan dimiliki oleh setiap siswa di abad 21 sekarang. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran creative
problem solving (CPS) terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif dalam
pemecahan masalah fisika siswa pada materi karakteristik gelombang mekanik.
Model penelitian kuasi eksperimen dengan pretest-posttest control grup design,
serta sampel penelitian yaitu 60 siswa kelas XI SMAN 4 Bandarlampung dipilih
dengan teknik stratified random sampling. Pengaruh model CPS terhadap
peningkatan kemampuan berpikir kreatif pemecahan masalah dapat dilihat dari
hasil analisis N-gain dan effect size, hasil menunjukkan bahwa pada kedua kelas
mengalami peningkatan berkategori sedang dengan N-gain kelas A sebesar 0,39
dan kelas B sebesar 0,47, serta besar pengaruhnya berkategori sedang dalam yang
dapat dilihat dari hasil analisis effect size sebesar 0,50.
Kata kunci: creative problem solving, kemampuan berpikir kreatif, pemecahan
masalah.1513022056 CAHAYA SUKMA PUTRI-2022-04-16T02:06:57Z2022-04-16T02:06:57Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58194This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/581942022-04-16T02:06:57ZPENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS
PREDICT- OBSERVE -EXPLAIN PADA MATERI TEKANAN
DALAM ZAT CAIR UNTUK MENINGKATKAN
KETERAMPILAN SAINS SISWAPenelitian ini bertujuan mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik
berbasis Predict- Observe -Explain pada materi tekanan dalam zat cair untuk
meningkatkan keterampilan proses sains siswa yang tervalidasi kelayakan materi
dan desain oleh ahli, produk yang menarik, mudah untuk digunakan dan
bermanfaat serta efektif dalam meningktakan keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, dimulai dengan
menganalisis kebutuhan dan kurikulum, kemudian membuat desain LKPD,
mengembangkan dan melakukan uji validasi, dan melakukan uji coba pemakaian
untuk mengetahui kemenarikan, kemudahan, kebermanfaatan produk.
Berdasarkan hasil uji ahli materi dan uji ahli desain diperoleh dengan
persentase uji ahli materi dan uji ahli desain adalah 85 % dan 90% dengan
validitas sangat baik. Hasil uji kemenarikan diperoleh persentase 88,25% dengan
Debby Damayanti Sinaga
kategori sangat menarik,hasil uji kemudahan dengan skor rata-rata kategori
sangat mudah dan kemanfaatan LKPD Berbasis Predict- Observe -Explain
pada Materi Tekanan dalam Zat Cair dengan dengan skor rata-rata 3,72 kategori
sangat bermanfaat dari masing-masing skor maksimum 4.
Kata kunci: LKPD, POE (Predict Observe Explain), Keterampilan sains1413022013 DEBBY DAMAYANTI SINAGA-2022-04-14T02:50:18Z2022-04-14T02:50:18Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58183This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/581832022-04-14T02:50:18ZPENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN DISCOVERY BERBASIS KONTEKSTUAL
UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
PADA MATERI SUMBER LISTRIK ARUS SEARAHPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku pengayaan discovery
berbasis kontekstual untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada
materi sumber listrik arus searah. Jenis penelitian yang digunakan adalah
penelitian pengembangan (R&D). Model pengembangan yang digunakan pada
pengembangan ini mengacu pada Lee & Owens (2004, p. 4) yaitu model ADDIE
(Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen
pengumpulan data yang digunakan berupa pedoman wawancara, angket validasi,
dan angket uji keterbacaan. Hasil penelitian ini pada tahap analyze belum adanya
guru yang menggunakan buku pengayaan, sehingga proses pembelajaran hanya
mengandalkan buku paket yang tersedia oleh sekolah dan jumlahnya
terbatas.Tahap Development menunjukkan bahwa buku pengayaan yang
dikembangkan memiliki validasi sangat tinggi. Hal tersebut dapat dilihat
berdasarkan rata-rata skor pada uji ahli materi dan konstruksi sebesar 86,57%
dengan kategori sangat tinggi dan uji ahli media dan desain diperoleh rata-rata
skor sebesar 90,83% dengan kategori sangat tinggi. Berdasarkan uji keterbacaan
diperoleh rata-rata skor pada kelas XII IPA 1 sebesar 81% dan kelas XII IPA 2
sebesar 81,3% dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian ini juga menunjukkan
bahwa buku pengayaan yang dikembangkan sudah mampu meningkatkan
kemampuan berpikir kritis siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji n-gain
pada kelas XII IPA 1 sebesar 0,55 dan kelas XII IPA 2 sebesar 0,65 dengan
kategori sedang dan signifikansi pada uji paired sample t sebesar 0,00 pada kelas
XII IPA 1 dan XII IPA 2. Hasil wawancara guru menunjukkan bahwa buku
pengayaan yang dikembangkan oleh peneliti yaitu memiliki sajian materi yang
baik, menarik mudah dipahami materinya dan dapat meningkatkan kemampuan
berpikir kritis. Sementara itu, Hasil wawancara siswa menunjukkan bahwa buku
pengayaan yang dikembangkan oleh peneliti memperoleh hasil yaitu memiliki
sajian materi yang baik, desain buku menarik, memudahkan siswa dalam
memahami materi dan meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Simpulan dari
penelitian ini dalah dihasilkan buku pengayaan discovery berbasis kontekstual
yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis
siswa.
Kata kunci: Buku Pengayaan, Discovery, Kontekstual, Berpikir Kritis1413022016 Devi Andriani-2022-04-14T02:49:24Z2022-04-14T02:49:24Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58190This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/581902022-04-14T02:49:24ZPENGEMBANGAN RANGKAIAN ALAT DAN PANDUAN PRAKTIKUM
FISIKA SMA BERORIENTASI KURIKULUM 2013 TENTANG
SUMBER LISTRIK ARUS SEARAHHasil penelitian pendahuluan yang telah dilakukan di SMA Negeri 3 Metro
mengungkapkan bahwa rangkaian alat dan panduan praktikum fisika SMA
berorientasi Kurikulum 2013 tentang sumber listrik arus searah sangat dibutuhkan.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk rangkaian alat dan panduan
praktikum fisika SMA berorientasi Kurikulum 2013 tentang sumber listrik arus
searah. Desain pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model
ADDIE yang terdiri atas lima tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan,
implementasi, dan evaluasi, tetapi untuk tahap implementasi pada skala terbatas
dengan menggunakan uji kemenarikan dan kemudahan. Hasil penelitian rerata skor
yang diperoleh dari uji validasi isi yaitu 3,38 dengan kriteria sangat baik, hasil uji
validasi konstruk yaitu 3,53 dengan kriteria sangat baik, serta hasil uji keterbacaan
oleh siswa yaitu 3,79 dan yaitu 3,90 dengan kriteria sangat menarik dan sangat
Desi Ratna Wati
iii
mudah. Kesimpulan dari hasil penelitian pengembangan ini adalah telah dihasilkan
produk berupa rangkaian alat dan panduan praktikum fisika SMA berorientasi
Kurikulum 2013 tentang sumber listrik arus searah sangat valid, menarik, dan mudah
untuk digunakan sebagai media pembelajaran fisika di sekolah.
Kata kunci: rangkaian alat, panduan praktikum, sumber listrik arus searah1413022014 DESI RATNA WATI-2022-04-14T02:46:43Z2022-04-14T02:46:43Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58159This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/581592022-04-14T02:46:43ZPENGARUH PENGGUNAAN LKPD BERBASIS COLLABORATIVE
TEAMWORK LEARNING PADA MATERI FLUIDA DINAMIS
TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKPD berbasis
collaborative teamwork learning pada materi fluida dinamis terhadap hasil belajar
peserta didik. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPA
SMA Negeri 3 Bandarlampung, dengan sampel kelas XI IPA sebagai kelas
eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah One Shot Case Study dan
One Group Pretest Posttest Design. Data penelitian diambil dari nilai tes awal dan
akhir yang hasilnya diuji menggunakan One Sample T-Test dan Paired Sample T- Test. Hasil uji one sample t-test yang diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan pada taraf kepercayaan 95% penggunaan LKPD berbasis collaborative
teamwork learning terhadap keterampilan kolaborasi dan keterampilan proses
sains yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata keterampilan kolaborasi untuk
ketiga kegiatan > 72, dan dilihat dari hasil n-gain yang diperoleh rata-rata n-gain
nilai pretest dan posttest kemampuan kognitif untuk ketiga kegiatan sebesar 0,58
Dwi Siti Sholeha
iii
dengan kriteria sedang, sehingga dapat dikatakan terdapat peningkatan
kemampuan kognitif peserta didik setelah proses pembelajaran dengan
menggunakan LKPD berbasis collaborative teamwork learning dan berdasarkan
hasil uji paired sample t-test tedapat perbedaan yang signifikan pada taraf
kepercayaan 95% antara rata-rata hasil pretest dengan posttest, yakni sebesar
27,55 pada hasil belajar kemampuan kognitif yang pembelajarannya
menggunakan LKPD berbasis collaborative teamwork learning. Berdasarkan hasil
penilaian guru rata-rata nilai keterampilan proses sains dan keterampilan
kolaborasi untuk ketiga kegiatan dikategorikan baik karena persentase rata-rata
nilai berada pada rentang 61%-80%. Kata kunci : Collaborative teamwork learning, lembar kerja peserta didik, hasil
belajar.1513022001 DWI SITI SHOLEHA-2022-04-14T02:45:54Z2022-04-14T02:45:54Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58160This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/581602022-04-14T02:45:54ZPENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL
DALAM PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR
SISWA PADA MATERI ENERGI TERBARUKANPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan menggunakan
model pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran fisika terhadap hasil belajar
siswa pada materi energi terbarukan. Materi pada penelitian ini meliputi energi:
konvensional, terbarukan, tenaga matahari, tenaga angin, dan tenaga air. Sampel
penelitian adalah siswa kelas XII MIPA4 yang menjadi kelas eksperimen dan XII
MIPA5 menjadi kelas kontrol di SMA Negeri 3 Kotabumi menggunakan Pretest-
Posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes hasil belajar. Data
dianalisis dengan menggunakan uji Independent Sample T-Test dan uji effect size.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model
pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi
Energi Terbarukan, dengan skor T-Test rata-rata nilai sig yang diperoleh adalah
0,000 dimana nilai sig lebih kecil dari 0,05, maka H0 ditolak. Hasil uji effect size
yang diperoleh dari perhitungan cohen’s d sebesar 2,34 dan hasil nilai effect size r
Kintanisa Dinanti Putri
iii
diperoleh sebesar 0,76 hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran
kontekstual berpengaruh cukup tinggi dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci: model pembelajaran kontekstual, hasil belajar, energi terbarukan.1513022057 KINTANISA DINANTI PUTRI-2022-04-14T02:44:52Z2022-04-14T02:44:52Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58163This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/581632022-04-14T02:44:52ZPENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) MODEL BLENDED
LEARNING BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILLS
PADA MATERI USAHA DAN ENERGIPenelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa
(LKS) model Blended Learning berorientasi Higher Order Thinking Skills
(HOTS) pada materi Usaha dan Energi yang teruji kelayakan dan kepraktisannya
sehingga dapat digunakan pada pembelajaran Fisika di SMA. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian research and development atau penelitian
pengembangan model ADDIE dengan tahapan (1) analysis (analisis), (2) design
(perancangan), (3) development (pengembangan), (4) implementation
(implementasi), (5) evaluation (evaluasi). Dilakukan uji validitas produk yang
terdiri atas uji isi dan uji konstruk dengan tiga orang ahli. Uji isi/materi diperoleh
skor 3,25 (valid), dan uji konstruk/desain dengan skor 3,28 (sangat valid).
Selanjutnya dilakukan uji 1-1 untuk mengetahui kepraktisan produk yang
dikembangkan. Uji 1-1 terdiri atas uji kemenarikan LKS dan uji kemudahan LKS
dengan tiga orang siswa kelas XI MIA SMAN 14 Bandarlampung. Uji
kemenarikan dengan skor 3,57 (sangat baik), uji kemudahan LKS dengan skor
3,77 (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa
pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Model Blended Learning Berorientasi
iii
Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Materi Usaha dan Energi layak
digunakan dalam menunjang kegiatan pembelajaran.
Kata kunci: Lembar Kerja Siswa (LKS), Blended Learning,Higher Order
Thinking Skills (HOTS)1413022021 DWI RISKA APRILIA-2022-04-14T02:44:03Z2022-04-14T02:44:03Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58165This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/581652022-04-14T02:44:03ZPENGARUH PENERAPAN INSTRUMEN PERFORMANCE ASSESSMENT
PADA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS LABORATORIUM REAL
TERHADAP HASIL BELAJAR SISWAPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan instrumen
performance assessment pada pembelajaran IPA berbasis laboratorium real
terhadap hasil belajar siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII.A SMP
Negeri 3 Natar. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest- Posttest dan One Shot Case Study Design. Data penelitian diambil dari tes awal,
tes akhir, dan insrumen Performance Assessment yang hasilnya diuji
menggunakan One Sample T-Test dan Paired Sample T-Test. Hasil uji One
Sample T-Test yang diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada taraf
kepercayaan 95% penggunaan instrumen performance assessment pada
pembelajaran IPA berbasis laboratorium real terhadap kemampuan psikomotor
yang ditunjukkan dengan nilai rata-rata kemampuan psikomotor siswa 75. Nilai
n-gain yang diperoleh rata-rata n-gain nilai pretest dan posttest kemampuan
kognitif siswa sebesar 0,45 dengan kriteria sedang, sehingga dapat disimpulkan
terdapat peningkatan kemampuan kognitif siswa setelah proses pembelajaran
Leli Hartina
dengan menggunakan instrumen performance assessment pada pembelajaran IPA
berbasis laboratorium real dan berdasarkan uji paired sample t-test terdapat
perbedaan yang signifikan pada taraf kepercayaan 95% antara rata-rata hasil
pretest dan posttest, yaitu sebesar 39,84 pada hasil belajar kemampuan kognitif
menggunakan instrumen performance assessment. Kata kunci: Instrumen Performance Assessment, Laboratorium Real, Hasil
Belajar Siswa.1513022021 LELI HARTINA-2022-04-14T02:43:49Z2022-04-14T02:43:49Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58177This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/581772022-04-14T02:43:49ZIMPLEMENTASI BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK INTERAKTIF
BERBASIS LCDS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN
BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI
RADIASI BENDA HITAMMedia pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran kelas XII pada
umumnya berupa buku cetak dari sekolah. Materi radiasi benda hitam yang
tersedia pada buku cetak masih bersifat abstrak sehingga sulit dipahami. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir
kritis siswa setelah belajar menggunakan BSE interaktif, mengetahui perbedaan
peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan BSE interaktif dengan BSE
non-interaktif sebagai suplemen pembelajaran radiasi benda hitam, mengetahui
effect size pemanfaatan BSE interaktif terhadap BSE non-interaktif, dan
mendeskripsikan respon siswa terhadap pemanfaatan BSE interaktif radiasi benda
hitam. Pembelajaran dilakukan dengan mengoperasikan BSE interaktif pada
laptop. Data kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh dari hasil proses
pembelajaran berupa data pre-test dan post-test. Sedangkan data respon siswa
terhadap pemanfaatan BSE interaktif diperoleh dari angket dengan menggunakan
skala Likert. Pembelajaran menggunakan BSE interaktif meningkatkan
Dian Pertiwi
iii
kemampuan berpikir kritis siswa secara signifikan pada taraf kepercayaan 95%.
Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas yang
pembelajarannya menggunakan BSE interaktif dibandingkan dengan yang
menggunakan BSE non-interaktif secara signifikan pada taraf kepercayaan 95%
dengan nilai N-gain 0,64 untuk kelas yang menggunakan BSE interaktif dan 0,53
untuk kelas yang menggunakan BSE non-interaktif. Effect size pemanfaatan BSE
interaktif dibandingkan dengan BSE non-interaktif dikategorikan tinggi dengan
nilai Cohen’s d sebesar 1,78. Respon siswa terhadap pemanfaatan BSE interaktif
positif, dengan persentase 85,7%.
Kata kunci : BSE interaktif, LCDS, berpikir kritis, radiasi benda hitam1513022008 DIAN PERTIWI-2022-04-14T02:43:07Z2022-04-14T02:43:07Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58180This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/581802022-04-14T02:43:07ZPENGEMBANGAN MEDIA E-LEARNING DENGAN SCHOOLOGY
SEBAGAI SUPLEMEN PEMBELAJARAN FISIKA
PADA MATERI FLUIDA STATISPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa media e-learning
dengan schoology pada materi Fluida Statis dan mendeskripsikan kemenarikan,
kemudahan, kemanfaatan, serta keefektifan media e-learning dengan schoology
pada materi Fluida Statis. Pengembangan media e-learning dengan schoology
berdasarkan prosedur penelitian pengembangan menurut Suyanto dan Sartinem
yaitu analisis kebutuhan, identifikasi sumber daya, identifikasi spesifikasi produk,
pengembangan produk, uji internal, uji eksternal, dan produksi. Berdasarkan
penelitian ini telah dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 di
SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Hasil dari uji eksternal menunjukkan
bahwa kualitas dari media e-learning dengan schoology menarik, mudah, sangat
bermanfaat dan efektif untuk digunakan sebagai suplemen pembelajaran karena
80 % siswa sudah mencapai KKM.
Kata kunci: fluida statis, media e-learning, pengembangan schoology.1213022012 DEWI SUSILOWATI-2022-04-12T07:58:05Z2022-04-12T07:58:05Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58156This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/581562022-04-12T07:58:05ZPENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE
7E TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMAPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran
learning cycle 7e terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMA pada materi
Hukum Newton tentang Gerak. Populasi dalam penelitian ini, yaitu seluruh siswa
kelas X IPA SMA Negeri 1 Gedongtataan, dengan sampel kelas X IPA 5 sebagai
kelas eksperimen dan X IPA 6 sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang
digunakan adalah Pretest Posttest Control Group Design. Hasil penelitian diketahui
bahwa kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran yang biasa diterapkan
di sekolah yaitu problem solving memiliki rata-rata N-gain sebesar 0,59, sedangkan
kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran learning cycle 7e
memiliki rata-rata N-gain 0,67. Berdasarkan uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran learning cycle 7e terhadap
kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Hukum Newton tentang gerak.
Kata kunci: learning cycle 7e, kemampuan berpikir kritis, Hukum Newton tentang
gerak.1513022043 EKA YUSTIA AL HUSNUL-2022-04-12T07:57:47Z2022-04-12T07:57:47Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58152This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/581522022-04-12T07:57:47ZPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED
INSTRUCTION (PBI) TERHADAP PENINGKATAN
KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA
PADA MATERI FISIKA DI SMAHasil belajar siswa masih rendah karena siswa cenderung pasif, yaitu hanya
menghafal rumus tanpa memahami konsep. Penerapan model pembelajaran
problem based instruction (PBI) dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis
siswa dengan mampu memecahkan permasalahan suatu konsep melalui
eksperimen yang dilakukan berkaitan dengan kehidupan nyata. Penelitian
eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PBI
terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi fisika di SMA.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Muhammadiyah 2 Bandar
Lampung dan sampel penelitiannya adalah siswa kelas XI MIPA 2. Desain
penelitian menggunakan One-Group-pretest-posttest control group design. Data
hasil penelitian dikumpulkan menggunakan instrumen tes keterampilan berpikir
kritis. Hasil uji yang dilakukan untuk melihat pengaruh penerapan model PBI,
yaitu nilai N-Gain sebesar 0,6 dengan kategori sedang, nilai N-Gain pada dua
indikator kemampuan berpikir kritis yaitu Basic Support sebesar 0,6 kategori
Endriarum Rizkina Maulida
sedang, dan indikator Inferring sebesar 0,7 kategori tinggi. Serta nilai signifikan
uji Paired Sample T-test sebesar < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh yang
signifikan. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari N-Gain dan Paired Sample T-
test yang artinya bahwa terdapat pengaruh secara signifikan penerapan model
pembelajaran PBI terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis.
Kata Kunci: pengaruh model pembelajaran, problem based instruction,
kemampuan berpikir kritis1513022068 ENDRIARUM RIZKINA MAULIDA-2022-04-12T07:57:29Z2022-04-12T07:57:29Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58150This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/581502022-04-12T07:57:29ZANALISIS PENERAPAN PENILAIAN AUTENTIK
PADA PEMBELAJARAN FISIKA KELAS X
DI SMA NEGERI 13 BANDAR LAMPUNGPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penilaian autentik yang
dilakukan oleh guru Fisika kelas X di SMA Negeri 13 Bandar lampung dan
mengidentifikasi kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan penilaian autentik.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan format penelitian
deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan untuk memperoleh data adalah
dengan menggunakan dokumentasi, observasi, dan wawancara untuk guru.
Teknik analisis data untuk pendekatan kualitatif menggunakan analisis deskriptif.
Sedangkan untuk pendekatan kuantitatif menggunakan analisis deskriptif
kuantitatif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan
penilaian autentik sudah berjalan dengan baik. Hal ini bisa dilihat dari hasil
analisis data penelitian yang menunjukkan bahwa: 1) kelengkapan dokumen yang
dibuat sudah cukup baik dan layak, 2) hasil persentase rata-rata keterlaksanaan
penilaian autentik menunjukkan skor 87,1% artinya pelaksanaan penilaian
autentik yang dilakukan guru Fisika berkategori baik. Meskipun demikian masih
ada kendala yang dialami antara lain kurangnya waktu saat melakukan penilaian,
guru kesulitan dalam menentukan teknik penilaian yang tepat sesuai dengan
indikator serta keberagaman kompetensi peserta didik dalam mencapai indikator.
Kata Kunci : Penilaian autentik, Pembelajaran Fisika.1413022026 Fega Laras Arum Pertiwi-2022-04-12T07:56:55Z2022-04-12T07:56:55Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58149This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/581492022-04-12T07:56:55ZPENGARUH PENERAPAN MODEL ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY
TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP
BERDASARKAN PERBEDAAN GAYA BELAJARPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Argument
Driven Inquiry (ADI) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMP
berdasarkan perbedaan gaya belajar. Sampel penelitiannya, yaitu siswa kelas VIII
A dan VIII C SMP Negeri 1 Seputih Banyak. Penelitian ini menggunakan metode
quasi eksperiment dengan desain faktorial 2x3. Data dianalisis dengan uji Two
Way Anova. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rerata nilai pretest kelas
eksperimen dan kelas kontrol, yaitu 25,38 dan 17,31. Setelah dilakukan penerapan
model ADI pada kelas eksperimen diperoleh rerata postest 60,86, sedangkan kelas
kontrol dengan model non ADI diperoleh rerata postest 42,26. Berdasarkan hasil
uji Two Way Anova pada model pembelajaran diperoleh nilai Sig. kurang dari 0,05
yaitu 0,000, maka terdapat pengaruh signifikan model ADI terhadap keterampilan
berpikir kritis siswa. Selanjutnya, nilai Sig. gaya belajar kurang dari 0,05 yaitu
0,011 berarti terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa pada ketiga
tipe gaya belajar menggunakan model ADI. Uji Two Way Anova. Hasil interaksi
model pembelajaran dengan gaya belajar diperoleh nilai Sig. kurang dari 0,05
yaitu 0,017, sehingga terdapat interaksi antara penerapan model Argument Driven
Inquiry dengan tipe gaya belajar dalam peningkatan keterampilan berpikir kritis
siswa.
Kata kunci: Argument Driven Inquiry, Berpikir Kritis, Gaya Belajar.1413022032 I KADEK IRFANDO DWIKKI SADEWA-2022-04-12T07:56:33Z2022-04-12T07:56:33Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58147This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/581472022-04-12T07:56:33ZPENGARUH PENGGUNAAN VIDEO BERBASIS STEM DALAM
PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP
PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMA PADA
MATERI DINAMIKA ROTASIKemampuan siswa dalam memahami konsep fisika masih lemah, sehingga perlu
menggunakan sumber belajar yang mampu meningkatkan pemahaman konsep
siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan video
berbasis STEM dalam pembelajan Flipped Classroom terhadap pemahaman
konsep fisika siswa SMA pada materi dinamika rotasi. Sampel penelitian ini
adalah siswa kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2 SMA Negeri 1 Tumijajar. Penelitian
ini menggunakan pretest-posttest control group design. Hasil uji Independent
Sample T-Test diperoleh nilai nilai signifikansi kurang dari 0,05. Hal ini berarti
bahwa penggunaan video berbasis STEM dalam pembelajaran Flipped Classroom
berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa. Hasil uji
effect size diperoleh nilai sebesar 1,4 yang berarti bahwa video berbasis STEM
dalam pembelajaran flipped classroom berpengaruh besar dalam meningkatkan
pemahaman konsep siswa. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa
Ica Hertati Putri
video berbasis STEM dalam pembelajaran flipped classroom efektif dalam
meningkatkan pemahaman konsep siswa.
Kata kunci: dinamika rotasi, pemahaman konsep, video berbasis STEM.1513022040 ICA HERTATI PUTRI-2022-04-12T07:56:13Z2022-04-12T07:56:13Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58146This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/581462022-04-12T07:56:13ZPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID
BERUPA BUKU SAKU ELEKTRONIK PADA MATERI
LISTRIK STATISPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran fisika berupa
buku saku elektronik pada materi listrik statis berbasis android yang menarikan,
mudah, bermanfaatan, serta efektif digunakan sebagai media pembelajaran.
Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan metode penelitian dan
pengembangan Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model
pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yang terdiri dari: Analysis
(analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation
(implementasi) dan Evaluating (evaluasi). Namun pelaksanaan pengembangan
hanya sampai tahap 4 yaitu Implementation (implementasi). Produk pembelajaran
ini difungsikan sebagai media pembelajaran fisika pada materi Listrik Statis yang
mendapatkan skor uji ahli desain sebesar 3,61 , uji ahli materi 3,50 , uji praktisi
3,09 dengan kategori valid, uji kemenarikan 3,36 dengan kategori sangat menarik,
kemudahanan memperoleh skor 3,40 dengan kategori sangat mudah dan
kemanfaatan memperoleh skor 3,53 dengan kategori sangat bermanfaat. Jadi dapat
disimpulkan bahwa dihasilkan buku saku elektronik berbasis Android sebagai
Indrata Bayu Perdana
media pembelajaran fisika pada materi Listrik Statis yang telah teruji dan layak
digunakan dengan kualitas menarik, mudah digunakan, bermanfaat, dan efektif
sebagai media pembelajaran.
Kata kunci: android, buku saku elektronik, media pembelajaran, listrik statis.1213022027 INDRATA BAYU PERDANA-2022-04-12T07:55:35Z2022-04-12T07:55:35Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58144This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/581442022-04-12T07:55:35ZPENGEMBANGAN LKS MATERI KALOR DENGAN MODEL
INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN
KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWAPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa LKS berbasis
inkuiri terbimbing pada materi kalor, mendeskripsikan kemenarikan, kemudahan
dan kemanfaatan produk yang dikembangkan, serta mendeskripsikan keefektifan
produk yang dikembangkan dalam pembelajaran. Penelitian ini berpedoman pada
desain penelitian pengembangan yang dimulai dengan menganalisis potensi dan
masalah sekaligus mengumpulkan data. Selanjutnya mendesain produk sehingga
dihasilkan produk prototipe I. Setelah itu, dilakukan uji validasi ahli terhadap
produk prototipe I sampai dengan diperoleh produk yang sudah tervalidasi
(produk prototipe II). Tahap selanjutnya uji coba produk melalui uji satu lawan
satu. Hasil uji satu lawan satu ini menyatakan bahwa LKS yang dikembangkan
memperoleh skor kemenarikan 3,38 dengan kategori sangat baik, skor kemudahan
3,39 dengan kategori sangat baik, dan skor kemanfaatan 3,61 dengan kategori
sangat baik. Tahapan selanjutnya revisi produk, setelah direvisi maka dilakukan
uji coba pemakaian melalui uji lapangan. Berdasarkan hasil uji lapangan, LKS
yang dikembangkan memperoleh skor kemenarikan 3,19 dengan kategori baik,
Lusiana Shinta Dewi
skor kemudahan 3,20 dengan kategori baik, dan skor kemanfaatan 3,38 dengan
kategori sangat baik. Hasil uji keefektifan menunjukkan bahwa 79,41% siswa
tuntas KKM, sehingga produk dinyatakan efektif dan dapat digunakan sebagai
media pembelajaran. Tahapan selanjutnya revisi produk, hasil revisi disebut
dengan produk prototipe III yang merupakan produk akhir dalam penelitian
pengembangan ini.
Kata kunci: Pengembangan LKS, LKS Inkuiri Terbimbing, Berpikir Kreatif
Siswa.121322034 LUSIANA SHINTA DEWI-2022-04-12T07:55:00Z2022-04-12T07:55:00Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58141This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/581412022-04-12T07:55:00ZPENGARUH PENERAPAN BLENDED LEARNING PADA MATERI
LISTRIK STATIS BERBASIS WHATSAPP TERHADAP KOMPONEN
KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWAPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh blended learning
berbantuan whatsapp pada materi listrik statis terhadap kemampuan berpikir kritis
dan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian
eksperimen semu atau quasi-experiment design dengan jenis the non-equivalent
control group design. Semua data tes diperoleh data berdistribusi normalitas,
homogenitas dan independent sample t-test sehingga data dapat dikatakan memiliki
perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan
pemecahan masalah siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran
blended learning dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran direct instruction.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran secara blended learning
mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan
masalah siswa dapat dilihat dari hasil tes kedua kelas sebelum dan sesudah
pembelajaran.
Kata Kunci: Blended Learning, whatsapp, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi1513022064 MIRDA RAVIANY-2022-04-12T07:54:09Z2022-04-12T07:54:09Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58140This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/581402022-04-12T07:54:09ZPENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANALISIS TRACKER PADA
PEMBELAJARAN GERAK JATUH BEBAS BERBASIS INKUIRI
TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN
INTERPRETASI GRAFIK SISWAKemampuan interpretasi grafik merupakan kemampuan yang penting bagi siswa
ketika melakukan percobaan fisika. Aplikasi tracker dalam pembelajaran gerak
jatuh bebas yaitu sebagai media pelacakan gerak benda pada suatu waktu yang
lebih presisi dan akurat, sehingga membantu siswa menemukan persamaan gerak
benda.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan
tracker pada pembelajaran gerak jatuh bebas berbasis inkuiri terbimbing terhadap
kemampuan interpretasi grafik siswa. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas X
SMA Negeri 14 Bandar Lampung. Desain penelitian yang digunakan adalah The
Non Equivalent Control Group Desain. Data kemampuan interpretasi grafik siswa
diperoleh menggunakan tes (pretest-posttest). Teknik analisis data hasil belajar
siswa menggunakan Independent Sample T-Test.
Muchamad Fauzi Nur Ibrahim
iii
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan tracker
berpengaruh signifikan terhadap kemampuan interpretasi grafik dengan
signifikansi 0,5% dan dengan rata rata N-gain 0,5.
Kata kunci: gerak jatuh bebas, inkuiri terbimbing, kemampuan interpretasi grafik,
tracker.1443022001 MUCHAMAD FAUZI NUR IBRAHIM-2022-04-12T07:53:55Z2022-04-12T07:53:55Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58137This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/581372022-04-12T07:53:55ZPENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI RELATING,
EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING,
TRANSFERRING (REACT) TERHADAP
KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
PESERTA DIDIK PADA MATERI
ENERGI TERBARUKANPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi
REACT terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi energi terbarukan:
kincir air, kincir angin dan energi tenaga matahari. Populasi dalam penelitian
ini yaitu seluruh peserta didik kelas XII SMAN 5 Bandar Lampung, dengan
sampel kelas XII IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XII IPA 2 sebagai kelas
kontrol. Penelitian ini menggunakan desain Pretest-Posttest Control Group
Design. Data diperoleh dari nilai pretest dan posttest sebanyak 10 butir soal
kemampuan berpikir kritis. Hasil yang diperoleh di uji menggunakan
Independent Sample T-test dan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
Sig. (2-Tailed) kurang dari 0,05 yaitu 0,000. Hasil uji effect size memiliki nilai
cohen’s d sebesar 1,22 dengan interprestasi tinggi. Berdasarkan uji hipotesis
disimpulkan bahwa penggunaan strategi REACT berpengaruh signifikan
iii
terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi energi
terbarukan.
Kata kunci: Strategi REACT, Kemampuan Berpikir Kritis, Energi Terbarukan1513022062 Nanda Rizqi Caesarani-2022-04-12T07:53:41Z2022-04-12T07:53:41Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58136This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/581362022-04-12T07:53:41ZPENERAPAN INSTRUMEN ASESEMEN KINERJA PADA
PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM FISIKA
DENGAN KEMAMPUAN KOLABORATIF
DAN KOMUNIKATIF SISWAPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsiskan hubungan kinerja siswa
pada pembelajaran berbasis praktikum fisika dengan kemampuan
kolaboratif siswa SMA dan untuk mendeskripsiskan hubungan kinerja
siswa pada pembelajaran berbasis praktikum fisika dengan kemampuan
komunikatif siswa SMA. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA
1 di MAN 2 Bandarlampung yang berjumlah 40 siswa. Teknik
pengumpulan data menggunakan instrumen kemampuan kolaboratif,
komunkatif dan kinerja dengan menilai secara langsung pada saat siswa
melakukan praktikum atau melalui pengamatan, untuk uji kualitas suatu
instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas dan data hasil
penelitian menggunakan uji korelasi . Hasil penelitian menunjukan bahwa
tidak terdapat hubungan kinerja siswa pada pembelajaran berbasis
praktikum fisika dengan kemampuan kolaboratif siswa dengan nilai sig =
≥ 0,05 dan nilai r = 0,058, lalu hubungan antara kinerja siswa pada
pembelajaran berbasis praktikum fisika dengan kemampuan komunikatif
Nia Sumiyati
iii
siswa didapat nilainya sig = ≥ 0,05 dan nilai r = -0,176 Artinya tidak
terdapat hubungan antara kinerja siswa pada pembelajaran berbasis
praktikum fisika dengan kemampuan komunikatif siswa. Alasan yang
menjadi tidak terdapat hubungan antara kinerja dengan kemampuan
kolaboratif dan kemampuan komunikatif yaitu di lihat dari segi indikator
kinerja dengan kemampuan kolaboratif dan kemampuan komunikatif yang
memang setelah peneliti mencermati setiap indikator antara kinerja dengan
kemampuan kolaboratif dan kemampuan komunikatif tidak saling
berpengaruh dan tidak memiliki hubungan.
Kata kunci: Instrumen asesmen kinerja, kemampuan kolaboratif,
kemampuan komunikatif dan praktikum fisika1513022004 Nia Sumiyati-2022-04-12T07:53:27Z2022-04-12T07:53:27Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58135This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/581352022-04-12T07:53:27ZPENGARUH PENERAPAN INSTRUMEN PERFORMANCE ASSESSMENT
PADA PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN MODEL PROJECT BASED
LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN
KREATIF SISWA SMAPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan instrumen
Performance Assessment dengan model Project Based Learning terhadap
keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa
kelas XI MIA 2 MAN 1 Bandar Lampung . Desain penelitian yang digunakan
adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Berdasarkan hasil dari uji regresi
linier sederhana, Asymp. Sig. (2-Tailed) kurang dari 0,05 yaitu 0,000, maka dapat
dinyatakan terdapat pengaruh yang siginifikan instrumen Performance Assessment
dengan model Project Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis dan
kreatif siswa. Nilai uji regresi linier sederhana Performance Assessment dengan
model Project Based Learning terhadap keterampilan berpikir kritis pada kelas
eksperimen sebesar 42,5% dengan kategori cukup, nilai uji regresi linier
sederhana Performance Assessment dengan model Project Based Learning
terhadap keterampilan berpikir kreatif pada kelas eksperimen sebesar 57.3%
dengan kategori cukup. Terdapat pengaruh penerapan instrumen Performance
Nindi Sella Yuniarti Putri
iii
Assessment dengan model Project Based Learning terhadap keterampilan berpikir
kritis siswa, terdapat pengaruh pula penerapan instrumen Performance Assessment
dengan model Project Based Learning terhadap keterampilan berpikir kreatif
siswa dan terdapat pengaruh keterampilan berpikir kritis terhadap keterampilan
berpikir kreatif siswa.
Kata kunci: Instrumen Performance Assessment, Project Based Learning,
Keterampilan Berpikir Kritis, Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa.1513022011 Nindi Sella Yuniarti Putri-2022-04-12T07:53:11Z2022-04-12T07:53:11Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58134This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/581342022-04-12T07:53:11ZPENGEMBANGAN KOMIK FISIKA BERBASIS SCIENCE,
TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS
(STEM) UNTUK MENSTIMULASI PENGUASAAN
KONSEP PADA SISWA SMPSalah satu pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan untuk menstimulasi
penguasaan konsep adalah pendekatan pembelajaran STEM. Hal tersebut efektif
jika didukung dengan bahan ajar berupa komik fisika. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian research and development. Telah dilakukan uji validasi yang
terdiri dari uji ahli desain serta uji ahli materi dan produk dinyatakan valid serta
layak digunakan. Uji kemenarikan, kemudahan, dan kemanfaatan dilakukan oleh
siswa dan diperoleh hasil kemenarikan dengan 3,38, kemudahan dengan skor 3,38
dan kemanfaatan 3,31. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII G SMPN 3
Terbanggi Besar. Penelitian ini dilakukan menggunakan one group pre post
design. Data diuji dengan analisi N-gain, uji normalitas, dan paired sample t. Hasil dari uji nilai paired sample t diperoleh nilai Sig. (2-Tailed) kurang dari 0,05
yaitu 0,000, maka dapat dinyatakan terdapat pengaruh yang signifikan
penggunaan komik fisika berbasis STEM terhadap kemampuan penguasaan
konsep siswa. Berdasarkan nilai rata-rata N-gain kemampuan penguasaan konsep
Niswatul Khoiriyah
diperoleh sebesar 0,43 dengan kategori sedang. Sehingga penggunaan komik
fisika berbasis STEM ini mampu menstimulasi penguasaan konsep siswa.
Kata kunci: Komik Fisika, Penguasaan Konsep, STEM.1513022039 NISWATUL KHOIRIYAH-2022-04-12T07:52:54Z2022-04-12T07:52:54Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58133This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/581332022-04-12T07:52:54ZPENGARUH PENGGUNAAN MODEL TREFFINGER PADA
PEMBELAJARAN SUHU DAN KALOR TERHADAP
KETERAMPILAN BERPIKIR
KREATIF SISWAModel Treffinger memberikan solusi bagi guru dalam membantu siswa
mendapatkan pengalaman belajar yang bermakna melalui tahapan proses belajar
yang sistematis. Proses pembelajaran menggunakan model Treffinger dapat
melatih keterampilan berpikir kreatif siswa untuk belajar secara aktif dan kreatif,
sehingga pembelajaran berpusat pada siswa. Penelitian ini dilakukan untuk
mengetahui pengaruh penggunaan model Treffinger pada pembelajaran suhu dan
kalor terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa yang dilakukan di SMA
Muhammadiyah 2 Bandar Lampung pada tahun ajaran 2019/2020. Desain
penelitian menggunakan Pretest-posttest Control Group Design. Berdasarkan uji
hipotesis menggunakan uji Independent Sample T-test yang dilakukan dalam
penelitian, terdapat peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa sebelum dan
setelah dilaksanakan pembelajaran pada kelas yang menggunakan model
Treffinger dengan kelas yang menggunakan model Direct Intructions dengan
Novi Dwi Lestari
persentase kurang dari 5%. Hasil pengujian Effect size diperoleh nilai sebesar
0,984 menunjukkan bahwa model pembelajaran Treffinger dalam melatih
keterampilan berpikir kreatif siswa berkategori besar.
Kata kunci: keterampilan berpikir kreatif, model Treffinger, suhu dan kalor.1513022042 NOVI DWI LESTARI-2022-04-11T09:41:57Z2022-04-11T09:41:57Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58124This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/581242022-04-11T09:41:57ZPENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA POKOK
BAHASAN GETARAN BERBASIS INKUIRI TERMBIMBING
UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN
BERPIKIR KRITIS SISWA SMPPenelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis
inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada
materi getaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan
(R&D). Model pengembangan yang digunakan pada pengembangan ini mengacu
pada Lee & Owens (2004, p. 4).yaitu model ADDIE (Analyze, Design,
Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen pengumpulan data
yang digunakan berupa pedoman wawancara, angket uji validitas, dan angket uji
keterbacaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan
memiliki validitas sangat baik. Hal tersebut dapat dilihat berdasarkan rata-rata
skor pada uji ahli materi sebesar 90,55% dengan kualitas sangat baik dan uji ahli
media diperoleh rata-rata skor sebesar 87,58% dengan kualitas sangat baik.
Berdasarkan uji keterbacaan diperoleh rata-rata skor pada kelas A sebesar 82,27%
dan kelas B sebesar 80,64% dengan kualitas sangat baik. Hasil penelitian juga
Nurma Apriyana
iii
menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan sudah mampu meningkatkan
kemampuan berpikir kritis siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji n-gain
pada kelas A sebesar 0,74 dan kelas B sebesar 0,78 dengan kategori sedang, dan
nilai sig. pada uji paired sample t sebesar 0,00 pada kelas A dan B. Berdasarkan
hasil wawancara kepada guru dan siswa diperoleh respon yang baik terhadap LKS
yang dikembangkan. Simpulan dari penelitian ini adalah dihasilkan LKS berbasis
inkuiri terbimbing yang layak dan efektif dalam meningkatkan kemampuan
berpikir kritis siswa.
Kata kunci: LKS, Inkuiri Terbimbing, Berpikir Kritis1513022030 NURMA APRIYANA-2022-04-11T09:41:56Z2022-04-11T09:41:56Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58122This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/581222022-04-11T09:41:56ZPENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN PICTORIAL RIDDLE
BERBANTUKAN LKPD BERBASIS INQUIRY LEARNING
TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS
PADA MATERI PEMANTULAN CAHAYAStrategi pembelajaran yang diimplementasikan dengan teknik pembelajaran yang
didukung dengan media baik berupa gambar dua dimensi, animasi, ataupun video
dapat menjadikan peserta didik lebih mudah menangkap, memproses, dan
menyusun informasi visual atau verbal yang diterima sebagai pengetahuan dalam
proses pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
teknik pembelajaran pictorial riddle berbantukan LKPD berbasis inquiry learning
terhadap keterampilan proses sains peserta didik. Populasi pada penelitian ini
adalah peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 8 Bandarlampung, dan sampel
penelitiannya adalah kelas VIII-a dan VIII-b. Desain penelitian ini menggunakan
Non Equivalent Control Group Design. Nilai N-gain yang diperoleh dari hasil
pretest dan postetst diuji menggunakan uji Independent Sample T-test. Hasil uji
Independent Sample T-test diperoleh perbedaan N-gain yang signifikan dengan
tingkat signifikansi
iii
Reny Widyanti
< 0,05 dan effect size sebesar 0,9 yang berarti terdapat pengaruh penggunaan
teknik pemebelajaran pictroial riddle berbantukan LKPD berbasis inquiry
learning terhadap keterampilan proses sains dengan size pengaruh dalam kriteria
besar.
Kata Kunci: Inquiry learning, keterampilan proses sains, pemantulan cahaya, dan
pictorial riddle.1513022018 RENY WIDYANTI-2022-04-11T09:41:54Z2022-04-11T09:41:54Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58120This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/581202022-04-11T09:41:54ZIMPLEMENTASI MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM
PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS CORE
TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK
SAINS SISWAPembelajaran yang monoton dapat membuat siswa bosan, maka perlu dilakukan
inovasi dengan menggunakan media pembelajaran dan model pembelajaran yang
baru agar siswa lebih tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia interaktif dalam
pembelajaran fisika berbasis CORE terhadap keterampilan generik sains siswa.
Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas XI SMAN 9 Bandarlampung dan
sampelnya yaitu siswa kelas XI MIA 3. Penelitian ini menggunakan one group
pretest posttest design dengan uji Paired Sample T-Test diperoleh nilai Sig < 0,05
dan hasil rata-rata N-Gain yaitu 0,75 sehingga termasuk dalam kategori tinggi.
Hal ini berarti terdapat pengaruh penggunaan multimedia interaktif dalam
pembelajaran fisika berbasis CORE terhadap keterampilan generik sains siswa
yang ditandai dengan peningkatan rata-rata hasil pretest dan posttest siswa.
Kata kunci: CORE, Keterampilan Generik Sains, Multimedia Interaktif1513022022 RIA RAHMA NIDA-2022-04-11T09:41:53Z2022-04-11T09:41:53Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58117This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/581172022-04-11T09:41:53ZPENGEMBANGAN LKPD MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA
DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC BERFOKUS PADA
KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWAKeterbatasan lembar kerja peserta didik yang tersedia saat ini hanya berlaku
sebagai lembar penilaian dari materi pembelajaran yang sudah diberikan oleh guru
kepada siswa. Sehingga mereka hanya menjawab pertanyaan yang mereka
dapatkan dan kemudian menjawabnya sesuai tuntunan yang ada di buku panduan.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasikan LKPD berbasis Pendekatan Scientific
pada materi Suhu dan Perubahannya, mengetahui kevalidan desain dan materi
serta mengetahui kemenarikan dan kemudahan dari produk yang akan
dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan
metode Research and Development. Tahapan pengembangan ini adalah potensi
dan masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi produk, revisi
produk dan uji coba produk Produk LKPD ini diuji kevalidannya meliputi uji ahli
desain dan uji ahli materi. Hasil uji desain memperoleh nilai 3,31 dengan nilai
kualitatif sangat baik sedangkan hasil uji materi memperoleh nilai 3,02 dengan
nilai kualitatif baik. Hasil uji Kemenarikan produk LKPD memperoleh nilai 3,11
Rika Anggraini
dengan kategori menarik. Kemudahan produk LKPD memperoleh nilai 3,47
dengan kategori sangat mudah.
Kata kunci: LKPD, pendekatan scientific dan keterampilan berpikir kreatif.1113022049 RIKA ANGGRAINI-2022-04-11T09:41:51Z2022-04-11T09:41:51Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58111This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/581112022-04-11T09:41:51ZPENGEMBANGAN BUKU SISWA BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH
PADA MATERI SUHU DAN KALORThe objectives of this research were to develop and determine the attractiveness,
convenience, usefulness, effectiveness of student books based on scientific
approach on temperature and heat material. The development research method
used in this study refers to the method development by Sugiyono, namely:
Potential and problem analysis, Information collection, Product Design, Design
validation, Design revision, Product testing, Product revision, Usage trial, Product
revision, Mass production. The result from the application test which was
conducted to 20 students in eleventh grade of SMA Al-Anshor Gadingrejo that
student book based scientific approach on the subjects of temperature and heat
were attractiveness, quite convenience, usefulness, and effective to be used as a
learning media because the percentage of the students passing the KKM was
93,33%
Keywords: student book, scientific approach, temperature and heat
Penelitian bertujuan mengembangkan dan mendeskripsikan kemenarikan,
kemudahan, kemanfaatan, serta keefektifan buku siswa berbasis scientif approach
materi suhu dan kalor. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan mengacu
pada Sugiyono (2017: 407) yang meliputi: potensi dan masalah, pengumpulan
informasi, desain produk, validasi produk, revisi desain, ujicoba produk, revisi
produk, ujicoba pemakaian, revisi produk, dan produksi massal. Hasil uji coba
pemakaian yang dilakukan terhadap 20 siswa kelas XI SMA Al-Anshor Gadingrejo
menunjukkan buku siswa berbasis scientif approach materi suhu dan kalor
menarik, cukup mudah, bermanfaat, dan efektif sebagai media pembelajaran
karena 93,33% siswa tuntas KKM.
Kata kunci: buku siswa, scientific approach, suhu dan kalor1213022068 SELLA NOVIA ANGGRAINI-2022-04-11T09:41:50Z2022-04-11T09:41:50Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58106This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/581062022-04-11T09:41:50ZPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF
MENGGUNAKAN ADOBE FLASH PADA MATERI
RANGKAIAN ARUS SEARAH DENGAN
PENDEKATAN SAINSTIFIKPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media pembelajaran
interaktif menggunakan Adobe Flash pada materi Rangkaian Arus Searah yang
sesuai dengan pendekatan sainstifik. Penelitian ini merupakan penelitian
pengembangan dengan prosedur pengembangan menurut tahapan Borg and Gall.
Desain media pembelajaran Adobe Flash menyajikan kompetensi, materi,
simulasi, dan evaluasi yang sesuai dengan pendekatan sainstifik. Uji kelayakan
produk meliputi uji kelayakan isi dan uji kelayakan konstruk dilakukan dengan
dua orang ahli dalam bidang pendidikan fisika, serta uji keterbacaan dilakukan
dengan lima orang siswa dan uji efektivitas dilakukan dengan 26 orang siswa.
Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan di MA Negeri 2 Tulang Bawang
Barat pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 diperoleh hasil uji keterbacaan
bahwa kualitas media pembelajaran interaktif dengan Adobe Flash sangat
menarik, mudah, sangat bermanfaat, serta efektif yang ditunjukan dengan
presentase ketuntasan 76,92% siswa lulus KKM. Adapun hasil uji kelayakan
Siska Ayu Agustin
produk diperoleh skor hasil uji kelayakan isi 93,33% pada kualifikasi sangat valid
dan hasil skor uji kelayakan konstruk 95,94% pada kualifikasi sangat valid.
Kata kunci: Media Pembelajaran Interaktif, Adobe Flash, Pendekatan Sainstifik.1213022071 Siska Ayu Agustin-2022-04-11T09:41:48Z2022-04-11T09:41:48Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58101This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/581012022-04-11T09:41:48ZPENGARUH PENGGUNAAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
(LKPD) BERBASIS ExCluSiVE PADA PEMBELAJARAN ALAT
OPTIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIFPenggunaan media pembelajaran saat ini sangat penting dalam meningkatkan
kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan
untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKPD berbasis ExCluSiVE pada
pembelajaran alat optik terhadap kemampuan berpikir kreatif. Populasi pada
penelitian ini adalah peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Sumberejo, dan
sampel penelitiannya adalah kelas XI IPA 1 dan XI IPA 2 semester genap tahun
ajaran 2018/2019. Desain penelitian ini menggunakan non-equivalent control grup
design. Peserta didk diberi pretest kemudian diberi perlakuan dan dilakukan posttest
setelah diberi perlakuan, setelah itu diperoleh nilai N-gain yang akan diuji
menggunakan uji Independent Sample T-Test. Hasil uji Independent Sample T-Test
diperoleh perbedaan N-gain yang signifikan dengan tingkat signifikansi < 0,05,
berarti terdapat pengaruh yang signifikan penggunakan LKPD berbasis
ExCluSiVE pada pembelajaran optik terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta
didik.
Kata kunci: ExCluSiVE, kemampuan berpikir kreatif, alat optik1513022014 SITI NURMAHUDINA-2022-04-11T09:40:23Z2022-04-11T09:40:23Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58096This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/580962022-04-11T09:40:23ZPENGEMBANGAN LKPD MATERI ELASTISITAS BAHAN DAN
HUKUM HOOKE DENGAN SCIENTIFIC APPROACH
BERKARAKTER KETERAMPILAN
BERPIKIR KREATIF SISWAPada umumnya, LKPD yang digunakan di sekolah masih menekankan pada aspek
penguasaan konsep materi saja, sedangkan aspek keterampilan belum sepenuhnya
dikembangkan. Berdasarkan hasil angket analisis kebutuhan guru dan siswa di
SMK Negeri 1 Terusan Nunyai Lampung Tengah bahwa diperlukann suatu
perangkat penunjang pembelajaran LKPD dengan scientific approach berkarakter
keterampilan berpikir kreatif siswa ini bertujuan agar membantu siswa berpikir
secara aktif dan kritis dan mampu memunculkan kreatifitas yang dimiliki siswa. Kondisi inilah yang melatarbelakangi untuk melakukan pengembangan LKPD
dengan scientific approach berkarakter keterampilan berpikir kreatif siswa.
Metode penelitian pengembangan LKPD ini menggunakan Research and
Development. Tujuan penelitian ini adalah (1) menghasilkan produk LKPD; (2)
mengetahui kevalidan LKPD, serta (3) mengetahui kemenarikan dan kemudahan
LKPD.
Tri Lestari
Tahap pengembangannya adalah: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data,
(3) desain produk, (4) validasi produk, (5) revisi produk, dan (6) uji coba produk. Tahap validasi produk diberikan kepada 3 validator diperoleh bahwa produk telah
valid dan dapat digunakan. Sedangkan untuk tahap uji coba produk dilakukan di
SMK Negeri 1 Terusan Nunyai Lampung Tengah melalui tahap uji satu lawan
satu dengan jumlah 3 siswa. Produk LKPD diuji kevalidan dilakukan melalui uji validitas/ahli desain dan
materi. Hasil uji validasi desain didapatkan skor penilaian 3,38 dengan pernyataan
kualitatif sangat baik, dan hasil uji validasi materi didapatkan skor penilaian 3,08
dengan pernyataan kualitatif baik. Kemudian LKPD yang dikembangkan
diujicobakan kepada 3 siswa untuk mengetahui kemenarikan dan kemudahan
LKPD. Hasilnya didapatkan bahwa kemenarikan produk LKPD memperoleh nilai
3,33 dengan kategori sangat menarik dan kemudahan produk LKPD memperoleh
nilai 3,38 dengan kategori sangat mudah. Kata kunci: LKPD, scientific approach dan keterampilan berpikir kreatif.1113022063 Tri Lestari-2022-04-11T09:40:21Z2022-04-11T09:40:21Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58094This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/580942022-04-11T09:40:21ZPENGARUH PENGGUNAAN TRACKER PADA PEMBELAJARAN
GERAK HARMONIK SEDERHANA BERBASIS INKUIRI
TERBIMBINGTERHADAPKETERAMPILAN
INTERPRETASI GRAFIK SISWAAplikasi tracker dalam pembelajaran gerak harmonis dapat membantu dalam
melakukan pelacakan gerak benda pada suatu waktu yang lebih presisi dan akurat,
membantu siswa mendapatkan track benda sehingga berdasarkan track tersebut
siswa dapat dibimbing untuk menemukan konsep atau persamaan gerak benda.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan
tracker pada pembelajaran gerak harmonik sederhana berbasis inkuiri terbimbing
terhadap keterampilan interpretasi grafik siswa. Populasi penelitian ini yaitu
seluruh siswa kelas X SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Sampel penelitian ini
yaitu siswa kelas X MIPA 3 SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Desain penelitian
yang digunakan adalah One Group Pretest-Postest Design. Pembelajaran
dilakukan dengan melakukan kegiatan praktikum gerak harmonik sederhana
berbasis inkuiri terbimbing, kemudian mengolah data percobaan dengan
menganalisis video percobaan menggunakan aplikasi tracker. Data keterampilan
interpretasi grafik siswa diperoleh dari proses pembelajaran berupa pretest dan
posttest. Teknik analisis menggunakan Paired Sample T-Test. Berdasarkan hasil
Vinka Raflesiana
iii
penelitian diperoleh skor rata-rata keterampilan menginterpretasi grafik
mengalami kenaikan sebesar 58,64% pada taraf kepercayaan 95% dengan rata-
rata N-Gain kategori sedang (0,68). Hasil tersebut menunjukkan bahwa
pembelajaran dengan menggunakan tracker dapat meningkatkan keterampilan
interpretasi grafik dengan baik dengan nilai signifikasi sebesar 0,00.
Kata kunci: gerak harmonik sederhana, inkuiri terbimbing, keterampilan
interpretasi grafik, tracker.1413022070 VINKA RAFLESIANA-2022-04-11T09:40:20Z2022-04-11T09:40:20Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58093This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/580932022-04-11T09:40:20ZPENGARUH MODUL MULTIMEDIA BERBASIS ANDROID PADA
MATERI FLUIDA STATIS TERHADAP PEMAHAMAN
KONSEP FISIKA SISWA SMAKemampuan siswa dalam memahami konsep fisika masih lemah, sehingga perlu
menggunakan sumber belajar yang mampu meningkatkan pemahaman konsep
siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modul multimedia
berbasis android terhadap pemahaman konsep fisika siswa SMA pada materi
fluida statis. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2
SMA Negeri 1 Raman Utara. Penelitian ini dilakukan dengan tipe pretest-posttest
control group design. Data yang didapat kemudian diuji dengan analisi N-gain, uji
normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t-test, dan uji effect size.
Data hasil penelitian dikumpulkan menggunakan pretest dan posttest dengan
indikator pemahaman konsep. Hasil menunjukkan bahwa penggunaan multimedia
berbasis android berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa pada materi
fluida statis. Hasil penelitian diperoleh skor rata-rata N-gain kelas eksperimen dan
kelas kontrol sebesar 0,54 dan 0,31 dengan kategori sedang dan nilai effect size
sebesar 2,8 dengan kategori besar. Hasil uji beda menggunakan independent
sample t-test dengan tingkat signifikansi < 0,05 menunjukkan terdapat perbedaan
Winarti Purnama Sari
iii
yang signifikan terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa yang
menggunakan menggunakan modul multimedia berbasis android dan siswa yang
menggunakan modul cetak.
Kata kunci: fluida statis, modul multimedia berbasis android, pemahaman
konsep.1513022002 WINARTI PURNAMA SARI-2022-04-11T09:40:18Z2022-04-11T09:40:18Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/58088This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/580882022-04-11T09:40:18ZPENGARUH PENERAPAN BLENDED LEARNING BERBASIS
SCHOOLOGY PADA MATERI LISTRIK DINAMIS
TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR
KRITIS SISWATujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan blended
learning berbasis schoology pada materi listrik dinamis terhadap kemampuan
berpikir kritis siswa. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas XII IPA 1 dan XII
IPA 2 SMA N 5 Metro. Desain penelitian yang digunakan adalah Non-Equivalent
Control Group. Pada kelas eksperimen dilakukan pembelajaran blended learning
berbasis schoology dengan model inkuiri tarbimbing sedangkan pada kelas
kontrol digunakan pembelajaran konvensional.
Pada kelas eksperimen rata-rata nilai pretes dan posttest sebesar 33,28 dan
62,34 sedangkan pada kelas kontrol rata-rata pretes dan posttest sebesar 35,91
dan 44,09. Nilai rata-rata N-gain kemampuan berpikir kritis pada kelas ekperimen
sebesar 0,43 dengan kategori sedang, sedangkan kelas kontrol dengan kategori
rendah sebesar 0,10. Berdasarkan hasil dari uji Independent Sample T-test, nilai
thitung> ttabel (7,266 > 0,2027) nilai Asymp. Sig. (2-Tailed) kurang dari 0,05 yaitu
sebesar 0,000, maka Ho ditolak sehingga dapat dinyatakan terdapat pengaruh
yang siginifikan pembelajaran blended learning berbasis schoology terhadap
kemampuan berpikir kritis.
Pada pelaksanaan pembelajaran banyak melakukan diskusi dan
eksperimen sehingga meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Pelaksanaan pembelajaran kelas eksperimen 8 kali online learning dan 4 kali tatap
muka sedangkan kelas kontrol hanya 4 kali pertemuan tatap muka. Hasil angket
siswa didapatkan setelah pembelajaran blended learning banyak siswa yang
tertarik dan menambah kemampuan berpikir kritis siswa pada saat pembelajaran
melakukan blended learning.
Kata kunci: blended learning, schoology , dan kemampuan berpikir kritis.1513022041 WIWIK SUCI AMBAR NINGSIH-