Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T17:25:26ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2022-04-19T04:05:07Z2022-04-19T04:05:07Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/59867This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/598672022-04-19T04:05:07ZPENGARUH PENERAPAN SUPLEMEN BUKU SISWA BERBASIS
SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP HASIL BELAJAR DAN
SIKAP ILMIAH SISWAPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan
suplemen buku siswa berbasis scientific approach terhadap hasil belajar dan sikap
ilmiah pada materi dinamika gerak. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IPA
1 dan siswa kelas X IPA 2 SMAN 15 Bandarlampung, di mana siswa kelas X IPA
1 berjumlah 35 orang dan siswa kelas X IPA 2 berjumlah 34 orang. Penelitian ini
menggunakan tipe penelitian pretest-posttest control group design. Data yang
didapat kemudian diuji dengan analisis N-gain, uji normalitas, uji homogenitas, uji
independent sampel t-test, dan analisis effect size Cohen’s D.
Rata-rata N-gain hasil belajar pada kelas eksperimen 0,75 dan kelas kontrol
0,62. Rata-rata N-gain sikap ilmiah pada kelas eksperimen 0,32 dan kelas kontrol
0,23. Hasil uji beda N-gain hasil belajar menunjukkan nilai sig. (2-tailed) dengan
nilai kurang dari 0,05 yaitu 0,001, maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan penerapan suplemen buku berbasis scientific approach terhadap hasil
belajar. Hasil uji beda N-gain sikap ilmiah siswa menunjukkan nilai sig. (2-tailed)
dengan nilai kurang dari 0,05 yaitu 0,000, maka disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan penerapan suplemen buku berbasis scientific approach
terhadap sikap ilmiah siswa. Nilai effect size hasil belajar ialah 0,88 dan sikap
ilmiah ialah 1,34. Berdasarkan nilai rata-rata N-gain siswa kelas eksperimen yang
lebih tiggi dari kelas kontrol dan effect size yang diperoleh, maka suplemen buku
siswa berbasis scientific approach dapat digunakan untuk membantu meningkatkan
hasil belajar sikap ilmiah siswa.
Kata Kunci: Suplemen Buku Siswa, Scientific Approach, Hasil Belajar, Sikap
Ilmiah.
1313022013 DENI KURNIAWAN-