Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T06:26:16ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-01-26T04:57:03Z2016-01-26T04:57:03Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20388This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/203882016-01-26T04:57:03ZANALISIS TINGKAT KECERDASAN INTELEGENSI QUOTIENT ( IQ )
BERDASARKAN LATAR BELAKANG STATUS SOSIAL ORANG TUA
SISWA PADA KELAS X DI SMA NEGERI 1 BANDAR LAMPUNG TAHUN
PELAJARAN 2009/2010Abstrak
Kecerdasan intelegensi adalah Kemampuan umum seseorang untuk memahami,
mengolah, melihat hubungan-hubungan dan memecahkan masalah yang
dihadapinya, Disamping itu juga dapat mengambarkan kemampuan dalam bidang
penalaran,keruangan dan ketepatan persepsi. Sedangkan status sosial merupakan
tempat seseorang secara umum dalam masyarakat yang berhubungan dengan orang
lain dalam arti lingkungan pergaulan, prestise, serta hak dan kewajibannya.
Berdasarkan pembatasan masalah diatas ,maka masalah dalam penelitian ini adalah
“Bagaimanakah tingkat kecerdasan siswa berdasarkan latar belakang status sosial
orang tua pada kelas X di SMA Negeri 1 Bandar Lampung “
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif karena
bertujuan untuk menganalisis kenyataan berdasarkan fakta yang tampak atau terjadi
dengan menggunakan teknik pokok angket dan teknik penunjang wawancara dan
kepustakaan. Penelitian ini merupakan penelitian sampel karena dalam penelitian ini
berjumlah 20 orang responden. Teknik pokok pengumpulan data yang digunakan
adalah menggunakan angket, dan teknik penunjang lainnya seperti wawancara dan
kepustakaan. Berdasarkan hasil analisis data, dapat diketahui bahwa sebanyak 45%
atau sebanyak 9 orang siswa memiliki tingkat intelegensi yang tinggi dan 40 % atau
sebanyak 8 orang siswa memiliki tingkat intelegensi rata-rata dan 15% atau sebanyak
3 orang siswa memiliki tingkat intelegensi yang rendah. Dari hasil pengamatan status
sosial siswa didapat sebanyak 35% atau sebanyak 7 siswa memiliki status sosial
yang rendah dan 30% atau sebanyak 6 siswa memiliki status sosial yang sedang dan
juga 35% atau sebanyak 7 siswa memiliki status sosial yang tinggi.
Tiara Dewi Amanda
Sehingga dari hasil analisisi yang di lapangan dapat disimpulkan bahwa walaupun
dengan keadaan ekonomi yang rendah tidak mempengaruhi tingkat kecerdasan
seseorang, hal ini dipertegas dari data persentase sebanyak 15% atau sebanyak 3
orang siswa yang memiliki tingkat intelegensi yang dibawah rata-rata,dan hampir
sebagian 3 orang tersebut berasal dari ekonomi menengah.TIARA DEWI AMANDA 0613032042