Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T20:34:48ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2018-07-16T03:57:35Z2018-07-16T03:57:35Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32140This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/321402018-07-16T03:57:35ZPENGGUNAAN EJAAN BAHASA INDONESIA PADA KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMPN 1 METRO TAHUN PELAJARAN 2017/2018
(SUATU KAJIAN ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA)Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia pada karangan deskripsi siswa kelas VII SMPN 1 Metro berdasarkan taksonomi kesalahan berbahasa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah karangan deskipsi siswa
kelas VII SMPN 1 Metro tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan tugas karangan deskripsi yang dibuat oleh siswa. Selanjutnya karangan tersebut dianalisis berdasarkan dua taksonomi kesalahan berbahasa, yaitu taksonomi siasat permukaan dan taksonomi efek komunikatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Ejaan Bahasa Indonesia pada karangan deskripsi siswa kelas VII SMPN 1 Metro adalah sebagai berikut (1) berdasarkan taksonomi siasat permukaan muncul kesalahan (a) penghilangan (omission), (b) penambahan (addition), dan (c) pembentukan (misformation) dan
(2) berdasarkan taksonomi efek komunikatif muncul kesalahan (a) lokal dan (b) global. Ejaan yang dominan mengalami kesalahan adalah penggunaan huruf kapital.
1413041049 MEDIATI FIRDAUSAmediatif88@gmail.com2018-07-04T07:36:38Z2018-07-04T07:36:38Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32049This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/320492018-07-04T07:36:38ZStruktur Kalimat dalam Buku Biografi Cut Nyak Din Karya Muchtaruddin Ibrahim dan Implikasinya pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMARumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana struktur kalimat dalam biografi Cut Nyak Din karya Muchtaruddin Ibrahim dan bagaimana implikasinya pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan struktur kalimat biografi CND berdasarkan fungsi, kategori, dan peran semantis serta implikasinya pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dan teknik analisis data yang digunakan menggunakan teori tagmemik.
Hasil penelitian ini menunjukkan struktur berdasarkan fungsi terdiri atas subjek, predikat, objek, pelengkap, dan keterangan. Masing-masing fungsi ditempati kategori dan peran. Subjek ditempati oleh kategori nomina, frasa nominal, dan frasa pronominal. Predikat ditempati kategori frasa nominal, frasa numeral, verba, frasa verbal, adjektiva, dan frasa adjektival. Objek ditempati kategori nomina, frasa nominal, pronomina, dan frasa pronominal. Pelengkap ditempati kategori nomina, frasa pronominal, frasa numeral, verba, frasa verbal, dan frasa adjektival. Keterangan ditempati kategori nomina, frasa numeral, preposisi, dan frasa preposisi.
Kemudian, subjek ditempati peran pelaku, pengalam, penderita, tempat, dikenal, dan penerima. Predikat ditempati peran perbuatan, keadaan, pengenal, ukuran, dan pemerolehan. Objek ditempati peran penderita dan hasil. Pelengkap ditempati peran pelaku, penderita, alat, dan jangkauan. Keterangan ditempati peran pelaku, hasil, tempat, sebab, waktu, asal, ukuran, alat, penyerta, cara, jangkauan, penerima, dan perbandingan. Hasil penelitian ini dapat diimplikasikan sebagai acuan materi pembelajaran guru dalam membelajarakan materi biografi pada kelas X, yaitu pada Kompetensi Inti 3, Kompetensi Dasar 3.15 tentang biografi pada kurikulum 2013 pelajaran Bahasa Indonesia edisi revisi 2016.1413041075 Ulfa Mia Lestarilestarimia83@gmail.com2014-12-31T04:48:54Z2014-12-31T04:48:54Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/6309This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/63092014-12-31T04:48:54ZKONFLIK DALAM NOVEL PEREMPUAN PENUNGGANG HARIMAU KARYA MUHAMMAD HARYA RAMDHONI DAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SEKOLAH MENENGAH ATASPenelitian ini membahas konflik dalam novel Perempuan Penunggang Harimau
karya Muhammad Harya Ramdhoni dan pembelajaran sastra di Sekolah Menengah
Atas (SMA). Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan empat konflik pada
novel Perempuan Penunggang Harimau karya Muhammad Harya Ramdhoni dan
kaitannya dengan pembelajaran sastra di SMA. Konflik ditinjau dari segi alur dan
tokoh pada novel tersebut. Pembelajaran sastra menggunakan bahasan konflik
sebagai bahan ajar dalam merancang rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan
menggunakan pendekatan kontekstual. Sumber data dalam penelitian ini berupa
bagian teks pada novel Perempuan Penunggang Harimau karya Muhammad
Harya Ramdhoni. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan dan analisis data
menggunakan teknik analisis teks.
Hasil penelitian ini terdiri atas tokoh-tokoh cerita, empat jenis konflik, dan
rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Tokoh cerita merupakan pengenalan
bagi pembaca mengenai sifat dan karakter dari pelaku cerita. Konflik pada novel
tersebut bersumber pada ramalan leluhur tentang akhir Kerajaan Sekala Bgha.
Tokoh cerita mempunyai pertentangan (konflik) dengan diri sendiri atau orang
lain. Konflik pada novel tersebut terdiri atas konflik manusia dengan diri sendiri
(konflik batin), konflik antarmanusia, dan konflik manusia dengan masyarakat.
Tidak terdapat konflik manusia dengan alam karena di dalam novel tersebut tokoh
cerita tidak bermasalah dengan Gunung Pesagi. Novel Perempuan Penunggang
Harimau digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran sastra di SMA. Bahan ajar
disusun berdasarkan pada bagian teks pada novel yang mengandung unsur konflik
selanjutnya digunakan sebagai materi dalam rencana pelaksanaan pembelajaran
(RPP) pada siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas (SMA).1013041088 RIRIS KRISTIANI ROSARIA KABANLOVEALFRIS1714@GMAIL.COM2014-12-30T07:49:58Z2014-12-30T07:49:58Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/6265This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/62652014-12-30T07:49:58ZNilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Haji Ngeteng Karya Eko Kusumawijaya dan Kelayakannya Sebagai Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Kelas XIIMasalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah nilai-nilai pendidikan karakter pada novel Haji
Ngeteng karya Eko Kusumawijaya dan kelayakannya sebagai bahan ajar mata pelajaran bahasa
Indonesia di SMA kelas XII. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai
pendidikan karakter pada novel Haji Ngeteng karya Eko Kusumawijaya dan kelayakannya
sebagai salah satu bahan ajar mata pelajaran bahasa Indonesia di SMA kelas XII.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.
Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Haji Ngeteng karya Eko Kusumawijaya. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa dalam novel Haji Ngeteng karya Eko Kusumawijaya terdapat
nilai-nilai pendidikan karakter. Jumlah nilai-nilai pendidikan karakter yang ditemukan sebanyak tujuh
puluh satu data yang meliputi (1) religius sebanyak tiga belas data (2) jujur sebanyak satu data, (3)
ii
toleransi sebanyak tiga data, (4) disiplin sebanyak lima data, (5) kerja keras sebanyak tujuh data (6)
kreatif sebanyak empat data, (7) mandiri sebanyak tiga data, (8) demokratis sebanyak empat data, (9) rasa
ingin tahu sebanyak sembilan data, (10) semangat kebangsaan sebanyak empat data, (11) menghargai
prestasi sebanyak dua data, (12) bersahabat/komunikatif sebanyak tiga data, (13) cinta damai sebanyak
satu data, (14) gemar membaca sebanyak tiga data, (15) peduli lingkungan sebanyak satu data, (16) peduli
sosial sebanyak enam data, dan (17) tanggung jawab sebanyak dua data. Novel Haji Ngeteng karya Eko
Kusumawijaya layaka untuk dijadikan sebagai salah satu bahan ajar mata pelajaran bahasa Indonesia di
SMA kelas XII. Hal ini berdasarkan kriteria pemlihan bahan pembelajaran sastra yang ditinjau dari aspek
kurikulum, aspek pendidikan karakter, dan aspek kesastraan.0813041045 Rendi Deswantonirendi_deswantoni@yahoo.co.id