Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T14:45:07ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2018-10-15T05:00:56Z2018-10-15T05:00:56Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/33713This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/337132018-10-15T05:00:56ZANALISIS FRAMING PADA MAJALAH TEMPO DALAM PEMBERITAAN KEBANGKITAN PKI
(Studi Pada Majalah Tempo Edisi 16 – 22 Mei Dan 25 September – 1 Oktober 2017)Isu kebangkitan PKI mencuat sejak Pilpres 2014 dan menjadi topik pemberitaan yang populer di media massa nasional pada media 2016-2017, terkait dengan sejumlah peristiwa yang terjadi menjelang Pilkada DKI di tahun 2017. Isu ini tidak terbantahkan lagi, memiliki kaitan dengan situasi politik di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembingkaian berita tentang isu kebangkitan PKI yang dimuat oleh salah satu media besar di Indonesia, yaitu Tempo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis framing dari Gamson dan Lasch. Objek penelitian ini adalah berita tentang kebangkitan PKI di Majalah Tempo edisi 16-22 Mei 2016 dan edisi 25 September-1 Oktober. Hasil penelitian menunjukan bahwa Majalah Tempo membingkai isu tersebut dengan menunjukan kesan bahwa kebangkitan PKI bukanlah suatu ancaman yang nyata. Dalam konteks ideologi media, framing yang dilakukan Majalah Tempo dalam memberitakan isu kebangkitan PKI tersebut menggunakan ideologi media soft.
Kata kunci: Framing Gamson & Lasch, Majalah Tempo, Ideologi Media, Isu Kebangkitan PKI
abstract
The issue of the PKI was emerged since the presidential election on 2014 and became a popular topics in national mass media since 2016 until 2017. It is related to a number of events or incident that occurred before the DKI elections in 2017. This issue is undeniable, has a connected to the political situation in Indonesia recent years. This study aims to determine framing the news about the issue of the ressurection of PKI which was published by one of the major media, namely Tempo. This study uses a qualitative with the method is framing analysis from gamson and lasch. The object of this research is the news about the ressurection of PKI in Tempo Magazine edition 16 until 22 May 2016, and edition September 25 to October 1, 2017. The results of this study indicate that Tempo Magazine framed the issue by showing the impression that the ressurection of the PKI was not a real threat. In the context of media ideology, the framing conducted by Tempo Magazine in reporting the issue ressurection of PKI by used soft media ideology.
Keywords: Gamson & Lasch Framing, Tempo Magazine, Media Ideology, PKI Awakening Issues1416031088 Nadia Larasati Putrinadiaputri1148@yahoo.com2018-10-15T04:18:39Z2018-10-15T04:18:39Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/33679This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/336792018-10-15T04:18:39ZPENGARUH MOTIVASI INTRINSIK DAN EKSTRINSIK TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT MASA KINI MANDIRI HARIAN
LAMPUNG POSTSebuah organisasi akan berkembang dengan baik jika memiliki manajemen sumberdaya manusia yang dikelola dengan baik. Motivasi memiliki dampak terhadap kinerja dimana seseorang memiliki dorongan semangat yang tinggi untuk bekerja lebih baik. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah tidak tercapainya target penjualan, karyawan yang kurang inisiatif, besarnya jumlah turnover serta jarangnya pemberian kompensasi pada PT Masa Kini Mandiri Harian Lampung Post. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui apakah motivasi intrinsik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja serta apakah motivasi ekstrinsik berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi berjumlah 228 0rang dan jumlah sampel 145 orang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner skala likert. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa seluruh hipotesis diterima secara parsial. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa baik motivasi intrinsik maupun motivasi ekstrinsik memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PT Masa Kini Mandiri Harian Lampung Post. Artinya semakin tinggi tingkat motivasi yang dimiliki karyawan akan semakin baik kinerjanya. Kata kunci: motivasi intrinsik, motivasi ekstrinsik, kinerja
EFFECT OF INTRINSIC AND EXTRINSIC MOTIVATION TO EMPLOYEE
PERFORMANCE PT MASA KINI MANDIRI HARIAN LAMPUNG POST
An organization will develop well if it has well managed human resource management.
Motivation has an impact on performance where someone has a high motivation to work better.
The problems discussed in this study are not achieving sales targets, employees who are less
initiative, the large number of turnover and the rarely giving compensation to PT Masa Kini
Mandiri Harian Lampung Post. The purpose of this study is to determine whether intrinsic
motivation has a positive and significant effect on performance and whether extrinsic motivation
has a positive and significant effect on performance. The method in this study uses a quantitative
method with population of 228 people and sample of 145 people. Data collection method in this
study uses a Likert scale questionnaire. The results of the study show that all hypotheses are
partially accepted.
The conclusions in this study indicate that intrinsic motivation or extrinsic motivation have a
positive and significant influence on the employe performance of PT Masa Kini Mandiri Harian
Lampung Post. This means that the higher the level of motivation that employees have, the better
their performance will be.
Keywords: intrinsic motivation, extrinsic motivation, performance.1411011031 Eko Setiawanekosetiawanu@yahoo.co.id2018-04-03T05:18:08Z2018-04-03T05:18:08Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30853This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/308532018-04-03T05:18:08ZANALISIS FRAMING PEMBERITAAN PENODAAN AGAMA PADA SITUS BERITA ONLINE (STUDI PADA KOMPAS.COM PERIODE JANUARI - FEBRUARI 2017) Munculnya penodaan agama di kancah perpolitikan Indonesia, khususnya di era reformasi ini tentunya diawali pada Pemilihan Gubernur DKI Jakarta pada tahun 2012 silam. Dengan korban ter-jeblosnya Calon Gubernur Petahana yang notabene merupakan seorang non-muslim ke penjara, yaitu Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab disapa Ahok. Dengan latar belakang tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui analisis framing Pemberitaan Penodaan Agama pada Situs Berita Online (Studi pada Kompas.com Periode Januari – Februari 2017). Pemberitaan yang dipilih ialah mengenai pemberitaan penodaan agama dalam situs berita Kompas.com periode januari-februari 2017. Penelitian ini dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif bersifat deskriptif dengan metode penelitian framing model Gamson dan Modigliani. Berdasarkan hasil penelitian yang ditemukan dapat dijelaskan bahwa Ahok adalah korban politik identitas dari penodaan agama dalam kasus tersebut. Hasil tersebut dijelaskan berdasarkan analisis framing model Gamson dan Modigliani yang berfokus pada Framing Device (Methapors, Cacthprase, Examplers, Depictions, Visual images) dan Reasoning Device (Roots, Appeal to Principe, Consequence).
Kata kunci: Analisis Framing, Penodaan Agama. Analisis Framing Gamson dan Modigliani, Kompas.com
ABSTRACT
The emergence of religious blasphemy in Indonesian politics, especially in this reformation era is certainly preceded in the Jakarta Governor election in the year 2012 ago. By giving away the first Candidate, who in fact is a non-Muslim, to prison, namely Basuki Tjahaja Purnama or who is familiarly called Ahok. By this background, this research was conducted to find out framing analysis of Blasphemy Coverage on Online News Site (Study on Kompas.com Period from January to February 2017). The selected news was about religious blasphemy coverage in Kompas.com news site period January – February 2017. This study was analyzed using descriptive qualitative approaches with research methods framing Gamson and Modigliani models. Based on the research results found, it can be explained that Ahok was the victim of identity politics from religious blasphemy in the case. In addition, the results are described based on the Gamson and Modigliani model framing analysis that focuses on Framing Devices (Methapors, Cacthprases, Examplers, Depictions, Visual Images) and Reasoning Devices (Roots, Appeal to Principe, Consequence).
Keywords: Framing Analysis, Blasphemy. Gamson Frame Analysis and Modigliani, Kompas.com.1416031039 Debie Dwi Anggraini Mddebiedwianggrainimd@gmail.com2017-12-28T03:41:01Z2017-12-28T03:41:01Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29517This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/295172017-12-28T03:41:01ZFRAMING ISLAM PROGRESIF
(Studi Analisis Terhadap Gerakan Islam Progresif Dalam Situs Islambergerak.com Periode 2014-2017)Islam Progresif merupakan teologi islam yang menekankan seruannya terhadap keadilan sosial dan penegakan nilai-nilai humanis. Islam progresif memberikan pemahaman baru mengenai Islam yang lebih segar dan selaras dengan perkembangan dunia saat ini. Islambergerak.com merupakan salah satu media yang menyerbarkan gagasan-gagasan Islam progresif, Ada salah satu hal yang menarik disini, yaitu konstruksi pesan yang ingin dibangun. Untuk itu tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Konstruksi Gagasan Islam yang dilakukan oleh kelompok Islam progresif dalam situs web Islambergerak.com?. Penelitian ini menggunakan analisis isi kuantitatif model YACT Irina Wolf dan analisis kualitatif framing Gamson dan Modigiani. Pengumpulan data dilakukan dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dari kumpulan artikel yang dimuat dalam laman islambergerak.com serta wawancara dengan pendiri laman islambergerak.com. Hasil dari penelitian ini adalah dari 113 artikel yang diteliti, tema Politik Islam ditulis sebanyak 47 (32,8%) artikel, tema Identitas Sosial ditulis sebanyak 62 (54.9%) artikel dan tema Gerakan Islam Indonesia ditulis sebanyak 14 (12.4%) artikel. Tema Identitas Sosial lebih banyak ditulis karena berkaitan dengan ideologi Islambergerak.com sendiri yang menganut teologi Islam Progresif yakni Islam yang menjunjung tinggi nilai keadilan sosial dan kesetaraan. Hasil framing dalam penulisan arikel terhadap kategori Politik Islam, Identitas Sosial dan Gerakan Islam Indonesia proses framing dalam banyak hal dibingkai secara negatif, bersama itu pula ada bujukan untuk bersama-sama menganut teologi Islam baru yang lebih mencerahkan, mengedepankan keadilan, kesetaraan dan menjunjung tinggi nilai-nilai humanis.
Kata Kunci : Islam Progresif, Framing Gamson dan Modigliani
abstract
Progressive Islam is an Islamic theology that emphasizes its call for social justice and the enforcement of humanist values. Progressive Islam provides a fresh understanding of Islam that is fresher and in tune with the development of the world today. Islambergerak.com is one of the media that propagates progressive Islamic ideas. There is one interesting thing here, namely the construction of messages to be built. For that purpose in this study is to find out how the Construction of Islamic Ideas conducted by a progressive Islam group in Islambergerak.com website ?. This research uses quantitative content analysis of YACT Irina Wolf model and qualitative analysis of Gamson and Modigiani framing. Data collection was done in this study using documentation techniques from the collection of articles contained in the page islambergerak.com as well as interviews with the founder of islambergerak.com page. The result of this research is from 113 articles studied, Islamic Political theme written as 47 (32,8%) article, Social Identity theme written as many as 62 (54.9%) article and theme of Islamic Movement Indonesia written as many as 14 (12.4%) article. The theme of Social Identity is written more because it deals with Islambergerak.com's own ideology that embraces Progressive Islam theology of Islam that upholds the value of social justice and equality. The result of framing in the writing of arikel to the category of Islamic Politics, Social Identity and Islamic Movement of Indonesia. The framing process is in many ways negatively framed, along with it there is persuasion to jointly embrace a new, enlightening theology of Islam, promoting justice, equality and upholding values -humanist value.
Keywords: Progressive Islam, Framing Gamson and Modigliani 1316031010 Ardis Alzena Andriniardisalzen@yahoo.com2017-10-30T07:08:48Z2017-10-30T07:08:48Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28961This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/289612017-10-30T07:08:48ZALIH KODE DAN CAMPUR KODE DALAM RUBRIK ”BURAS”
SURAT KABAR LAMPUNG POST DAN IMPLIKASINYA
PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA
MUHAMMAD LUKMAN RIFAI
Penelitian ini mendeskripsikan bentuk dan faktor penyebab terjadinya alih kode dan campur kode pada rubrik “Buras” surat kabar Lampung Post dan implikasinya pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah rubrik “Buras” surat kabar Lampung Post. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara membaca dan mencatat data yang akan diteliti. Kajian alih kode dan campur kode dalam penelitian ini meliputi bentuk dan faktor penyebabnya.
Berdasarkan penelitian, terdapat alih kode internal dan eksternal. Alih kode internal berlangsung dari bahasa Indonesia ragam baku ke bahasa Indonesia ragam santai. Alih kode eksternal berlangsung dari bahasa Indonesia ke bahasa Arab dan Inggris. Faktor penyebab alih kode adalah mengutip pembicaraan orang lain dan mitra bicaranya lebih mudah. Selain itu, terjadi peristiwa campur kode dalam bentuk kata, frasa, dan klausa. Faktor penyebab terjadinya campur kode adalah keterbatasan penggunaan kode, penggunaan istilah yang lebih populer, faktor tempat tinggal dan waktu penuturan berlangsung, topik, fungsi dan tujuan sebuah tuturan, ragam dan tingkat tutura bahasa, untuk membangkitkan rasa humor, dan untuk sekadar bergengsi.
Kaitannya dengan materi pembelajaran, alih kode dan campur kode pada rubrik “Buras” dalam surat kabar Lampung Post dapat dijadikan contoh penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan bidang ilmu yang menggunakannya. Kaitannya denga bahan ajar, kutipan alih kode dan campur kode rubrik “Buras” dalam surat kabar Lampung Post dapat dijadikan sebagai media pembelajaran dalam pelajaran menganalisis dan menyunting teks editorial/opini.
Kata Kunci: Alih kode, campur kode, pembelajaran, rubrik “Buras” surat kabar Lampung Post.
1013041038 MUHAMMAD LUKMAN RIFAI mlukmanrifai@gmail.com2017-08-04T08:06:57Z2017-08-04T08:06:57Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27727This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/277272017-08-04T08:06:57ZPERAN NEW MEDIA DALAM PENYEBARAN KOREAN WAVE PADA TAHUN 2012-2016Korea Selatan merupakan salah satu negara yang dianggap berhasil dalam mempromosikan produk budaya yang dimilikinya. Korea Selatan menggunakan produk budaya dalam Korean Wave sebagai sumber soft power negaranya karena popularitasnya yang tinggi hingga ke negara-negara di Asia, Eropa, dan Amerika Utara. Penyebaran produk budaya dalam Korean Wave yang sampai ke negara-negara tersebut tidak terlepas dari keberadaan new media. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan tipe penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui studi pustaka. Penelitian ini bertujuan untuk membahas mengenai peran new media dalam menyebarkan produk budaya dalam Korean Wave seperti K-drama dan K-pop. Pembahasan mengenai topik ini dibatasi dari tahun 2012 hingga 2016. Penelitian ini menggunakan konsep new media, soft power, dan globalisasi budaya. Hasil penelitian ini menemukan bahwa new media telah membantu dalam menyebarkan Korean Wave ke beberapa negara di dunia sehingga Korean Wave muncul sebagai popular culture dan membentuk global village.
Kata Kunci: New Media, Korean Wave, Popular Culture, Global Village
THE ROLE OF NEW MEDIA IN THE SPREADING OF KOREAN WAVE IN 2012-2016 BY LAPRILLA EL PRIMAYONDRI South Korea is one of the successful countries in promoting their cultural products. South Korea use cultural products from Korean Wave as the source of their soft power due to it’s high popularity within countries in Asia, Europe, and North America. The spread of Korean Wave to those countries can not be separated from the existence of new media. In this research, author use qualitative descriptive research type and the technique of data collection through literature study. This research aims to discuss the role of new media in spreading the cultural product in Korean Wave such as K-drama and K-pop. The explanation of this topic will be limited from 2012 to 2016. This research uses new media concept, soft power concept, and globalization of culture concept. The results show that new media has helped in spreading the Korean Wave to several countries in the world so that Korean Wave emerged as a popular culture and formed a global village.
Keyword: New Media, Korean Wave, Popular Culture, Global Village1316071027 LAPRILLA EL PRIMAYONDRIlaprillaelp@yahoo.com2017-07-28T07:40:38Z2017-07-28T07:40:38Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27576This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/275762017-07-28T07:40:38ZSIKAP MEDIA TERHADAP ISU POLITIK DAN AGAMA ISLAM
(Analisis Framing Robert N. Entman Berita Ahok dan Q.S Al – Maidah Ayat 51
Pada Situs Berita online Republika.co.id dan Metrotvnews.com
Periode 7 Oktober – 4 Desember 2016)ABSTRAK
Sebuah penelitian untuk mendapatkan gambaran secara deskriptif melalui
pendekatan kualitatif, mengenai sikap media terhadap isu politik dan agama
Islam. Lebih khusus studi analisis framing terkait kasus dugaan penistaan agama
oleh Basuki Tjahaja Purnama
Kata Kunci : Analisis Framing, Ahok & Al Maidah ayat 51, Agenda Setting,
Sikap Media
ABSTRACT
It is a research to get description by using qualitative approach, concerning media
attitude towards political issues and Islamic religions. More specifically the study
of framing analysis related cases of alleged blasphemy by Basuki Tjahaja
Purnama
Keywords: Framing Analysis, Ahok & Al Maidah verse 51, Agenda Setting,
Media Attitude1316031067 SITI SAROHMAWATI siti.syaroh06@gmail.com2017-07-28T04:13:30Z2017-07-28T04:13:30Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27556This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/275562017-07-28T04:13:30ZPengaruh Lingkungan Pemasaran Terhadap Kinerja Pemasaran
Perusahaan Surat Kabar Tribun LampungSejak berdirinya, pihak Tribun Lampung mampu menjual produk surat kabarnya
dengan harga di bawah empat ribu rupiah per eksemplarnya, tetapi berdasarkan
survey AC Nielsen, surat kabar Tribun Lampung merupakan surat kabar dengan
penjualan tertinggi di wilayah Bandar Lampung untuk 5 tahun periode yaitu 2011-
2016. Surat kabar Tribun Lampung dianggap mampu menguasai pangsa pasar
penjualan surat kabar di Bandar Lampung, hal ini terlihat dari survey AC Nielsen
yang menyatakan oplah koran Surat Kabar Tribun Lampung mencapai 65.000
eksemplar perhari. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh
lingkungan pemasaran internal dan lingkungan pemasaran eksternal surat kabar
Tribun Lampung pada kinerja pemasaran perusahaan surat kabar Tribun
Lampung. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dan
dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda. Data yang digunakan
dalam penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari respon
karyawan Perusahaan Surat Kabar Lampung. Temuan dari penelitian ini
menunjukkan bahwa variabel lingkungan pemasaran internal dan lingkungan
pemasaran eksternal memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja
pemasaran perusahaan surat kabar Tribun Lampung. Pada uji goodness of fit (R2),
model regresi yang digunakan untuk menggambarkan kinerja pemasaran
perusahaan surat kabar Tribun Lampung dianggap cukup baik. Kesimpulan dari
penelitian ini ialah variabel lingkungan pemasaran internal dan lingkungan
pemasaran eksternal berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja
pemasaran perusahaan surat kabar Tribun Lampung baik secara parsial maupun
secara simultan. Implikasi kepada Perusahaan Surat Kabar Tribun Lampung
berdasarkan penelitian ini agar mempertahankan dan memperkuat kinerja
pemasaran yang sudah ada demi memberi pengaruh yang positif bagi
kelangsungan bisnis Perusahaan Surat Kabar Tribun Lampung.
Kata Kunci : Lingkungan Pemasaran Internal, Lingkungan Pemasaran
Eksternal Kinerja Pemasaran
ABSTRACT
Since the first time Tribun Lampung established, they are able to sell their
newspaper for only 4.000 IDR per copy. According to AC Nielsen surveys,
Tribun Lampung newspaper is the newspaper with the highest sells in Bandar
Lampung region for five years period, from 2011 to 2016. Tribun Lampung
newspaper is assumed that they dominating the newspaper market in Bandar
Lampung. This statement is supported by AC Nielsen surveys that the Tribun
Lampung newspaper circulation is reaching 65.000 copies a day. The purpose of
this study is to analyze the influence of internal and external marketing
environment on Tribun Lampung newspaper marketing performance. This study
conducted with deskriptive method and analyzed using multiple regression
analysis. The data that used in this study is acquired from Tribun Lampung
Company employee response. The findings of this study shows that the internal
and external marketing environment have a significantly positive influence on
Tribun Lampung newspaper marketing performance. In goodness of fit (R2) test,
the regression model that used to describe the Tribun Lampung newspaper
marketing performance is assumed valid. The conclusion of this study is the
internal and external marketing environment have a significantly positive
influence on Tribun Lampung newspaper marketing performance partially and
simultantly. Implication of this study is the Tribun Lampung Company should
maintain and enhance the marketing performance that already acquired to give
positive impact on the sustainability of Tribun Lampung Company.
Keyword : internal marketing environment, external marketing
environment, marketing performance 1521011022 Farah Nurma Puspita Sarifarahnurmaps@gmail.com2017-06-20T07:24:36Z2017-06-20T07:24:36Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27069This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/270692017-06-20T07:24:36ZKEBERIMBANGAN BERITA DALAM MEDIA SIBER (ANALISIS ISI BERITA PILKADA LAMPUNG PERIODE DESEMBER 2015 DI SAIBUMI.COM)ABSTRAK
Pesatnya perkembangan internet di Indonesia, memicu pertumbuhan media-media siber baik skala nasional maupun lokal di Indonesia. Layaknya media lain, media siber juga merupakan perusahaan pers yang menjalankan praktik jurnalistik. Namun, praktik jurnalistik di media siber menjadi berbeda karena media siber menjadikan kecepatan sebagai prioritas utamanya. Hal ini kemudian menyebabkan praktik jurnalisme di media siber bersinggungan dengan kaidah-kaidah jurnalistik yang selama ini menjadi pedoman para praktisi media. Penelitian ini berusaha mengungkap bagaimana keberimbangan diterapkan dalam berita di media siber. Dengan mengambil sampel 21 berita konflik Pilkada Lampung selama Desember 2015, peneliti memilih Saibumi.com sebagai media yang diteliti. Adapun penelitian ini menggunakan metode analisis isi kuantitatif dengan menggunakan uji validitas expert. Sementara, uji reliabilitas dilakukan dengan formula uji reliabilitas antar-koder dari Ole R Holsty.
Berdasarkan pengamatan terhadap empat kelompok berita sesuai topik yang diangkat, diketahui terdapat tiga kelompok berita dengan tingkat keberimbangan tinggi dan satu kelompok berita dengan tingkat keberimbangan rendah. Di sisi lain, dari tujuh kategori keberimbangan yang ditetapkan, ada lima kategori yang diterapkan dengan baik. Sementara, dua kategori lainnya seringkali tidak muncul di dalam kelompok-kelompok berita di Saibumi.com. Sehingga berdasarkan temuan tersebut, disimpulkan bahwa sebagian besar berita-berita di Saibumi.com sudah berimbang, namun masih terdapat beberapa berita yang belum cukup berimbang.
Kata Kunci: Keberimbangan, Media Siber, Analisis Isi.
ABSTRACT
The fast growth of internet in Indonesia, has led the growth of cyber media whether in national scale or local scale. Like other media, cyber media are also press companies which practice journalism. But, journalism practices in cyber media becomes different because cyber media uses speed as main priority. It then causes journalism practices in cyber media tangent to the journalistic rules which have been guidelines for media practitioners. This research aimed to reveal how the balance applied in cyber media. By collecting 60 samples of local leader elections news in Lampung during December 2015, researcher chose Saibumi.com as the observed media. This research used quantitative content analysis method with expert validity test. Whilst, reliability test was done with reliability test formula by Ole R Holsty.
According to the research of four news groups based on the topic, it is known that there are three groups with high balance level and one group with low balance level. Furthermore, from seven categories of balance, there are five categories are well practiced. On the other hand, other two categories did not appeared in Saibumi.com news. So based on that result, it is concluded that the most of Saibumi.com news have been balance, but there are still some news that have not balance yet.
Keywords: Balance, Cyber Media, Content Analysis.1216031094 RIKA NI'MATUSSHOLIKHAH rikanikmatussolehah@gmail.com2017-05-23T08:20:36Z2017-05-23T08:20:36Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26685This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/266852017-05-23T08:20:36ZPRODUCTION QUALITY CONTROL AT PRINTING COMPANY
FOR RADAR LAMPUNG IN PT LAMPUNG INTERMEDIA
BANDAR LAMPUNGABSTRACT
PRODUCTION QUALITY CONTROL AT PRINTING COMPANY
FOR RADAR LAMPUNG IN PT LAMPUNG INTERMEDIA
BANDAR LAMPUNG
By
ZEFRI SEPTIABE
PT Lampung Intermedia is a printing company producing Radar Lampung
Newspaper which always has effort to produce good products in every production
and reduce the product damage with the standard of damage tolerance of 5 % of
total production. In fact, there are still fluctuating levels of product damage and
even exceed the standards of tolerance. The purpose of this research is to
investigate the implementation of quality control that is used in the efforts to
reduce the level of the product damage in the company. Quality control analysis
are performed using check sheet, histogram, control chart p, and cause-effect
diagrams (fishbone diagrams). Check sheet and histogram are used to present the
data in order to make it easier to understand the data for further analysis. Control
chart p is used to monitor damage products whether they are in control. Then
looking for factors of the product damage by using a cause-effect diagrams
(fishbone diagrams), for the proposed quality improvement. The result of control
chart p analysis indicate that the process is in uncontrolled or still mismatch. This
can be seen in the control graphic where the point fluctuates very high and
various, and many are out of the control limits. From the analysis of cause-effect
diagrams (fishbone diagrams), it may be known factors causing the product
damage with the type of damage blur, unregistered or imprecised, asymmetrical
fold, and clipped. They are derived from human or worker factors, machines,
work methods, materials and work environment. From the factors that cause
damage, the company can take preventative action and improvements for product
quality and to reduce the level of the product damage.
Keywords: quality control and damaged products
ABSTRAK
PRODUCTION QUALITY CONTROL AT PRINTING COMPANY
FOR RADAR LAMPUNG IN PT LAMPUNG INTERMEDIA
BANDAR LAMPUNG
Oleh
ZEFRI SEPTIABE
PT Lampung Intermedia adalah perusahaan percetakaan yang memproduksi Surat
Kabar Harian (SKH) Radar Lampung selalu berupaya dalam produksi untuk
menghasilkan produk yang baik dan menekan kerusakan produk dengan standar
toleransi kerusakan sebesar 5 % dari jumlah produksi. Kenyataannya masih
terdapat tingkat kerusakan produk yang fluktuatif dan bahkan melebihi standar
toleransi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan
pengendalian kualitas yang digunakan dalam upaya menekan tingkat kerusakan
produk di perusahaan. Analisis pengendalian kualitas dilakukan menggunakan
check sheet, histogram, peta kendali p, dan diagram sebab akibat (fishbone
diagrams). Check sheet dan histogram digunakan untuk menyajikan data agar
memudahkan dalam memahami data untuk keperluan analisis selanjutnya. Peta
kendali p digunakan untuk memonitor produk yang rusak apakah masih berada
dalam kendali. Kemudian mencari faktor-faktor yang menjadi penyebab
terjadinya kerusakan produk yang menggunakan diagram sebab akibat (fishbone
diagrams) untuk kemudian dapat disusun sebuah usulan perbaikan kualitas. Hasil
analisis peta kendali p menunjukkan bahwa proses berada dalam keadaan tidak
terkendali atau masih mengalami penyimpangan. Hal ini dapat dilihat pada grafik
kendali dimana titik berfluktuasi sangat tinggi dan tidak beraturan, serta banyak
yang keluar dari batas kendali. Dari analisis diagram sebab akibat (fishbone
diagrams) dapat diketahui faktor penyebab kerusakan produk dengan jenis
kerusakan yaitu warna kabur (blur), tidak register / tidak persisi, lipatan tidak
simetris, dan terpotong adalah berasal dari faktor manusia atau pekerja, mesin,
metode kerja, material dan lingkungan kerja. Dari faktor-faktor penyebab
kerusakan, perusahaan dapat mengambil tindakan pencegahan serta perbaikan
untuk menekan tingkat kerusakan produk dan meningkatkan kualitas produk.
Kata kunci: pengendalian kualitas dan produk rusak1211011166 ZEFRI SEPTIABEzseptiabe@yahoo.com2017-02-16T02:43:27Z2017-02-16T02:43:27Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25576This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/255762017-02-16T02:43:27ZHUBUNGAN ANTARA AKTIVITAS MEMBACA MAJALAH INTERNAL DAN SENSE OF BELONGING ANGGOTA ORGANISASI
(Studi Pada Anggota Polda Lampung Sebagai Pembaca Majalah Internal Tribrata News)
Hubungan yang harmonis dan kondusif antara organisasi dan publik internal tidak dapat tercipta dengan sendirinya, diperlukan adanya usaha-usaha khusus pihak organisasi untuk menciptakannya melalui cara pendekatan komunikasi internal yang tepat dan efektif. Oleh karena itu, organisasi memerlukan sebuah media komunikasi internal yang dapat menumbuhkan perasaan positif anggota organisasi salah satunya sense of belonging. Sense of belonging dapat memberikan dampak positif pada kehidupan dan kelangsungan organisasi, rasa memiliki yang ada pada diri anggota organisasi akan membuat anggota memiliki etos kerja yang tinggi, profesional, dan optimal, sehingga pada akhirnya membentuk citra positif organisasi. Dalam mewujudkan komunikasi internal yang baik, Polda Lampung membentuk sebuah media komunikasi internal berupa majalah yakni majalah Tribrata News yang diterbitkan setiap bulannya yang selalu memuat prestasi dan pencapaian serta penghargaan yang diraih oleh Polda Lampung yang kemudian diinformasikan melalui majalah Tribrata News untuk meningkatkan rasa bangga dan rasa memiliki anggota kepada kesatuannya.
Untuk mengukur sejauh mana majalah Tribrata News telah berhasil menstimuli para pembacanya yaitu anggota Polda Lampung. Maka perlu diketahui apakah terdapat hubungan antara aktivitas membaca majalah Tribrata News dengan sense of belonging pada diri anggota Polda Lampung sebagai pembaca majalah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan hubungan antara aktivitas membaca majalah Tribrata News sebagai variabel X dan sense of belonging anggota organisasi Polda Lampung sebagai pembaca sebagai variabel Y.
Teori yang digunakan sebagai landasan dalam penelitian ini adalah Teori Jarum Hipodermik. Tipe penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, sedangkan metode yang digunakan adalah survey. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner sebagai data primer dan didukung dengan studi kepustakaan yakni dokumen, majalah dan buku saku personel Polda Lampung sebagai data sekunder. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Total Sampling dengan sampel berjumlah 58 orang anggota Polda Lampung yang berdomisili Perumahan Polri Hajimena dan teknik analisa data yang digunakan adalah rumus Tata Jenjang Spearman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa korelasi antara variabel X dan Y sebesar 0.574. Nilai korelasi tersebut berada pada kategori “sedang”. Pengujian hipotesis menunjukan bahwa Thitung>Ttabel dengan taraf signifikansi 5% yaitu 6,426>2,009. Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Besarnya hubungan antara aktivitas membaca majalah internal Tribrata News dan sense of belonging pada diri anggota organisasi Polda Lampung sebagai pembaca adalah sebesar 32,94%. Hal ini berarti 67,06% sense of belonging anggota Polda Lampung berhubungan dengan faktor lain. Dari hasil data perhitungan diatas, dapat disimpulkan bahwa“Terdapat hubungan antara aktivitas membaca majalah Tribrata News dengan sense of belonging pada diri anggota organisasi Polda Lampung sebagai pembaca majalah Tribrata News”.Selain itu, terdapat faktor atau aktivitas lain yang berhubungan dengan sense of belonging anggota Polda Lampung tidak diteliti pada penelitian ini.
Kata kunci :Aktivitas Membaca, Majalah Internal, Sense Of Belonging
ABSTRACT
Harmonious relations and conducive between organizations and public internal cannot created by itself, there needs to be efforts the organization for it in a manner approach communication internal appropriate and effective. Hence , organization need a media of communication internal which can foster positive feelings member organizations of one of them sense of belonging. Sense of belonging can have a positive impact in the life of and continuity of organization , a sense of belonging that are with them a member of organization will makes the members having work ethic high, professional, and optimal, so in the end form an image of positive organization .In realizing communication internal good , Polda Lampung form a media of communication internal one of them in the form of magazine internal the magazine Tribrata News that is published every our moon is always load achievement and award was by Polda Lampung which then be informed of through magazine Tribrata News to enhance their sense of proud and a sense of belonging members to organization.
To measure the extent to which the magazine has been successfully stimulate Tribrata News readers are members of Lampung Police. It is necessary to know whether there is a relationship between the activity of reading magazines Tribrata News with a sense of belonging on the members of Lampung Police as magazine readers.As for the purpose of this research is to find and described the relationship between activity read the Tribrata News as variable X and sense of belonging a member of a Polda Lampung as readers in variable Y.
A theory that used as a the research is theory Hypodermic Needle Theory . Type research is descriptive with the quantitative approach, while methods used is survey .Technique collecting data which used in this research was questionnaires as the primary data and supported by study the document literature, magazines and pocketbooks personnel Polda lampung of file sekunder. Technique the sample collection in this research using total of sampling from were 58 members Polda Lampung that dwelled Housing Polri Hajimena and techniques analysis the data used was formula Tata Jenjang Spearman.
The result showed that the correlation between variables X and Y worth 0.574. Correlation value it is in category “medium”. The hypothesis testing showed Tcount> Ttable at significance level of 5% with a ratio of 6,426>2,009 so that Ha is accepted and H0 is rejected. The relationship between activity read the internal magazine Tribrata News and sense of belonging in a member of Polda Lampung as readers was in 32,94 %.This means 67,06 % sense of belonging members of the Polda Lampung associated with other factors. Results from the above data calculation can conclude that there is the corelation between activity read Tribrata News magazine with a sense of belonging on the self members of the organization of Polda Lampung as readers magazine Tribrata News. Moreover, there are factors or another activity that deals with the sense of belonging members of Polda Lampung not be researched in this research
Keywords: Internal Magazine , Sense Of Belonging, The Activity Of Reading ,
1216031031 Dwi Anggraenidwianggraeni25@yahoo.com