Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T10:19:16ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2018-07-03T07:16:43Z2018-07-03T07:16:43Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32025This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/320252018-07-03T07:16:43ZPERENCANAAN LENGKUNG HORIZONTAL JALUR GANDA
KERETA API STASIUN MARTAPURA-STASIUN BATURAJA
SUMATERA SELATAN KM. 222+800 – KM. 227+900Sumatera memiliki potensi batubara yang besar khususnya di Provinsi Sumatera Selatan,
namun baru sedikit yang dapat dieksploitasi akibat kemampuan angkut batubara yang
kurang mendukung. Untuk mendukung upaya tersebut secara optimal, Kementerian
Perhubungan dan PT. KAI melakukan pembangunan prasarana perkeretaapian yaitu
dengan membangun jalur ganda secara bertahap di Provinsi Sumatera Selatan sampai ke
Provinsi Lampung. Untuk beberapa segmen, pembangunan jalur kereta api ganda ini
terdapat banyak lengkungan. Dengan demikian dibutuhkan perencanaan lengkung agar
kereta api dapat melintas dengan aman sesuai kecepatan rencana.
Penelitian ini mengkaji Perencanaan Lengkung Horizontal pada Jalur Ganda Kereta Api
Stasiun Martapura - Stasiun Baturaja, Provinsi Sumatera Selatan pada Km. 222+800 –
Km. 227+900. Perencanaan mengacu kepada Peraturan Menteri No. 60 Tahun 2012
Tentang Persyaratan Teknis Jalur Kereta Api. Secara garis besar langkah perencanaannya
adalah pengumpulan data, peninjauan lokasi, penentuan trase jalur baru, perhitungan
desain lengkung horizontal sesuai dengan data dan trase dengan 2 (dua) alternatif, dan
perhitungan selisih lahan yang dibutuhkan akibat perencanaan jalur baru.
Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai Lengkung Total (L) terbesar pada alternatif
2 lebih besar dibandingkan dengan alternatif 3, yaitu 860,384 m untuk alternatif 2 dan
741,756 m untuk alternatif 3. Terdapat perbedaan panjang lengkung transisi yaitu 132
mm dan 102 mm, hal ini diakibatkan perbedaan peninggian rel dan kecepatan rencana
yang digunakan. Hasil perencanaan mengakibatkan perlunya pembebasan lahan pada
alternatif 2, karena terdapat selisih lahan yang dikuasai dengan hasil perencanaan yaitu
sebesar 508.068,945 m2.
Kata Kunci : lengkung horizontal, rel, jalur ganda
abstract
Sumatera has a huge natural resources, especially coal in South Sumatera Province, but
only few can be exploited due to transportation capabilities are less supportive. To tackle
this matter, the Ministry of Transportation dan PT. KAI conduct construction on the rail
infrastructure by building a double track rail gradually in South Sumatra Province to
Lampung Province. For some segments, the construction of the double track railway are
facing many curves, thus it takes redesign curve railway so that the train can pass
accordance to design speed safely.
This study research about Horizontal Alignment Design on Double Track Railway from
Martapura Station to Baturaja Station, South Sumatera Province at Km. 222+800 – Km.
227+900. Design refers to PM No. 60 Year 2012 regarding Technical Requirements
Railroad. Outline the design steps are data collection, review of the location,
determination of new path trace, horizontal curve design calculations in accordance to
the data and 2 (two) alternatives trace, and calculation of the difference in land required
in regard to new railway design.
Based to the calculation results, Full Curve (L), the largest in second alternative is larger
than the third alternative, that is 860,384 meters for alternative 2 and 741,756 meters for
alternative 3. There are differences in the transtition curve length that is 132 milimeters
and 102 milimeters, this is caused by difference of speed design and rail elevation used.
Results of design cause in the need for land acquisition in the second alternative, because
there is a difference of land that held with the design results, that is 508.068,945 square
meters.
Keywords: horizontal alignment , railway, double track1315011112 TULUS ADITYA GUNAWAN tulusadityagunawan@gmail.com2015-03-03T04:02:37Z2015-03-03T04:02:37Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/7543This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/75432015-03-03T04:02:37ZKAJIAN EKSPERIMENTAL PENGARUH BERAT RODA GILA (FLYWHEEL) TERHADAP UNJUK KERJA TURBIN HELIK UNTUK SISTEM PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKRO HIDRO (PLTMH)Abtrak
Di Indonesia telah banyak dikembangkan pembangkit listrik dengan menggunakan turbin, namun umumnya turbin tersebut memanfaatkan tinggi jatuh air (head) sebagai energi penggeraknya, seperti air terjun dan bendungan. Akan tetapi, tidak semua daerah pedesaan memiliki sumber energy air yang memiliki tinggi jatuh air (head) atau hanya memiliki energy aliran air. Maka perlu dilakukan suatu upaya untuk memanfaatkan potensi sumber energi aliran air ini untuk pembangkit listrik yaitu dengan menggunakan turbin helik. Dari penelitian yang telah di lakukan sebelumnya, dengan menggunakan turbin helik bentuk sudu Airfoil NACA 0030 dan panjang chord 25 cm dengan kecepatan air 0,8 m/s didapat hasil efisiensi sebesar 33,97 %. Nilai efisiensi tersebut lebih kecil dari hasil pengujian yang telah dilakukan US Department of Energy and the National Science Foundation pada tahun 1993-1995 sebesar 35 %. Hasil penelitian tersebut juga menunjukan adanya ketidak stabilan putaran yang dihasilkan turbin. Untuk itu diperlukan suatu alat untuk mengatasi terjadinya fluktuasi putaran turbin yaitu dengan menggunakan roda gila (flywheel). Pada penelitian ini dilakukan kajian secara eksperimental pengaruh berat roda gila (flywheel) terhadap unjuk kerja turbin helik untuk model sistem pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH) dengan memvariasikan berat roda gila (flywheel) 10 kg, 15 kg, 20 kg, 25 kg dan 30 kg. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh peningkatan efisiensi sebesar 36,65 % pada berat roda gila (flywheel) 20 kg dan juga putaran yang dihasilkan turbin lebih stabil.
Kata kunci: Mikro Hidro, Turbin helik, Roda gila (flywheel),
Abstract
In Indonesia the power plant has been widely developed by using a turbine, but generally the turbine utilize a high falling water (head) as driving energy, as example waterfalls and dams. However, not all rural areas have water sources that have a high energy falling water (head) or just have the energy of water flow. So that need a concerted effort to capitalize the potential of this water energy sources flow energy source for power plants, that is helical turbine . The research has been done before, using the shape blade helical turbine NACA Airfoil shape helical turbine 0030 and chord length 25 cm with water speed of 0.8 m/s obtained efficiency of 33,97%. The efficiency is smaller than research result that has been done by U.S. Department of Energy and the National Science Foundation in 1993-1995 that is 35%. The research results also show the unstable that generated by the turbine. For that it required a tool to overcome the fluctuation of the turbine rotation by using the flywheel. In this research study was performed experimentally the influence of flywheel against performance the helical turbine for system model power plant micro hydro (MHP) by varying the weight of the flywheel 10 kg, 15 kg, 20 kg, 25 kg and 30 kg. From research results, the are increase of the efficiency by 36,65% in weight of the flywheel 20 kg and round the rotation that result from turbine is more stable.
Keywords: Helical Turbine, Flywheel, Micro Hydro
0815021009 IWAN PRIATAMAipriatama@gmail.com