Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T11:35:22ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2018-04-25T02:34:51Z2018-04-25T02:34:51Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31177This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/311772018-04-25T02:34:51ZANALISIS GERAKAN LAMPUNG MEMBACA DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA
Minat membaca merupakan faktor utama dalam meningkatkan kualitas manusia. Tingkat minat membaca masyarakat Lampung saat ini cukup rendah yaitu satu berbanding seribu, atau kata lain dari jumlah seribu orang hanya satu yang memiliki minat membaca, maka dalam hal ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menggulirkan Gerakan Lampung Membaca untuk meningkatkan minat membaca masyarakat khususnya di Provinsi Lampung.
Penelitan ini menggunakan metode tipe penelitian deskriftif kualitatif, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Gerakan Lampung Membaca di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung dengan menggunakan teknik SWOT yang dikemukakan oleh Whelen dan Hunger yaitu analisis lingkungan internal dan eksternal. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, secara internal Gerakan Lampung Membaca di Dinas Prustakaan dan Kearsipan Provinsi dalam meningkatkan minat baca kurang maksimal yang terdiri dari sumber daya manusia, fasilitas, anggaran, teknologi informasi. Adapun analisis secara eksternal, menunjuan bahwa Gerakan Lampung Membaca di Dinas Prustakaan dan Kearsipan Provinsi dalam meningkatkan minat baca sudah maksimal, karena ditinjau dari kondisi sosial, pihak yang berkerjasama dan pihak penguna layanan.
Kata Kunci : Analisis, Gerakan Lampung Membaca, Minat Baca
ANALYSIS OF LAMPUNG MOVEMENT READING IN THE
LIBRARY OF LIBRARY AND PROVINCIAL ISSUES IN
IMPROVING READING
Interest in reading is a major factor in improving human quality. Level of interest in reading the society of Lampung is currently low enough that one to one thousand, or in other words from the number of thousand people only one who has interest in reading, in this case the Library and Filing Service rolling Reading Lampung Movement to increase interest in reading community, especially in Lampung Province.
This research uses qualitative descriptive research type method, this research aims to analyze Lampung Reading Movement in Library Service and Archives of Lampung Province by using SWOT technique presented by Whelen and Hunger that is analysis of internal and external environment. Based on the research that has been done, Internally Lampung Reading Movement in Provincial Library and Archives in increasing the reading interest is not maximal consisting of human resources, facilities, budget, information technology. The analysis externally, indicate that the Reading Lampung Movement in Provincial Library and Provincial Office in increasing interest in reading is maximal, because it is viewed from the social conditions, the parties who work together and the service user.
Keywords: Analysis, Lampung Reading Movement, Reading Interest
1416041043 IDRIS SETIAWANidrissetiaone@gmail.com2017-05-31T06:54:48Z2017-05-31T06:54:48Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26717This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/267172017-05-31T06:54:48Z
PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DI SEKOLAH, MINAT BACA, KEMANDIRIAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS
VIII SMP NEGERI 3 WAY PENGUBUAN LAMPUNG
TENGAH TAHUN PELAJARAN 2016/2017
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan perpustakaan di sekolah, minat baca, kemandirian belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Way Pengubuan Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 3 Way Pengubuan Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017 terdiri dari 6 kelas dengan jumlah 186 siswa dan sampel sebanyak 127 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Uji hipotesis pertama, kedua, ketiga dan keempat menggunakan regresi linier sederhana. Uji hipotesis kelima menggunakan regresi linier multiple.
Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian yang menunjukan bahwa: (1) Ada pengaruh pemanfaatan perpustakaan di sekolah terhadap hasil belajar IPS terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Way Pengubuan Tahun Ajaran 2016-2017. (2) Ada pengaruh minat baca terhadap hasil belajar IPS terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Way Pengubuan Tahun Ajaran 2016-2017. (3) Ada pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPS terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Way Pengubuan Tahun Ajaran 2016-2017. (4) Ada pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar IPS terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Way Pengubuan Tahun Ajaran 2016-2017. (5) Ada pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah, minat baca siswa, kemandirian belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar IPS terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Way Pengubuan Tahun Ajaran 2016-2017.
Kata kunci: pemanfaatan perpustakaan, minat baca, kemandirian belajar,
lingkungan belajar, hasil belajar
1313031093 YUNITA MUTHIA NURAFIFAHyunita.muthia@yahoo.com2016-08-24T04:04:42Z2016-08-24T04:04:42Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23611This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/236112016-08-24T04:04:42ZPENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KUALITAS PELAYANAN DAN FASILITAS PERPUSTAKAAN TERHADAP MINAT BACA SISWA DI PERPUSTAKAAN MA AL FATAH NATAR TAHUN PELAJARAN 2015/2016Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya minat baca siswa di perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang kualitas pelayanan dan fasilitas perpustakaan terhadap minat baca siswa di perpustakaan MA Al Fatah Natar tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif verifikatif dengan menggunakan metode ex facto dan survey. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 348 siswa yang terdiri dari 12 kelas. Teknik pengambilan sampel yaitu Probability Sampling dengan menggunakan Cluster Sampling. Untuk menentukan sampel menggunakan rumus T. Yamane didapat sampel sebanyak 77 siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1) ada pengaruh persepsi siswa tentang kualitas pelayanan (X1) terhadap minat baca siswa (Y) di perpustakaan MA Al Fatah Natar tahun pelajaran 2015/2016 sebesar 31,7%, (2) ada pengaruh fasilitas perpustakaan (X2) terhadap minat baca siswa (Y) di perpustakaan MA Al Fatah Natar tahun pelajaran 2015/2016 sebesar 30,9%, (3) ada pengaruh persepsi siswa tentang kualitas pelayanan (X1) dan fasilitas perpustakaan (X2) terhadap minat baca siswa (Y) di perpustakaan MA Al Fatah Natar tahun pelajaran 2015/2016 sebesar 41,9%.
Kata Kunci: minat baca siswa, fasilitas perpustakaan, persepsi siswa tentang kualitas pelayanan.
(1213031066) Nur Fitriana nurfitriana608@gmail.com2015-06-04T07:29:15Z2015-06-04T07:29:15Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10143This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/101432015-06-04T07:29:15ZPENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH, BUDAYA MEMBACA, DAN PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 TRIMURJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar Ekonomi yang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah, budaya membaca, dan persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Trimurjo Tahun Pelajaran 2014/2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survei. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 63 siswa. Sampel yang diperoleh adalah 54 siswa dengan menggunakan rumus T Yamane dan teknik sampel yaitu simple random sampling. Data yang terkumpul melalui angket dan obsevasi. Pengujian hipotesis pertama, kedua, dan ketiga menggunakan rumus regresi linear sederhana sedangkan pengujian hipotesis keempat menggunakan rumus regresi linear multipel. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Trimurjo Tahun Pelajaran 2014/2015. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara budaya membaca terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Trimurjo Tahun Pelajaran 2014/2015. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Trimurjo Tahun Pelajaran 2014/2015. (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah, budaya membaca, dan persepsi siswa tentang kompetensi guru terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Trimurjo Tahun Pelajaran 2014/2015.
Kata kunci: budaya membaca, hasil belajar, pemanfaatan perpustakaan sekolah, dan persepsi siswa tentang kompetensi guru
1113031001 Achmad Rifa'iachmadrifai186@gmail.com