PEMBELAJARAN APRESIASI DRAMA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 16 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Muhammad, AYU PURNAMASARI (2013) PEMBELAJARAN APRESIASI DRAMA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 16 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (59Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (224Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (329Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (237Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (54Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (101Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (256Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (177Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (300Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (57Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (363Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (1005Kb)

Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pembelajaran apresiasi drama siswa kelas XI SMA Negeri 16 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013. Berdasarkan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran apresiasi drama pada siswa kelas XI SMA Negeri 16 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013 dalam mengekspresikan dialog para tokoh dalam pementasan drama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran apresiasi drama antara guru bidang studi bahasa Indonesia dan siswa kelas XI SMAN 16 Bandar Lampung tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 33 siswa. Kegiatan pembelajaran yang dimaksud dalam penelitian ini difokuskan pada perencanaan pembelajaran yang dirancang oleh guru, pelaksanaan pembelajaran yang terdiri atas aktivitas guru dan aktivitas siswa, dan penilaian hasil belajar/evaluasi pembelajaran. Pada kegiatan pembelajaran guru menggunakan media cetak berupa naskah drama. Aspek yang diamati adalah mengekspresikan dialog para tokoh dalam pementasan drama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran apresiasi drama yang dirancang oleh guru telah memenuhi delapan kriteria penyusunan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Tetapi, masih terdapat kekurangan pada perumusan tujuan pembelajaran dan alokasi waktunya. Pelaksanaan pembelajaran apresiasi drama meliputi aktivitas guru dan aktivitas siswa belajar. Aktivitas guru dalam pembelajaran apresiasi drama meliputi kegiatan prapembelajaran, kegiatan inti, dan penutup. Pada kegiatan prapembelajaran, guru mempersiapkan siswa untuk belajar dan melakukan kegiatan apersepsi. Pada kegiatan inti pembelajaran, Ayu Purnamasari guru melakukan beberapa kegiatan pokok pembelajaran yaitu, penguasaan materi pembelajaran serta pendekatan/strategi pembelajaran yang dapat memudahkan guru dalam proses belajar-mengajar. Kegiatan penutup yang dilakukan guru yaitu pada pertemuan pertama guru hanya menyuruh siswa untuk berdiskusi dengan kelompok masing-masing dan pada pertemuan kedua guru menyuruh siswa untuk mengekspresikan dialog para tokoh dan memberi tahu jika ada siswa yang belum mencapai nilai KKM maka akan diberikan tugas atau pun remedial. Aktivitas siswa dalam proses pelaksanaan pembelajaran apresiasi drama terdiri atas aktivitas visual, aktivitas lisan, aktivitas mendengarkan, aktivitas bergerak, aktivitas mental, dan aktivitas emosi. Penilaian hasil belajar dalam pembelajaran apresiasi drama yang dilakukan oleh guru menggunakan penilaian perbuatan atau unjuk kerja. Cara penilaian ini dianggap oleh guru lebih autentik daripada tes tertulis karena apa yang dinilai lebih mencerminkan kemampuan peserta didik yang sebenarnya yaitu cara siswa dalam mengekspresikan dialog tokoh dalam drama

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 10 Feb 2014 03:52
Last Modified: 10 Feb 2014 03:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1002

Actions (login required)

View Item View Item