Sovia Rina, 1113053107 (2015) PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 KRESNOWIDODO. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER DALAM.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (109Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (97Kb) | Preview |
|
|
Text
PERNYATAAN.pdf Download (108Kb) | Preview |
|
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (64Kb) | Preview |
|
|
Text
PERSEMBAHAN.pdf Download (68Kb) | Preview |
|
|
Text
MOTO.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
Text
SANWACANA.pdf Download (92Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (49Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (42Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (37Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (128Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (299Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (406Kb) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (589Kb) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (88Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (94Kb) | Preview |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 3 Kresnowidodo. Berdasarkan hasil observasi awal diketahui, persentase siswa yang tuntas belajar 25%. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan metode problem solving dan media visual. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar observasi dan soal tes. Data dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode problem solving dan media visual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika. Hal tersebut ditunjukkan dari persentase keaktifan siswa mencapai kategori minimal aktif pada siklus I sebesar 50% dengan nilai rata-rata 63,44 meningkat pada siklus II menjadi 81,25% dengan nilai rata-rata 76,46. Persentase ketuntasan nilai sikap siswa yang mencapai kategori minimal baik pada siklus I sebesar 56,25% dengan nilai rata-rata 61,85 meningkat pada siklus II menjadi 81,25% dengan nilai rata-rata 75,52. Persentase ketuntasan nilai keterampilan siswa mencapai kategori minimal terampil pada siklus I sebesar 43,75% dengan nilai rata-rata 61,29 kemudian meningkat pada siklus II menjadi 75% dengan nilai rata-rata 74,34. Pengetahuan siswa yang telah mencapai ketuntasan pada siklus I sebesar 50% dengan nilai rata-rata 63,75 meningkat pada siklus II menjadi 75% dengan nilai rata-rata 74,58. Kata kunci : aktivitas, hasil belajar, media visual, metode problem solving.
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | 3123746 . Digilib |
Date Deposited: | 01 Jun 2015 08:17 |
Last Modified: | 01 Jun 2015 08:17 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10090 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |