PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 KRESNOWIDODO

Sovia Rina, 1113053107 (2015) PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 KRESNOWIDODO. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (109Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (97Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (108Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (64Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (68Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (42Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (128Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (299Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (406Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (589Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (88Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 3 Kresnowidodo. Berdasarkan hasil observasi awal diketahui, persentase siswa yang tuntas belajar 25%. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan metode problem solving dan media visual. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar observasi dan soal tes. Data dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode problem solving dan media visual dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika. Hal tersebut ditunjukkan dari persentase keaktifan siswa mencapai kategori minimal aktif pada siklus I sebesar 50% dengan nilai rata-rata 63,44 meningkat pada siklus II menjadi 81,25% dengan nilai rata-rata 76,46. Persentase ketuntasan nilai sikap siswa yang mencapai kategori minimal baik pada siklus I sebesar 56,25% dengan nilai rata-rata 61,85 meningkat pada siklus II menjadi 81,25% dengan nilai rata-rata 75,52. Persentase ketuntasan nilai keterampilan siswa mencapai kategori minimal terampil pada siklus I sebesar 43,75% dengan nilai rata-rata 61,29 kemudian meningkat pada siklus II menjadi 75% dengan nilai rata-rata 74,34. Pengetahuan siswa yang telah mencapai ketuntasan pada siklus I sebesar 50% dengan nilai rata-rata 63,75 meningkat pada siklus II menjadi 75% dengan nilai rata-rata 74,58. Kata kunci : aktivitas, hasil belajar, media visual, metode problem solving.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 3123746 . Digilib
Date Deposited: 01 Jun 2015 08:17
Last Modified: 01 Jun 2015 08:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10090

Actions (login required)

View Item View Item