Umi Yuli Astuti, 1113053115 (2015) PENERAPAN METODE INKUIRI DENGAN MEDIA GRAFIS PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 REJO AGUNG. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER DALAM.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (138Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (126Kb) | Preview |
|
|
Text
PERNYATAAN.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
Text
PERSEMBAHAN.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
Text
MOTTO.pdf Download (24Kb) | Preview |
|
|
Text
SANWACANA.pdf Download (59Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (106Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (201Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (143Kb) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (385Kb) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (43Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (46Kb) | Preview |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa yang rata-ratanya sebesar 55,5 pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 2 Rejo Agung tahun ajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS menggunakan metode inkuiri dengan media grafis di kelas IV SD Negeri 2 Rejo Agung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Prosedur dilaksanakan melalui dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari; (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), (4) refleksi (reflecting). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi kinerja guru, dan lembar tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif data aktivitas siswa dan kinerja guru. Sedangkan data kuantitatif untuk mengukur data hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode inkuiri dengan media grafis pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 2 Rejo Agung meningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 56,88 dengan persentase 40,63% dan terjadi peningkatan sebesar 18,43 pada siklus II menjadi 75,31 dengan persentase 81,25%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 63,06 meningkat sebesar 14,25 pada siklus II menjadi 77,31 dengan persentase ketuntasan 81,25%. Kata Kunci: Metode Inkuiri, Media Grafis, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar.
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | 7844188 . Digilib |
Date Deposited: | 01 Jun 2015 08:01 |
Last Modified: | 01 Jun 2015 08:01 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10093 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |