Umi Yuli Astuti, 1113053115 (2015) PENERAPAN METODE INKUIRI DENGAN MEDIA GRAFIS PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 REJO AGUNG. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (138Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (126Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (38Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTTO.pdf Download (24Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (59Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (106Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (201Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (143Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (385Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (43Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (46Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa yang rata-ratanya sebesar 55,5 pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 2 Rejo Agung tahun ajaran 2014/2015. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS menggunakan metode inkuiri dengan media grafis di kelas IV SD Negeri 2 Rejo Agung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Prosedur dilaksanakan melalui dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari; (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), (4) refleksi (reflecting). Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi kinerja guru, dan lembar tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif data aktivitas siswa dan kinerja guru. Sedangkan data kuantitatif untuk mengukur data hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode inkuiri dengan media grafis pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri 2 Rejo Agung meningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 56,88 dengan persentase 40,63% dan terjadi peningkatan sebesar 18,43 pada siklus II menjadi 75,31 dengan persentase 81,25%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 63,06 meningkat sebesar 14,25 pada siklus II menjadi 77,31 dengan persentase ketuntasan 81,25%. Kata Kunci: Metode Inkuiri, Media Grafis, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 7844188 . Digilib |
Date Deposited: | 01 Jun 2015 08:01 |
Terakhir diubah: | 01 Jun 2015 08:01 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10093 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |