Maulida Etikasari, 1113023041 (2015) EFEKTIVITAS PENDEKATAN ILMIAH PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGORGANISASIKAN. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (24Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (357Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (338Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (410Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (31Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (370Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (480Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (220Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (20Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK EFEKTIVITAS PENDEKATAN ILMIAH PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGORGANISASIKAN Oleh MAULIDA ETIKASARI Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan ilmiah pada materi asam basa dalam meningkatkan keterampilan mengorganisasikan. Pendekatan ilmiah terdiri dari 5 tahap yaitu mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengomunikasikan. Keterampilan mengorganisasikan dilatihkan pada tahap mencoba dan menalar. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pringsewu semester genap Tahun Pelajaran 2014-2015. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas XI IPA1 dan XI IPA2 sebagai sampel penelitian. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain Non Equivalent Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-Gain keterampilan mengorganisasikan pada kelas kontrol sebesar 0,35 dan kelas eksperimen sebesar 0,49. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, rata-rata n-Gain keterampilan mengorganisasikan pada materi asam basa pada kelas dengan pembelajaran pendekatan ilmiah lebih tinggi daripada rata-rata n-Gain keterampilan mengorganisasikan dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan ilmiah pada materi asam basa efektif dalam meningkatkan keterampilan mengorganisasikan. Kata kunci: asam basa, keterampilan mengorganisasikan, n-Gain dan pendekatan ilmiah. Maulida Etikasari
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LC Special aspects of education > QD Chemistry |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 8479110 . Digilib |
Date Deposited: | 03 Jun 2015 03:44 |
Terakhir diubah: | 03 Jun 2015 03:44 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10106 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |