EFEKTIVITAS PENDEKATAN ILMIAH PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGORGANISASIKAN

Maulida Etikasari, 1113023041 (2015) EFEKTIVITAS PENDEKATAN ILMIAH PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGORGANISASIKAN. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (357Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (338Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (410Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (31Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (370Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (480Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (20Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK EFEKTIVITAS PENDEKATAN ILMIAH PADA MATERI ASAM BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGORGANISASIKAN Oleh MAULIDA ETIKASARI Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan ilmiah pada materi asam basa dalam meningkatkan keterampilan mengorganisasikan. Pendekatan ilmiah terdiri dari 5 tahap yaitu mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengomunikasikan. Keterampilan mengorganisasikan dilatihkan pada tahap mencoba dan menalar. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pringsewu semester genap Tahun Pelajaran 2014-2015. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas XI IPA1 dan XI IPA2 sebagai sampel penelitian. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain Non Equivalent Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-Gain keterampilan mengorganisasikan pada kelas kontrol sebesar 0,35 dan kelas eksperimen sebesar 0,49. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, rata-rata n-Gain keterampilan mengorganisasikan pada materi asam basa pada kelas dengan pembelajaran pendekatan ilmiah lebih tinggi daripada rata-rata n-Gain keterampilan mengorganisasikan dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan ilmiah pada materi asam basa efektif dalam meningkatkan keterampilan mengorganisasikan. Kata kunci: asam basa, keterampilan mengorganisasikan, n-Gain dan pendekatan ilmiah. Maulida Etikasari

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
L Education > LC Special aspects of education
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 8479110 . Digilib
Date Deposited: 03 Jun 2015 03:44
Last Modified: 03 Jun 2015 03:44
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10106

Actions (login required)

View Item View Item