PENERAPAN MODEL PROBLEM POSING PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VB SD NEGERI 5 METRO BARAT

Yuyun Eka Purwanti, 1113053112 (2015) PENERAPAN MODEL PROBLEM POSING PADA PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VB SD NEGERI 5 METRO BARAT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (127Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (120Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (58Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (44Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (35Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (99Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (207Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (323Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (715Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (150Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Masalah dalam penelitian adalah rendahnya keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar IPS siswa kelas VB SD Negeri 5 Metro Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar IPS siswa kelas VB SD Negeri 5 Metro Barat dengan menerapkan model problem posing. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (clasroom action research). Penelitian ini memiliki empat tahapan dasar yang berkesinambungan, yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (relecting). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik nontes dan tes, sedangkan alat pengumpul data menggunakan lembar observasi untuk menilai keterampilan berpikir kritis, kinerja guru, hasil belajar afektif dan psikomotor serta soal tes untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa, kemudian dianalisis dengan teknik analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan model problem posing dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas VB SD Negeri 5 Metro Barat. Keterampilan berpikir kritis siklus I sebesar 51,45% dan siklus II 77,77% meningkat 26,32%. Rata-rata nilai hasil belajar siswa siklus I sebesar 62,91 dan siklus II 75,32 meningkat 12,41. Peningkatan ketuntasan belajar siklus I sebesar 43,75%, dan siklus II 83,30% meningkat 39,55%. Kata Kunci: keterampilan berpikir kritis, hasil belajar, problem posing

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: 4672705 . Digilib
Date Deposited: 03 Jun 2015 08:54
Last Modified: 03 Jun 2015 08:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10130

Actions (login required)

View Item View Item