Daryanto, DIAS AMBARSARI (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA DAN PENGUASAAN MATERI BIOLOGI PADA MATERI POKOK KINGDOM PLANTAE (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Bina Mulya Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (59Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (115Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (707Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (52Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (164Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (184Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (258Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (616Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (158Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (97Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (9Mb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan wawancara dengan guru Biologi di SMA Bina Mulya Bandar Lampung, diketahui bahwa aktivitas dan penguasaan materi oleh siswa masih rendah. Hal ini dikarenakan guru masih menggunakan ceramah, tanya jawab, dan kadang-kadang diskusi sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap aktivitas dan penguasaan materi siswa. Desain penelitian ini adalah pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X 1 dan X 2 yang dipilih secara cluster random sampling. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa deskripsi aktivitas belajar siswa. Data kuantitatif berupa rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis menggunakan uji-t atau uji U pada taraf kepercayaan 5% melalui program SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen dengan rata-rata berkriteria sangat baik yaitu 86,11%. Penguasaan materi juga mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai pretes sebesar 32,29; postes sebesar 59,17; dan N-gain sebesar 39,35. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa. Kata kunci: Snowball Throwing, aktivitas siswa, dan penguasaan materi, kingdom plantae
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 10 Feb 2014 06:41 |
Terakhir diubah: | 10 Feb 2014 06:41 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1014 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |