PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA DAN PENGUASAAN MATERI BIOLOGI PADA MATERI POKOK KINGDOM PLANTAE (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Bina Mulya Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013)

Daryanto, DIAS AMBARSARI (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA DAN PENGUASAAN MATERI BIOLOGI PADA MATERI POKOK KINGDOM PLANTAE (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Bina Mulya Bandar Lampung Semester Genap Tahun Pelajaran 2012/2013). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (59Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (115Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (707Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (52Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (164Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (184Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (258Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (616Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (158Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (97Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (9Mb)

Abstrak

Berdasarkan wawancara dengan guru Biologi di SMA Bina Mulya Bandar Lampung, diketahui bahwa aktivitas dan penguasaan materi oleh siswa masih rendah. Hal ini dikarenakan guru masih menggunakan ceramah, tanya jawab, dan kadang-kadang diskusi sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap aktivitas dan penguasaan materi siswa. Desain penelitian ini adalah pretes postes kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X 1 dan X 2 yang dipilih secara cluster random sampling. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa deskripsi aktivitas belajar siswa. Data kuantitatif berupa rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis menggunakan uji-t atau uji U pada taraf kepercayaan 5% melalui program SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen dengan rata-rata berkriteria sangat baik yaitu 86,11%. Penguasaan materi juga mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai pretes sebesar 32,29; postes sebesar 59,17; dan N-gain sebesar 39,35. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa. Kata kunci: Snowball Throwing, aktivitas siswa, dan penguasaan materi, kingdom plantae

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 10 Feb 2014 06:41
Last Modified: 10 Feb 2014 06:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1014

Actions (login required)

View Item View Item