Aldona Meylina Manalu, 1113053006 (2015) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE ROTATING TRIO EXCHANGE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI SUKABUMI. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (74Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (212Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (133Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (157Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (93Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (98Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (173Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (216Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (240Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (402Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (154Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah yang terdapat dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai mid semester sebesar 60, dari 12 siswa hanya 5 orang siswa yang mendapat nilai ≥ 66 atau 42% dan sebanyak 7 orang siswa atau 58% belum mencapai KKM yang ditentukan yaitu 66. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan menerapkan model cooperative learning tipe rotating trio exchange (RTE). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Prosedur dilaksanakan melalui dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari; (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) observasi (observing), (4) refleksi (reflecting). Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi dan tes, menggunakan lembar panduan observasi dan soal-soal tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe RTE dalam pembelajaran matematika kelas IV SD Negeri Sukabumi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan belajar siswa yang mencapai 75%, dari rata-rata aktivitas siswa pada siklus I (63,81%) dan pada siklus II menjadi (79,95%) dengan peningkatan 16,14%. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I (67,5) dan pada siklus II menjadi (83,3) dengan peningkatan 15,8. Kata kunci: aktivitas, cooperative learning, hasil belajar, RTE.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 3804334 . Digilib |
Date Deposited: | 05 Jun 2015 03:50 |
Terakhir diubah: | 05 Jun 2015 03:50 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10150 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |