PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DAN GALLERY WALK TERHADAP PENGUASAAN KONSEP OLEH SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PERNAPASAN (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Natar Tahun Ajaran 2012/2013)

Zuhdi, ELI SURYANI (2013) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DAN GALLERY WALK TERHADAP PENGUASAAN KONSEP OLEH SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PERNAPASAN (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Natar Tahun Ajaran 2012/2013). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
2. COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (39Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (67Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. HALAMAN MENYETUJUI.pdf - Published Version

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. HALAMAN MENGESAHKAN.pdf - Published Version

Download (75Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf - Published Version

Download (229Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf - Published Version

Download (124Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf - Published Version

Download (168Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (368Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf - Published Version

Download (41Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (91Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (4Mb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penguasaan Konsep siswa melalui model TSTS dan GW pada materi pokok sistem pernapasan dan untuk mengetahui aktivitas siswa dalam pembelajaran. Desain penelitian ini adalah pretes-posttes non equivalen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh XI SMA Negeri 1 Natar. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen I dan XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen II yang dipilih secara acak dengan teknik cluster random sampling. Jenis data penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif, data kualitatif diperoleh dari nilai pretes, postes dan N-gain. Analisis data menggunakan uji–t pada taraf kepercayan 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil rata-rata nilai postes kedua kelas menunjukkan perbedaan. Pada kelas yang menggunakan model pembelajaran GW lebih meningkatkan penguasaan konsep siswa dibandingkan dengan model pembelajaran TSTS dengan skor N-gain pada kelas GW ( 55,56) sedangkan TSTS (39,47). Dilihat dari peningkatan dari setiap indikator penguasaan konsep siswa yang tertinggi yaitu pada C2 dengan persentase peningkatan sebesar 96,25% begitupula pada kelas TSTS peningkatan indikator penguasaan konsep tertinggi yaitu pada indikator C2 sebesar 68,52%. Artinya kedua kelas memiliki hasil penguasaan konsep yang berbeda. Rata-rata aktivitas belajar siswa pada kelas GW sebesar 84,44 lebih tinggi dibandingkan kelas TSTS sebesar 77,77. Aspek aktivitas yang diamati tertinggi pada kelas TSTS dan GW yaitu pada saat bertukar informasi. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa, penggunaan model pembelajaran GW dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa dan aktivitas belajar siswa dibandingkan dengan model pembelajaran TSTS pada kelas XI IPA dan XI IPA 5 SMA Negeri 1 Natar materi pokok sistem pernapasan. Kata kunci : Two Stay Two Stray, Gallery Walk, Penguasaan Konsep, aktivitas siswa, Sistem Pernapasan. 1

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 10 Feb 2014 06:41
Terakhir diubah: 10 Feb 2014 06:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1017

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir