Uci Sanusi Edy, FINA CITHA KASIH (2013) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 12 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (28Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (73Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (136Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (70Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (122Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (57Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (70Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (233Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (313Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (42Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (19Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (3575Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Hasil observasi di kelas X SMA Negeri 12 Bandar Lampung, diketahui bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan solusi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, salah satunya dengan menggunakan model Think Pair Share (TPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran TPS terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes non- equivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X 1 dan X 2 yang dipilih secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil belajar yang diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji U. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa, dan tanggapan siswa terhadap penggunaan model TPS yang dianalisis secara deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa rata-rata berkriteria baik. Pada aspek interaksi siswa dengan pasangan (82%); mengerjakan tugas secara mandiri (81,50%); dan kecakapan komunikasi siswa (74,50%). Hasil belajar juga mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai pretes (46,38); postes (68,7); N-gain (40,17). Peningkatan hasil belajar juga terjadi pada indikator aspek kognitif (C4) dengan rata-rata N-gain (40,19). Selain itu, semua siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model TPS. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model TPS berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci : aktivitas belajar, hasil belajar, TPS, pencemaran lingkungan.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 10 Feb 2014 06:41 |
Terakhir diubah: | 10 Feb 2014 06:41 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1019 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |