Andini Kusuma Negara, 1113043005 (2015) NILAI AFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN TARI BEDANA DI KELAS X.MIA 3 SMA YP UNILA BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRACT.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (170Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (166Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (3362b) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (58Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR DIAGRAM.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (813Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (79Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (963Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (10Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Hal yang diungkap dalam penelitian ini adalah nilai afektif dalam pembelajaran tari bedana di kelas X.MIA 3 SMA YP Unila. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai afektif dalam pembelajaran tari bedana di kelas X.MIA 3 SMA YP Unila Bandar Lampung tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Landasan teori yang digunakan adalah teori ranah afektif dari Kunandar (2013:100). Teori lain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pembelajaran, metode pembelajaran, metode drill, seni tari, dan tari bedana. Sumber data pada penelitian ini adalah nilai kerjasama, nilai tanggung jawab, nilai toleransi, nilai disiplin, peserta didik kelas X. MIA 3, guru seni budaya, 9 ragam gerak tari bedana, ruang kelas X.MIA 3.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan nontes. Nilai afektif terlihat pada aktivitas peserta didik pada pelaksanaan pembelajaran tari bedana. Terdapat perubahan perilaku peserta didik menjadi lebih baik yang dapat dilihat pada penilaian pertemuan pertama sampai pertemuan kedelapan. Peserta didik dapat menerapkan nilai afektif melalui pemberian ucapan teguran oleh guru kepada peserta didik yang tidak menerapkan nilai afektif dengan baik pada saat pelaksanaan pembelajaran berlangsung sehingga peserta didik dapat menerapkan nilai-nilai afektif kerjasama dengan kriteria baik, karena peserta didik telah menerapkan 4 deskriptor, bertanggung jawab dengan kriteria baik, karena peserta didik telah menerapkan 4 deskriptor, toleransi dengan kriteria baik, karena peserta didik telah menerapkan 4 deskriptor, serta disiplin dengan kriteria baik, karena peserta didik telah menerapkan 4 deskriptor. Secara keseluruhan nilai afektif peserta didik di kelas X.MIA 3 SMA YP Unila Bandar Lampung dikatagorikan baik dikarenakan peserta didik telah menerapkan deskriptor perilaku nilai afektif, sesuai dengan kriteria penilaian baik. Kata kunci: nilai afektif, metode drill, tari bedana ABSTRACT It is revealed in this study is the affective value in learning bedana dance in X.MIA 3 class YP Unila Senior High School .This research is aimed to describe the affective value in learning bedana dance in X.MIA 3 class YP Unila Senior High School Bandar Lampung 2014/2015 school year. The type which is use in this research is descriptive qualitative. The theoretical basis used in this research is affective theory by Kunandar (2013: 100) The other theory used in this research are learning, learning methods, drill method, dance art, and bedana dance. The data source in this research are cooperation value, responsible value, tolerance value, discipline value, X.MIA 3 students, teacher of art and culture, 9 shapes of bedana dance and X.MIA 3 class. The techniques used in this study is the observation, interviews, documentation, and nontest. The affective values seen in the activity of students in the implementation of learning bedana dance. The behavior of students are change be better who can be seen in the assessment one to assessment eight. Students can apply affective value through the provision in the form of greeting reprimand by teacher to the students who do not apply well the affective value at the time of implementation of the learning takes place so that student can apply the value affective cooperation with good criteria, because student have been applied 4 describtion. Responsible with good criteria, because student have been applied 4 describtion. Tolerance with good criteria, because student have been applied 4 describtion. As well as discipline with good criteria, because student have been applied 4 describtion. Overall value of affective student in X.MIA 3 class YP Unila Bandar Lampung, catagorized good, because of student have been applied affective value of behavioral description, according to the good assesment criteria. Key words: affective value, drill method, bedana dance.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari |
Pengguna Deposit: | 5787989 . Digilib |
Date Deposited: | 10 Jun 2015 05:04 |
Terakhir diubah: | 10 Jun 2015 05:04 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10195 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |