PEMBELAJARAN TARI BEDANA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMSACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DI SMA NEGERI 1 SEPUTIH MATARAM TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Evi Kristianingsih, 1113043018 (2015) PEMBELAJARAN TARI BEDANA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMSACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DI SMA NEGERI 1 SEPUTIH MATARAM TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (128Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (118Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (124Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI .pdf

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR DIAGRAM.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR BAGAN.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (33Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (406Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (78Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (836Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK PEMBELAJARAN TARI BEDANA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMSACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DI SMA NEGERI 1 SEPUTIH MATARAM TAHUN PELAJARAN 2014/2015 Oleh EVI KRISTIANINGSIH Penelitian ini membahas tentang pembelajaran tari bedana menggunakaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di SMA Negeri 1 Seputih Mataram tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan mendeskripsikan hasil pembelajaran tari bedana. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa-siswi yang mengikuti pembelajaran tari bedana di kelas XA SMA Negeri 1 Seputih Mataram berjumlah 31 siswa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pengamatan (observasi), dokumentasi dan wawancara. Teori yang digunakan adalah pembelajaran, tari bedana dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran STAD telah dilaksanakan oleh guru dengan beberapa tahapan, yaitu : pembentukan kelompok yang terdiri dari 2 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan, penyajian materi tari bedana, memfasilitasi siswa untuk melakukan kegiatan kelompok, pelaksanaan ujian, evaluasi ujian dan kesimpulan. Namun, pada pelaksanaan ada dua tahapan yang tidak sesuai dengan prosedur penggunaan model pembelajaran tipe STAD yang benar yaitu tidak terbentuknya kelompok sejak awal pertemuan dan pembagian kelompok yang tidak seimbang berdasarkan tingkat kemampuan siswa. Hasil pembelajaran dilihat pada akhir pembelajaran. Setelah dilaksanakan pembelajaran tari bedana menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD ternyata masih terdapat 6 siswa yang dinyatakan tidak mampu menarikan tari bedana dengan baik dilihat dari segi hafalan ragam gerak dan kesesuaian tarian dengan iringan musik dan 25 siswa yang dinyatakan mampu menarikan tari bedana dengan baik. Kata kunci : pembelajaran, tari bedana, model pembelajaran kooperatif tipe STAD. ABSTRACT THE LEARNING OF BEDANA DANCE BY USING COOPERATIVE LEARNING MODELS TYPE OF STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) AT SMAN 1 SEPUTIH MATARAM IN 2014/2015 ACADEMIC YEAR By EVI KRISTIANINGSIH This research explain about bedana dance learning by using cooperative learning model type STAD in SMAN 1 Seputih Mataram in the academic year 2014/2015. This research is aimed to describe the process and the result of learning bedanadance. This research used descriptive qualitative research. Sources of the data in this research were the teacher and 31 students who follow bedana dance learning process in XA class in SMAN 1 Seputih Mataram. Data collecting technique that used in this research were observation, documentation, and interview. The theories used in this study were learning, bedana dance, and coperative learning model type STAD. Learning process by using STAD was accomplished by the teacher in some stages,those are: making a group which consist of 2 male students and 3 female students, presentation of material in bedana dance, facilitated the students to do activities in group, carried out examination, evaluaton of examination and conclusion.but, in delivering the material, there were two stages that not appropriate with the procedure in applyinglearning model type STAD correctly, such as the group was uncoordinated correctly since in the first meeting and the distribution of group was unbalacebased on students’ ability. The result of learning could be seen in the end of learning process. After did the bedana dance learning by using cooperative learning model type STAD, the data showed there were 6 students who could not be able dancing bedana dance correctly, it could be seen in memorize aspect in kinds of movement and suitability of the dance with music and 25 students be able to dance bedana correctly. Key words: learning, bedana dance, cooperative learning model type STAD.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
L Education > LC Special aspects of education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik
Depositing User: 5782875 . Digilib
Date Deposited: 10 Jun 2015 06:06
Last Modified: 10 Jun 2015 06:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10197

Actions (login required)

View Item View Item