PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI POKOK ORGANISASI KEHIDUPAN KELAS VII SMPN 8 BANDAR LAMPUNG

Darsah, HADI WIJAYA (2013) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI POKOK ORGANISASI KEHIDUPAN KELAS VII SMPN 8 BANDAR LAMPUNG. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
3 COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (73Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2 ABSTRAK .pdf - Published Version

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4 HAL PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5 HAL PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (72Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6 PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (63Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 1.pdf - Published Version

Download (58Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 2.pdf - Published Version

Download (124Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB 3.pdf - Published Version

Download (167Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (449Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB 5.pdf - Published Version

Download (39Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (50Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (2913Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 8 Bandar Lampung diketahui bahwa rata-rata penguasaan konsep siswa pada materi pokok Organisasi kehidupan masih rendah yaitu 62. karena itu diperlukan solusi untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa, salah satunya penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII VII e g sebagai kelas Eksperimen dan sebagai kelas kontrol yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-postest group design. Analisis data menggunakan uji-t melalui program Software SPSS versi 17 taraf kepercayaan 95%. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa, dan tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas dan penguasan konsep kelas eksperimen lebih tinggi. Rata-rata persentase aktivitas siswa semua aspek kelas eksperimenjuga menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi. Selain itu, semua siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Berdasarkan hasil dari penelitian ini di peroleh bahwa: (1) Model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi pokok organisasi kehidupan kelas VII SMPN 8 Bandar Lampung; (2) Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap penguasaan konsep siswa pada materi pokok organisasi kehidupan kelas VII SMPN 8 Bandar Lampung. Kata kunci : Teams Games Tournament, Aktivitas Belajar, penguasaan konsep, Organisasi kehidupan.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 10 Feb 2014 06:41
Terakhir diubah: 10 Feb 2014 06:41
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1020

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir