Darsah, HADI WIJAYA (2013) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI POKOK ORGANISASI KEHIDUPAN KELAS VII SMPN 8 BANDAR LAMPUNG. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
3 COVER DALAM.pdf - Published Version Download (73Kb) | Preview |
|
|
File PDF
2 ABSTRAK .pdf - Published Version Download (26Kb) | Preview |
|
|
File PDF
4 HAL PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (85Kb) | Preview |
|
|
File PDF
5 HAL PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (72Kb) | Preview |
|
|
File PDF
6 PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (63Kb) | Preview |
|
|
File PDF
11 DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 1.pdf - Published Version Download (58Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 2.pdf - Published Version Download (124Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB 3.pdf - Published Version Download (167Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB 4.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (449Kb) |
||
|
File PDF
BAB 5.pdf - Published Version Download (39Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (50Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (2913Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 8 Bandar Lampung diketahui bahwa rata-rata penguasaan konsep siswa pada materi pokok Organisasi kehidupan masih rendah yaitu 62. karena itu diperlukan solusi untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa, salah satunya penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII VII e g sebagai kelas Eksperimen dan sebagai kelas kontrol yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-postest group design. Analisis data menggunakan uji-t melalui program Software SPSS versi 17 taraf kepercayaan 95%. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa, dan tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas dan penguasan konsep kelas eksperimen lebih tinggi. Rata-rata persentase aktivitas siswa semua aspek kelas eksperimenjuga menunjukkan peningkatan yang lebih tinggi. Selain itu, semua siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT). Berdasarkan hasil dari penelitian ini di peroleh bahwa: (1) Model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi pokok organisasi kehidupan kelas VII SMPN 8 Bandar Lampung; (2) Ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap penguasaan konsep siswa pada materi pokok organisasi kehidupan kelas VII SMPN 8 Bandar Lampung. Kata kunci : Teams Games Tournament, Aktivitas Belajar, penguasaan konsep, Organisasi kehidupan.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QH Natural history > QH301 Biology |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 10 Feb 2014 06:41 |
Terakhir diubah: | 10 Feb 2014 06:41 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1020 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |