PENGEMBANGAN INSTRUMEN SELF AND PEER ASSESSMENT UNTUK MENILAI RANAH SIKAP DAN KETERAMPILAN DALAM PEMBELAJARAN SAINS DENGAN SCIENTIFIC APPROACH

ERLINA KUSNUL KOTIMAH, 1113022014 (2015) PENGEMBANGAN INSTRUMEN SELF AND PEER ASSESSMENT UNTUK MENILAI RANAH SIKAP DAN KETERAMPILAN DALAM PEMBELAJARAN SAINS DENGAN SCIENTIFIC APPROACH. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (161Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER LUAR.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (141Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (150Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERNYATAAN.pdf

Download (130Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (73Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (88Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (171Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (437Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (270Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (147Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94Kb) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen self assessment dan peer assessment untuk menilai sikap ilmiah dan keterampilan proses siswa pada pembelajaran sains dengan scientific approach. Serta untuk mengetahui tingkat reliabilitas, mendeskripsikan kesesuaian, kemanfaatan dan kemudahan instrumen penilaian yang dikembangkan. Penelitian pengembangan (R & D) ini dimulai dari analisis potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi masal. Hasil uji coba produk menunjukkan tingkat reliabilitas instrumen penilaian sikap ilmiah sebesar 0,92 dengan kategori sangat tinggi, dan instrumen penilaian keterampilan proses sebesar 0,97 dengan kategori sangat tinggi. Hasil uji pemakaian produk yang diberikan kepada siswa diperoleh data rata-rata skor kemanfaatan produk sebesar 3,44 dengan kategori sangat bermanfaat dan kemudahan produk sebesar 3,46 dengan kategori tinggi. Hasil uji kesesuaian produk yang diberikan kepada guru IPA diperoleh rata-rata skor sebesar 3,48 dengan kategori sangat sesuai. Berdasarkan hasil uji coba produk dan uji coba pemakaian menunjukkan tingkat reliabilitas, kesesuaian, kemanfaatan, dan kemudahan instrumen penilaian sikap ilmiah dan keterampilan proses berkriteria sangat baik. Hal tersebut menunjukkan bahwa produk instrumen penilaian sikap ilmiah dengan teknik self assessment dan keterampilan proses dengan teknik peer assessment telah sesuai dan baik. Kata kunci: assessment keterampilan proses, assessment sikap ilmiah, instrumen self assessment, instrumen peer assessment, scientific

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > QC Physics
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: 0724428 . Digilib
Date Deposited: 12 Jun 2015 03:54
Last Modified: 12 Jun 2015 03:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10221

Actions (login required)

View Item View Item