Dessy Ayu Purwandari, 1113053028 (2015) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 NOTOHARJO. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (72Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER DALAM.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (152Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (140Kb) | Preview |
|
|
Text
PERNYATAAN.pdf Download (158Kb) | Preview |
|
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (99Kb) | Preview |
|
|
Text
PERSEMBAHAN.pdf Download (171Kb) | Preview |
|
|
Text
MOTO.pdf Download (36Kb) | Preview |
|
|
Text
SANWACANA.pdf Download (159Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (79Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (232Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (311Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (441Kb) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (587Kb) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (113Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (114Kb) | Preview |
Abstrak
ABSTRAK PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 NOTOHARJO Oleh DESSY AYU PURWANDARI Masalah yang terdapat dalam penelitian adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Notoharjo pada pembelajaran matematika, yaitu hanya 6 (42,86%) siswa yang tuntas dari 14 siswa dan masih terdapat 8 (57,14%) siswa yang belum tuntas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model cooperative learning tipe jigsaw dengan media gambar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklusnya dilaksanakan dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik nontes dan tes. Teknik analisis data dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 59,85% “cukup aktif” dan siklus II sebesar 77,71% “aktif”. Rata-rata hasil belajar kognitif pada siklus I sebesar 74,29% “baik” dan siklus II sebesar 78,21% “baik”. Penerapan model cooperative learning tipe jigsaw dengan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas IV SD Negeri 2 Notoharjo. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, media gambar, tipe jigsaw.
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LC Special aspects of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | 2146163 . Digilib |
Date Deposited: | 12 Jun 2015 03:13 |
Last Modified: | 12 Jun 2015 03:13 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10225 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |