Dessy Ayu Purwandari, 1113053028 (2015) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 NOTOHARJO. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (72Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (152Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (140Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (158Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (99Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (171Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (36Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (159Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (79Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (232Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (311Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (441Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (587Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (113Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (114Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 NOTOHARJO Oleh DESSY AYU PURWANDARI Masalah yang terdapat dalam penelitian adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Notoharjo pada pembelajaran matematika, yaitu hanya 6 (42,86%) siswa yang tuntas dari 14 siswa dan masih terdapat 8 (57,14%) siswa yang belum tuntas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model cooperative learning tipe jigsaw dengan media gambar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklusnya dilaksanakan dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik nontes dan tes. Teknik analisis data dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 59,85% “cukup aktif” dan siklus II sebesar 77,71% “aktif”. Rata-rata hasil belajar kognitif pada siklus I sebesar 74,29% “baik” dan siklus II sebesar 78,21% “baik”. Penerapan model cooperative learning tipe jigsaw dengan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas IV SD Negeri 2 Notoharjo. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, media gambar, tipe jigsaw.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LC Special aspects of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 2146163 . Digilib |
Date Deposited: | 12 Jun 2015 03:13 |
Terakhir diubah: | 12 Jun 2015 03:13 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10225 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |