Melina Budiawati, 1113053068 (2015) PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING PERMAINAN CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 05 METRO SELATAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (152Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (138Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (159Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (167Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (174Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (194Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (509Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (893Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (154Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (93Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah yang terdapat dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika di kelas IV SDN 05 Metro Selatan, ada 18 (58%) siswa belum mencapai KKM dari 31 siswa. KKM yang ditentukan yaitu 66. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan menerapkan model active learning permainan card sort. Metode penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas (classroom action research). Prosedur dilaksanakan melalui dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi dan soal tes. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model active learning permainan card sort pada pembelajaran matematika kelas IV SDN 05 Metro Selatan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan belajar siswa yang mencapai 75%. Rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I (59,80%) dan meningkat (18,59%) sehingga pada siklus II menjadi (78,39%). Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I (69,52) dan pada siklus II (78,70), dengan peningkatan sebesar (9,18). Kata Kunci: active learning, aktivitas, card sort, hasil belajar, matematika.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 4869522 . Digilib |
Date Deposited: | 12 Jun 2015 03:22 |
Terakhir diubah: | 12 Jun 2015 03:22 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10226 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |