Melina Budiawati, 1113053068 (2015) PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING PERMAINAN CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 05 METRO SELATAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (9Kb) | Preview |
|
|
Text
COVER DALAM.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (152Kb) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (138Kb) | Preview |
|
|
Text
PERNYATAAN.pdf Download (159Kb) | Preview |
|
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
|
Text
PERSEMBAHAN.pdf Download (167Kb) | Preview |
|
|
Text
MOTO.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
Text
SANWACANA.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (84Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (174Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (194Kb) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (509Kb) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (893Kb) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (154Kb) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (93Kb) | Preview |
Abstrak
Masalah yang terdapat dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika di kelas IV SDN 05 Metro Selatan, ada 18 (58%) siswa belum mencapai KKM dari 31 siswa. KKM yang ditentukan yaitu 66. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan menerapkan model active learning permainan card sort. Metode penelitian yang digunakan adalah tindakan kelas (classroom action research). Prosedur dilaksanakan melalui dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Alat pengumpul data menggunakan lembar observasi dan soal tes. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model active learning permainan card sort pada pembelajaran matematika kelas IV SDN 05 Metro Selatan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan belajar siswa yang mencapai 75%. Rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I (59,80%) dan meningkat (18,59%) sehingga pada siklus II menjadi (78,39%). Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I (69,52) dan pada siklus II (78,70), dengan peningkatan sebesar (9,18). Kata Kunci: active learning, aktivitas, card sort, hasil belajar, matematika.
Tipe Karya Ilmiah: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | 4869522 . Digilib |
Date Deposited: | 12 Jun 2015 03:22 |
Last Modified: | 12 Jun 2015 03:22 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10226 |
Actions (login required)
View Item |