PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ORGANISASI KEHIDUPAN (Studi Eksperimen Semu pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 23 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013)

Hamami, ISTAFADA (2013) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ORGANISASI KEHIDUPAN (Studi Eksperimen Semu pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 23 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
FIle PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (28Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (412Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (557Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (206Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB I.pdf - Published Version

Download (64Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB II.pdf - Published Version

Download (127Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB III.pdf - Published Version

Download (181Kb) | Preview
[img] FIle PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (254Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
BAB V.pdf - Published Version

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (38Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (9Mb)

Abstrak

Hasil observasi dan wawancara dengan guru IPA yang mengajar di kelas VII SMP Negeri 23 Bandar Lampung, diketahui bahwa hasil belajar siswa masih rendah karena penggunaan metode pembelajaran tidak memfasilitasi siswa dalam melakukan aktivitas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan studi eksperimen semu dengan desain pretes-postes kelompok non-ekuivalen. Sampel penelitian ini adalah kelas VII C dan VII D yang dipilih dari populasi kelas VII secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji- U. Data kualitatif berupa rata-rata persentase aktivitas belajar siswa dan angket tanggapan siswa terhadap penerapanan model pembelajaran inkuiri terbimbing yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan dari penerapan model inkuiri terbimbing terhadap peningkatkan hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai N-gain pretes postes sebesar 62,97 dan berkriteria sedang. Sedangkan rata-rata nilai N-gain indikator kognitif soal tingkat C1 (39,7) dengan kriteria sedang, N-gain indikator kognitif soal tingkat C2 (73,8) dengan kriteria tinggi, serta N-gain indikator kognitif soal tingkat C3 (73,0) dengan kriteria tinggi. Namun, penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa mencakup mengajukan pertanyaan (40,56%), merumuskan hipotesis (52,22%), dan menganalisis data (45,56%) dengan rata-rata persentase sebesar 52,56% dan berkriteria cukup. Selain itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Kata kunci : aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa, model inkuiri terbimbing

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 10 Feb 2014 08:47
Terakhir diubah: 10 Feb 2014 08:47
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1029

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir