LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI DENGAN MODEL SiMaYang TIPE II UNTUK MENUMBUHKAN MODEL MENTAL DAN PENGUASAAN KONSEP LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT

Rahman Aryo Hananto, 1113023052 (2015) LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI DENGAN MODEL SiMaYang TIPE II UNTUK MENUMBUHKAN MODEL MENTAL DAN PENGUASAAN KONSEP LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENYETUJUI.pdf

Download (109Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MENGESAHKAN.pdf

Download (95Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (118Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
PERSEMBAHAN.pdf

Download (41Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
MOTO.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SANWACANA.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (35Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (94Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (104Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (23Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS MULTIPEL REPRESENTASI DENGAN MODEL SiMaYang TIPE II UNTUK MENUMBUHKAN MODEL MENTAL DAN PENGUASAAN KONSEP LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT Oleh RAHMAN ARYO HANANTO Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS, mendiskripsikan penilaian guru dan siswa serta mendeskripsikan kepraktisan dan keefektivan LKS berbasis multipel representasi dengan model SiMaYang tipe II pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian dan Pengembangan dengan langkah-langkah: studi pendahuluan, pengembangan produk, dan pelaksanaan penelitian. Berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan, dibuat draf LKS I yang kemudian divalidasi khususnya pada aspek kesesuaian isi dan konstruksi oleh tiga dosen ahli. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase penilaian validator terhadap aspek kesesuaian isi dan konstruksi masuk dalam kategori “tinggi”. Kemudian dilakukan revisi terhadap draf LKS 1 berdasarkan saran/masukan dari validator dan dihasilkan draf LKS II. Persentase hasil penilaian guru terhadap draf LKS II yang meliputi aspek kesesuaian isi, konstruksi, dan keterbacaan masuk dalam kategori “sangat tinggi”. Persentase hasil tanggapan siswa terhadap draf LKS II yang meliputi aspek keterbacaan dan kemenarikan masuk dalam kategori “sangat Rahman Aryo hananto tinggi”. Hasil obsevasi keterlaksanaan produk LKS dan aktivitas siswa yang relevan dengan kegiatan pembelajaran tergolong “tinggi”, dan respon siswa terhadap model dan perangkat pembelajaran yang digunakan tergolong “tinggi”. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya peningkatan model mental siswa setelah tiga kali pertemuan dan perolehan n-Gain penguasaan konsep siswa yang berada pada kategori “sedang”. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: 1) LKS dengan model SiMaYang Tipe II telah dikembangkan dengan baik; 2) LKS yang dikembangkan memiliki Validitas yang tinggi; 3) LKS yang dikembangkan memiliki Kepraktisan dan keefektivan yang tinggi. Kata Kunci : LKS, model mental, model SiMaYang Tipe II, penguasaan konsep

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: A General Works = Karya Karya Umum
L Education > LC Special aspects of education
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: 3434713 . Digilib
Date Deposited: 17 Jun 2015 01:37
Last Modified: 17 Jun 2015 01:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10297

Actions (login required)

View Item View Item